5 Pembalap Australia yang Pernah Menang Balapan di Formula 1

Oscar Piastri jadi yang teranyar

Australia merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah manis di Formula 1. Sudah ada dua juara dunia yang berasal dari Australia, yakni Jack Brabham dan Alan Jones. Para pembalap Australia juga telah mengantongi 44 kemenangan di Formula 1. Itu membuat Australia berada di urutan ketujuh negara dengan kemenangan terbanyak di Formula 1.

Oscar Piastri menjadi pembalap Australia terbaru yang meraih kemenangan di Formula 1. Pembalap McLaren tersebut tampil apik untuk menggapai puncak podium GP Hungaria. Termasuk Piastri, berikut lima pembalap Australia yang pernah meraih kemenangan di Formula 1.

1. Jack Brabham menjadi pembalap Australia tersukses di Formula 1

5 Pembalap Australia yang Pernah Menang Balapan di Formula 1Jack Brabham (formula1.com)

Jack Brabham merupakan pembalap terbaik yang pernah dimiliki Australia. Pembalap berjuluk Black Jack tersebut merupakan peraih tiga gelar juara dunia Formula 1 pada 1959, 1960, dan 1966. Brabham total mengantongi 14 kemenangan yang membuatnya menjadi pembalap Australia dengan kemenangan terbanyak di Formula 1.

Brabham memiliki pencapaian yang tak pernah disamai oleh pembalap lain dalam sejarah Formula 1. Brabham merupakan satu-satunya pembalap yang meraih gelar juara dunia bersama tim bentukannya sendiri pada 1966, yakni Brabham. Tim tersebut kemudian menjadi salah satu tim tersukses di Formula 1 sebelum akhirnya bubar pada 1992.

2. Alan Jones meraih gelar juara dunia pada 1980

5 Pembalap Australia yang Pernah Menang Balapan di Formula 1Alan Jones (formula1.com)

Alan Jones memulai kariernya di Formula 1 pada 1975 bersama Hesketh. Pada 1977, Jones yang memutuskan untuk bergabung bersama Shadow meraih kemenangan perdana di GP Austria. Itu merupakan kemenangan pertama dari 12 kemenangan yang diraih Jones selama mengaspal di Formula 1.

Periode terbaik Jones di Formula 1 terjadi pada 1978--1981 ketika memutuskan untuk membela Williams. Bersama Williams, Jones mampu meraih gelar juara dunia pada 1980 serta dua kali menempati peringkat ketiga pada 1979 dan 1981. Jones memutuskan pensiun dari dunia Formula 1 pada akhir 1986.

Baca Juga: Menyusuri Jejak Oscar Piastri: 12 Potret Perjalanan Bintang F1 Muda

3. Mark Webber memiliki sembilan kemenangan di Formula 1

5 Pembalap Australia yang Pernah Menang Balapan di Formula 1Mark Webber (redbull.com)

Mark Webber pertama kali mengaspal di Formula 1 bersama Minardi pada 2002. Namun, Webber harus menunggu hingga 2009 untuk meraih kemenangan pertamanya, tepatnya di GP Jerman bersama Red Bull. Ketika itu, Webber telah berusia 33 tahun dan melakoni 130 balapan.

Webber kemudian berhasil menambah delapan kemenangan sebelum akhirnya pensiun pada akhir 2013. Sayang, Webber tak sekali pun berhasil merengkuh gelar juara dunia. Prestasi terbaiknya terjadi pada 2010, 2011, dan 2013 ketika mengakhiri musim di peringkat ketiga.

4. Daniel Ricciardo meraih kemenangan dengan dua tim berbeda

5 Pembalap Australia yang Pernah Menang Balapan di Formula 1Daniel Ricciardo (twitter.com/F1)

Setelah Mark Webber memutuskan pensiun, kursi Red Bull menjadi milik Daniel Ricciardo pada 2014. Pada debutnya bersama tim berlogo banteng tersebut, Ricciardo mampu tampil apik dengan meraup tiga kemenangan. Ricciardo total meraih tujuh kemenangan bersama Red Bull sebelum berpisah pada 2019.

Setelah meninggalkan Red Bull, prestasi Ricciardo bisa dibilang menurun. Meski begitu, ia masih bisa menambah satu kemenangan bersama McLaren di GP Italia 2021. Ricciardo masih memiliki kesempatan untuk menambah jumlah kemenangannya di Formula 1 mengingat pada 2024 ini masih membela RB.

5. Oscar Piastri cetak kemenangan pertama di GP Hungaria 2024

5 Pembalap Australia yang Pernah Menang Balapan di Formula 1Oscar Piastri menjuarai GP Hungaria 2024. (formula1.com)

Oscar Piastri menjadi pembalap kelima yang berhasil mempersembahkan kemenangan bagi Australia di Formula 1. Pembalap McLaren tersebut mampu menjadi yang tercepat di GP Hungaria 2024. Kemenangan ini bisa menjadi yang pertama dari banyak kemenangan yang diraih Piastri di Formula 1.

Kemenangan yang diraih Piastri semakin menambah catatan manis di karier balapnya. Sebelum masuk ke Formula 1, Piastri merupakan juara dunia Formula 3 dan Formula 2. Dengan usia yang masih muda, Piastri masih bisa terus berkembang dan bukan tak mungkin suatu saat akan menjadi juara dunia Formula 1.

Kelima pembalap di atas berhasil mempersembahkan kemenangan bagi Australia di Formula 1. Saat ini, hanya Daniel Ricciardo dan Oscar Piastri yang masih berpotensi menambah pundi-pundi kemenangan bagi Australia.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP Hungaria

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya