5 Momen Tak Terlupakan Michael Schumacher di Formula 1 GP Belgia

Salah satu sirkuit favorit Schumi!

GP Belgia merupakan salah satu sirkuit yang paling sering dimenangi oleh Michael Schumacher. Pembalap asal Jerman yang akrab disapa Schumi tersebut tercatat menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak di sirkuit Spa-Francorchamps dengan enam kemenangan.

Selain momen-momen kemenangan yang diraihnya, GP Belgia juga beberapa kali memunculkan drama menarik yang melibatkan Schumi. Berikut lima momen tak terlupakan Michael Schumacher di Formula 1 GP Belgia.

1. Debut bersama Jordan pada 1991

5 Momen Tak Terlupakan Michael Schumacher di Formula 1 GP BelgiaMichael Schumacher pada GP Belgia 1991. (formula1.com)

Eddie Jordan selaku Tim Principal dari Jordan memberi kesempatan kepada Michael Schumacher untuk turun pada GP Belgia 1991, setelah Bertrand Gachot yang merupakan pembalap utama Jordan berurusan dengan pihak kepolisian di Inggris. 

Schumacher pun mampu memukau banyak orang ketika berhasil menempati urutan ketujuh di sesi kualifikasi. Jauh lebih baik daripada rekan timnya, Andrea de Cesaris, yang punya pengalaman balap lebih banyak.

Meski tampil mengesankan di sesi kualifikasi, Schumacher gagal menyelesaikan balapan pertamanya di Formula 1. Sebab, mobilnya mengalami masalah hidraulik sebelum menyelesaikan satu putaran.

Namun, hasil tersebut sudah cukup bagi Schumacher untuk meyakinkan Flavio Briatore yang merupakan Tim Principal dari Benetton. Alhasil, Schumacher pun mendapatkan kursi permanen di Benetton.

2. Kemenangan pertama di Formula 1 pada 1992

5 Momen Tak Terlupakan Michael Schumacher di Formula 1 GP BelgiaMichael Schumacher menjuarai GP Belgia 1992. (twitter.com/F1)

Debut yang buruk di musim 1991, langsung dibayar tuntas oleh Schumacher semusim berselang. Di mana Michael Schumacher berhasil menggapai puncak podium, sekaligus kemenangan pertama dalam kariernya.

Kemenangan Schumacher pada GP Belgia 1992 tak lepas dari kepintaran Schumacher dan Benetton dalam memilih ban di cuaca yang berubah-ubah. Hal itu membuatnya berjarak cukup jauh dari duo Williams, Nigel Mansell dan Riccardo Patrese, yang finis kedua dan ketiga. 

Baca Juga: 9 Balapan yang Gagalkan Michael Schumacher Raih 100 Kemenangan di F1

3. Balapan penuh drama pada 1998

5 Momen Tak Terlupakan Michael Schumacher di Formula 1 GP BelgiaMichael Schumacher pada GP Belgia 1998. (twitter.com/schumacher)

GP Belgia 1998 merupakan salah satu balapan paling chaos yang pernah terjadi akibat sirkuit Spa yang diguyur hujan deras. Pada saat start, sudah terjadi insiden yang melibatkan 13 pembalap.

Ketika balapan dimulai kembali, Michael Schumacher dengan cepat mengambil alih pimpinan balapan dan berjarak 40 detik dari Damon Hill. Drama kemudian terjadi ketika Schumacher mencoba melakukan overlap terhadap pembalap McLaren, David Coulthard.

Akibat hujan yang begitu deras dan kurangnya jarak pandang, justru membuat Schumacher menabrak bagian belakang mobil Coulthard. Tensi sempat memanas ketika Schumacher yang tak terima balapannya berakhir lebih cepat mendatangi garasi McLaren. Beruntung tak terjadi apa-apa setelah itu.

4. Duel sengit dengan Mika Hakkinen pada 2000

Michael Schumacher dan Mika Hakkinen merupakan salah satu rivalitas paling panas dalam sejarah Formula 1. Kali ini, duel kedua pembalap hebat tersebut terjadi di GP Belgia 2000.

Namun, saat itu Hakkinen yang menjadi bintang dengan meraih kemenangan. Saat itu, Hakkinen yang mengendarai McLaren mampu menyalip Schumi dengan memanfaatkan pembalap yang terkena overlap.

5. Kunci gelar juara dunia ketujuh pada 2004

Musim 2004 merupakan salah satu musim paling dominan Michael Schumacher. Bagaimana tidak, dengan mobil F2004, Schumacher mampu meraup 13 kemenangan dari 18 balapan musim itu.

Pada seri ke-14 di Belgia, Michael Schumacher hanya mampu meraih posisi kedua di belakang Kimi Raikkonen. Namun, hasil itu sudah cukup baginya untuk meraih gelar juara dunianya yang ketujuh.

 

GP Belgia menghadirkan berbagai momen tak terlupakan bagi Michael Schumacher. Mulai dari debut pertamanya di Formula 1, hingga saksi ketika ia meraih gelar dunia untuk ketujuh kalinya.

Baca Juga: GP Belgia 1992, Kemenangan Pertama Michael Schumacher di Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya