10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim ini

Pertahanannya kokoh

Musim ini persaingan NBA semakin ketat. Para tim papan atas pun bersaing dalam perebutan titel juara musim ini. Untuk mencapainya tak hanya dibutuhkan pemain dengan kemampuan serangan yang baik, tetapi juga para defender hebat.

Terbukti dengan kehadiran para pemain tersebut, tim-tim ini mampu menembus papan atas. Hal ini dibuktikan dengan Rudy Gobert dan Ben Simmons yang bersaing dalam perebutan gelar Defensive Player of the Year musim ini yang mampu membawa timnya masing-masing menempati posisi pertama wilyah Barat dan Timur.

Selain mereka berdua, masih ada pemain dengan kemampuan bertahan yang cukup baik. Berikut sepuluh pemain yang layak mendapatkan gelar defender terbaik musim ini.

1. Jakob Poeltl - San Antonio Spurs

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniJakob Poeltl (poundingtherock.com)

Musim ini Poeltl tampil cukup solid bersama San Antonio Spurs. Kemampuan bertahannya yang baik ia tunjukkan dengan menjadi pemilik steal terbanyak ketiga musim ini. Saat ia bermain, tim lawan diberi kesempatan menembak sebanyak 49,2% saja. Itu juga tertinggi ketiga di belakang Rudy Gobert dan Myles Turner.

Namun, pemain yang berposisi sebagai center ini kurang mendapat perhatian. Hal tersebut lantaran timnya musim ini tampil tak terlalu bagus. Spurs harus mengubur mimpinya tampil di babak playoff akibat kalah dari Memphis Grizzlies di babak play-in.

2. Andrew Wiggins - Golden States Warriors

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniAndrew Wiggins (thesportsrush.com)

Sebagai pemain yang dipilih pertama dalam NBA Draft 2014 tentunya ia mendapat ekspektasi tinggi untuk tampil baik bagi timnya. Namun, hal tersebut tak berjalan baik saat ia bersama Minnesota Timberwolves. Di sana ia gagal menunjukkan performa terbaiknya dan harus rela pergi.

Saat ini, bersama Warriors, penampilan Wiggins masih perlu diperbaiki dalam sisi penyerangan. Namun, sebagai defender ia adalah salah satu yang terbaik di timnya setelah Draymond Green. Pemain lawan pun dibuat kesulitan untuk menembak ketika pebasket berusia 26 tahun itu berdiri di lapangan.

3. Joel Embiid - Philadelphia 76ers

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniJoel Embiid (inquirer.com)

Embiid tampil hebat musim ini. Ia bersama Nikola Jokic dan Stephen Curry merupakan calon kuat peraih MVP musim ini. Hal yang membuat pria asal Kamerun ini lebih unggul adalah ia merupakan defender yang cukup baik.

Dengan tubuh besarnya ia mampu mengintimidasi siapa pun lawan yang mencoba mencetak poin. Hal lain yang membuatnya patut diacungi jempol adalah jarang sekali membuat pelanggaran kala menjaga musuhnya.

4. Draymond Green - Golden States Warriors

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniDraymond Green (forbes.com)

Meskipun kemampuan mencetak angkanya tak terlalu baik, Draymond Green tetap menjadi pemain kunci Warriors dengan kemampuan bertahannya yang sangat baik. Bahkan, timnya yang kesulitan musim ini akibat badai cedera mampu menjadi peringkat delapan dalam hal defense.

Meskipun bertubuh tak terlalu besar, kekuatannya tak perlu diragukan lagi. Ia bahkan mampu berduel satu lawan satu dengan para big man, seperti Karl-Anthony Towns dan Anthony Davis.

Baca Juga: 5 Peraih Penghargaan NBA Sixth Man of the Year dalam 5 Tahun Terakhir

5. Myles Turner - Indiana Pacers

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniMyles Turner (nba.com)

Myles Turner musim ini memimpin dalam daftar blok dengan rataan 3,4 blok per game. Hal ini lebih spektakuler karena sejak 2010 hanya tiga pemain saja yang dapat mebuat rataan blok lebih dari 3,3 per game.

Statistik tersebut membuatnya menjadi kunci pertahanan timnya. Sayang, prestasi Pacers musim ini tak terlalu baik. Tim asal Indiana ini kalah dalam babak play-in dari Washington Wizards dan gagal masuk palyoff.

6. LeBron James - Los Angeles Lakers

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniLeBron James (cbssports.com)

LeBron James bersama Anthony Davis menjadi pemain paling penting Los Angeles Lakers. Terbukti kala keduanya harus absen akibat cedera, posisi Lakers turun ke peringkat tujuh wilayah barat setelah sebelumnya konsisten di tiga besar.

Selain dalam hal penyerangan, James juga handal dalam bertahan. Berkat tubuhnya yang atletis, ia dapat mengawal semua pemain, mulai dari guard yang cepat hingga center yang tinggi besar. Dengan kembalinya kedua pemain ini pada babak playoff, Lakers pun menjadi ancaman serius dalam perebutan gelar juara musim ini.

7. Giannis Antetokounmpo - Milwaukee Bucks

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniGiannis Antetokounmpo (vbetnews.com)

Sebagai peraih gelar Defensive Player of the Year musim lalu, kita tak perlu meragukan kualitas pria asal Yunani ini. Ketika dirinya di lapangan, pemain lawan hanya diberikan kesempatan 41% saja untuk menembak bola ke ring basket. 

Masih dalam performa terbaiknya musim ini, peraih dua kali MVP itu diharapkan mampu membawa Bucks melaju lebih jauh di babak playoff musim ini. Setelah beberapa musim sebelumnya harus kandas meskipun menjadi pemuncak klasemen wilayah timur.

8. Bam Adebayo - Miami Heat

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniBam Adebayo (hoopshabit.com)

Bam Adebayo menjadi salah satu pemain underrated dalam beberapa musim terakhir. Padahal, ia bersama Jimmy Butler mampu tampil hebat musim lalu dengan mencapai final NBA. Bahkan, ia membuat penampilan pada NBA All Star untuk pertama kalinya.

Musim ini pun ia membawa Heat yang sempat terseok-seok di awal musim akibat banyaknya pemain yang absen sampai ke babak playoff. Meskipun tak terlalu tinggi untuk pemain berposisi center, Bam mampu memotong tiap tembakan yang mengancam pertahanan timnya.

9. Rudy Gobert - Utah Jazz

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniRudy Gobert (slcdunk.com)

Gobert membuat blok lebih banyak daripada pelanggaran di tiap pertandingan. Hal tersebut menjadi catatan bagus bagi seorang defender. Ia mampu melakukan 2,5 blok dan hanya membuat 2,5 pelanggaran saja. Sepanjang sejarah NBA baru ada sembilan pemain yang berhasil melakukannya.

Pemain yang dua kali terpilih sebagai Defensive Player of the Year itu bersama Donovan Mitchell menjadi kunci sukses Jazz menduduki peringkat pertama wilayah barat. Bahkan, pemain sekaliber Giannis pun dibuat kesulitan kala berhadapan dengannya.

10. Ben Simmons - Philadelphia 76ers

10 Pemain NBA yang layak mendapat gelar Defender Terbaik Musim iniBen Simmons (thespun.com)

Ben Simmons memang tak pernah mencetak banyak angka bagi timnya. Ia juga tak terlalu bagus dalam melakulan tembakan tiga angka. Namun, kemampuan Simmons dalam bertahan yang mampu membuat 76ers menjadi pemuncak klasemen wilayah timur musim ini.

Dengan lengannya yang panjang, pemain yang terpilih di tempat pertama pada NBA Draft tahun 2016 ini mampu dengan mudah mencuri dan memblok bola dari para lawannya. Absennya ia pada playoff musim lalu membuat timnya tak mampu melaju jauh. Musim ini kehadiran Simmons diharapkan dapat membawa 76ers hingga partai final.

 

Selain para pencetak angka ulung, kehadiran para pemain dengan kemampuan bertahan yang baik nyatanya mampu membawa timnya menuai prestasi baik musim ini. Apakah mereka akan bisa memcapai final bersama timnya musim ini?

Baca Juga: 10 Pebasket dengan Tembakan 3 Poin Terbanyak di Playoff NBA 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya