Mengenal Andrea Kimi Antonelli, Pembalap Baru Mercedes di F1 2025

Pembalap muda potensial

Teka-teki siapa yang akan dipilih Mercedes sebagai pengganti Lewis Hamilton di Formula 1 2025 akhirnya terjawab. Mercedes menunjuk Andrea Kimi Antonelli sebagai pendamping George Russell. Hal itu membuat Formula 1 kembali memiliki pembalap asal Italia di lintasan.

Penunjukkan Antonelli sebagai pembalap baru Mercedes bukannya tanpa alasan. Ia merupakan bagian dari akademi balapan milik pabrikan asal Jerman tersebut. Pembalap berusia 18 tahun itu juga memiliki karier yang cemerlang di level junior. Mari mengenal lebih dekat Andrea Kimi Antonelli melalui ulasan berikut ini!

1. Andrea Kimi Antonelli memiliki karier cemerlang di level junior

Mengenal Andrea Kimi Antonelli, Pembalap Baru Mercedes di F1 2025Andrea Kimi Antonelli (mercedesamgf1.com)

Andrea Kimi Antonelli yang akrab dipanggil Kimi lahir pada 25 Agustus 2006 di Bologna, Italia. Ia memulai kariernya di dunia balap dengan mengikuti ajang karting. Prestasinya terbilang apik karena pernah meraih gelar juara FIA Karting European Championship dan WSK Euro Series.

Kimi mulai mencoba masuk ke ajang single seater pada 2021 dan tampil sepenuhnya setahun kemudian. Kimi mampu menjuarai ajang Italian Formula 4 Championship dan ADAC Formula 4 Germany pada 2022. Ia melengkapi prestasinya dengan meraih gelar juara di Formula Regional European Championship dan Formula Regional Middle East Championship pada 2023.

Prestasi apik tersebut membuat Kimi langsung naik ke Formula 2 pada 2024 bersama Prema Racing. Padahal, biasanya seorang pembalap lebih dulu mencicipi ajang Formula 3 sebelum bertanding di Formula 2. Debutnya terbilang cukup baik dengan raihan dua kemenangan. 

2. Merupakan bagian dari akademi Mercedes

Mengenal Andrea Kimi Antonelli, Pembalap Baru Mercedes di F1 2025Andrea Kimi Antonelli (fiaformula2.com)

Bakat balap yang dimiliki Andrea Kimi Antonelli tercium oleh Mercedes. Pabrikan asal Jerman itu kemudian memasukkan Kimi ke dalam program akademi balap milik mereka pada 2019.Di sana, Kimi bertemu dengan George Russell yang akan menjadi rekan setimnya pada 2025.

Program akademi Mercedes memang dikenal sebagai penghasil pembalap hebat. Dua di antaranya adalah Michael Schumacher dan Lewis Hamilton yang masing-masing memiliki tujuh gelar juara dunia. Selain itu, masih ada beberapa nama yang kemudian menembus Formula 1, seperti Jan Magnussen, Heinz-Harald Frentzen, Karl Wendlinger, Alexander Wurz, hingga Nick Heidfeld.

Baca Juga: Kimi Antonelli Resmi Perkuat Mercedes di Formula 1 2025

3. Menjadi pengganti Lewis Hamilton di Mercedes pada 2025

Andrea Kimi Antonelli akan menjadi pendamping George Russell di Mercedes pada 2025. Ia menggantikan posisi Lewis Hamilton yang telah menjalin kontrak dengan Ferrari musim depan. Usianya yang masih 18 tahun tak membuat Mercedes ragu untuk memberinya kontrak.

Kimi sudah merasakan berada di balik kemudi Mercedes ketika menjalani sesi latihan bebas di GP Italia. Debutnya tak berlangsung mulus karena sempat mengalami crash di tikungan parabolica setelah melahap lima putaran. Hal itu bisa menjadi pembelajaran bagi Kimi untuk mempersiapkan diri menyambut musim 2025.

4. Italia kembali memiliki wakil di Formula 1

Mengenal Andrea Kimi Antonelli, Pembalap Baru Mercedes di F1 2025Andrea Kimi Antonelli (mercedesamgf1.com)

Hadirnya Andrea Kimi Antonelli membuat Italia kembali memiliki wakil di Formula 1. Terakhir kali ada pembalap Italia di lintasan terjadi pada 2021. Saat itu, Italia diwakili Antonio Giovinazzi yang berada di balik kemudi Alfa Romeo. 

Italia total memiliki 98 pembalap yang pernah tampil di Formula 1. Namun, mereka cukup jarang menempatkan wakilnya sejak abad 21. Sebelum Kimi, hanya ada tujuh pembalap Italia yang mengaspal di Formula 1. Mereka adalah Jarno Trulli, Giancarlo Fisichella, Luca Badoer, Gianmaria Bruni, Giorgio Pantano, Vitantonio Liuzzi, dan Antonio Giovinazzi. Dari tujuh nama itu, hanya Trulli dan Fisichella yang mampu meraih kemenangan.

Italia sejatinya memiliki sejarah bagus di Formula 1. Mereka memiliki dua pembalap yang pernah meraih gelar juara dunia, yakni Giuseppe Farina dan Alberto Ascari. Italia juga merupakan rumah bagi salah satu tim legendaris Formula 1, Ferrari. Selain itu, Italia juga tak pernah absen menggelar balapan Formula 1 sejak musim pertama pada 1950. Sirkuit Monza dan Imola juga masih masuk ke kalender Formula 1 pada 2024.

Andrea Kimi Antonelli akan menjadi pembalap Mercedes di Formula 1 2025. Kehadirannya juga membuat Italia kembali memiliki wakil di ajang balap mobil paling bergengsi di dunia tersebut.

Baca Juga: 5 Pembalap Italia Terakhir di Formula 1 sebelum Andrea Kimi Antonelli

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya