6 Pemain Boston Celtics yang Meraih NBA Finals MVP

Jaylen Brown teranyar

Intinya Sih...

  • Boston Celtics juara NBA 2023/2024 setelah mengalahkan Dallas Mavericks dalam drama lima game.
  • Jaylen Brown menjadi Finals MVP dengan penampilan konsisten, membuatnya pemain keenam Celtics yang meraih trofi tersebut.
  • Celtics menjadi tim tersukses dalam sejarah NBA dengan 18 gelar juara, disalip dari Lakers dan Bulls.

Boston Celtics berhasil meraih gelar juara NBA 2023/2024 setelah mengalahkan Dallas Mavericks melalui drama lima game. Celtics mengunci kemenangan setelah mengalahkan Mavericks 106-88 pada game kelima yang dihelat di TD Garden. Kemenangan itu memutus puasa gelar juara Celtics sejak 2008. Gelar juara itu juga membuat Celtics menjadi tim tersukses dalam sejarah NBA dengan 18 gelar juara.

Keberhasilan Celtics meraih gelar juara tak bisa lepas dari peran Jaylen Brown. Penampilan konsisten Brown selama lima game membuatnya dihadiahi gelar NBA Finals MVP. Brown menjadi pemain Celtics keenam yang berhasil meraih trofi Finals MVP sejak gelar tersebut pertama kali diperkenalkan pada 1969.

1. John Havlicek menjadi pemain Boston Celtics pertama yang meraih NBA Finals MVP pada 1974

6 Pemain Boston Celtics yang Meraih NBA Finals MVPJohn Havlicek (nba.com)

John Havlicek merupakan legenda Boston Celtics. Ia merupakan pencetak poin terbanyak dalam sejarah Celtics dengan 26.395 poin. Selain itu, Havlicek berhasil menyumbang 8 cincin juara serta 13 kali masuk All-Star. 

Havlicek merupakan pemain Celtics pertama yang meraih gelar Final MVP pada 1974. Pemain berjuluk Hondo tersebut membawa Celtics mengalahkan Milwaukee Bucks melalui drama tujuh game. Dalam tujuh game tersebut, Havlicek tampil apik dengan membukukan rataan 26,4 poin, 7,7 rebound, dan 4,7 assist per game.

2. Jo Jo White meraih gelar NBA Finals MVP bersama Boston Celtics pada 1976

6 Pemain Boston Celtics yang Meraih NBA Finals MVPJo Jo White (nba.com)

Boston Celtics bertemu Phoenix Suns pada partai final NBA 1976. Suns sempat membuat kedudukan imbang 2-2 setelah Celtics berhasil mengamankan dua laga pertama. Celtics kemudian berhasil menyapu dua pertandingan berikutnya dengan kemenangan untuk mengamankan gelar juara.

Pada final tersebut, Jo Jo White terpilih sebagai Finals MVP setelah menciptakan rataan 21,7 poin, 4,3 rebound, dan 5,8 assist per game. Penampilan terbaik White terjadi pada game kelima ketika mencetak 33 poin. Berkat prestasinya tersebut, nomor 10 yang lekat dengan White kini telah dipensiunkan Celtics.

3. Cedric Maxwell meraih gelar NBA Finals MVP setelah membawa Boston Celtics juara pada 1981

6 Pemain Boston Celtics yang Meraih NBA Finals MVPCedric Maxwell (twitter.com/cedricmaxwell81)

NBA Final 1981 mempertemukan Boston Celtics dengan Houston Rockets. Rockets yang diperkuat Moses Malone mampu membuat kedudukan sama kuat hingga game keempat. Kemudian pada game kelima, Cedric Maxwell tampil apik dengan membukukan 28 poin untuk membawa Celtics menang 109-80.

Kemudian pada game keenam, Maxwell berhasil mencetak 19 poin untuk menyegel kemenangan Celtics, sekaligus memastikan gelar juara NBA. Dalam pertandingan melawan Rockets, Maxwell mampu membukukan rata-rata 17,7 poin, 9,5 rebound, dan 2,8 assist per game. Menariknya, meski pernah meraih gelar Finals MVP, Maxwell tak pernah sekali pun masuk All-Star.

Baca Juga: Profil Boston Celtics, Juara NBA Musim 2023/2024

4. Larry Bird dua kali meraih gelar NBA Finals MVP bersama Boston Celtics

6 Pemain Boston Celtics yang Meraih NBA Finals MVPLarry Bird (nba.com)

Larry Bird merupakan satu-satunya pemain Boston Celtics yang mampu meraih Finals MVP lebih dari sekali. Bird meraih gelar prestisius tersebut sebanyak dua kali ketika membawa Celtics menjadi juara NBA pada 1984 dan 1986. Pada 1984, Bird menorehkan rataan 27,4 poin, 14 rebound, dan 3,6 assist per game untuk menyudahi perlawanan Los Angeles Lakers dalam drama tujuh game.

Pada 1986, Celtics bertemu dengan Houston Rockets dalam laga final. Bird kembali tampil mengesankan dengan membukukan rataan 24 poin, 9,7 rebound, dan 9,5 assist per game. Celtics berhasil menaklukan Rockets dalam enam pertandingan.

5. Paul Pierce terpilih sebagai NBA Finals MVP pada 2008

6 Pemain Boston Celtics yang Meraih NBA Finals MVPPaul Pierce (nba.com)

Setelah menjadi juara pada 1986, Boston Celtics cukup lama merasakan puasa gelar juara. Mereka baru bisa kembali menjadi juara NBA pada 2008. Ketika itu, Celtics mendatangkan Kevin Garnett dan Ray Allen untuk menemani Paul Pierce.

Pada partai final, Celtics sudah ditunggu Los Angeles Lakers yang diperkuat Kobe Bryant dan Paul Gasol. Celtics akhirnya memastikan gelar juara melalui drama enam game. Pierce terpilih sebagai Finals MVP setelah mencetak rataan 21,8 poin, 4,5 rebound, dan 6,3 assist per game.

6. Penampilan apik Jaylen Brown membuahkan gelar Finals MVP pada 2024

Perjalanan Boston Celtics terbilang cukup mulus untuk bisa menjadi juara NBA 2023/2024. Berstatus sebagai unggulan pertama Wilayah Timur, Celtics berhasil melewati Miami Heat, Cleveland Cavaliers, dan Indiana Pacers dengan cukup mudah. Mereka kemudian ditantang Dallas Mavericks yang mengalahkan Minnesota Timberwolves pada final Wilayah Barat.

Pada partai final, Celtics membuktikan mengapa mereka layak menjadi unggulan teratas pada musim reguler. Celtics tampil apik dengan menyapu bersih tiga pertandingan pertama dengan kemenangan. Meski sempat takluk pada game keempat, Celtics memastikan gelar juara usai memenangi partai kelima.

Jaylen Brown menjadi pemain Celtics yang paling menonjol dalam partai final tersebut. Ia berhasil membukukan rataan 20,8 poin, 5,4 rebound, dan 5 assist per game. Catatan itu membuatnya dianugerahi gelar Finals MVP. 

Keenam pemain di atas berperan penting dalam membawa Boston Celtics menjadi juara NBA. Berkat kontribusi mereka, Celtics kini merupakan tim tersukses dalam sejarah NBA dengan koleksi 18 gelar juara.

Baca Juga: Daftar Juara NBA dari Tahun 1947 Hingga 2024, Terbaru Boston Celtics

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya