6 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP Azerbaijan

Kemenangan pertama McLaren di Baku

Intinya Sih...

  • Oscar Piastri juara F1 GP Azerbaijan 2024, mengawali balapan dari posisi kedua, menyalip Charles Leclerc setelah pit stop, dan mampu menahan gempuran Leclerc.
  • Kemenangan di GP Azerbaijan adalah yang kedua bagi Piastri musim ini, menyusul kemenangan di GP Hungaria, dan menjadi pembalap kelima dengan lebih dari satu kemenangan.
  • Piastri menjadi pembalap Australia kedua yang juara di GP Azerbaijan, mengalahkan McLaren yang sebelumnya tak pernah meraih kemenangan di sirkuit tersebut.

Oscar Piastri berhasil menjuarai Formula 1 GP Azerbaijan 2024 pada, Minggu (15/9/2024). Oscar Piastri yang mengawali balapan dari posisi kedua awalnya kesulitan menyalip Charles Leclerc. Pembalap asal Australia itu baru bisa menyalip Leclerc usai melakukan pit stop. Setelah itu, Piastri mampu menahan gempuran Leclerc untuk menjadi yang pertama melintasi garis finis.

Kemenangan di Sirkuit Jalan Raya Baku menghadirkan beberapa catatan menarik bagi Piastri. Salah satunya adalah persembahan kemenangan pertama McLaren di GP Azerbaijan. Berikut enam fakta menarik kemenangan Oscar Piastri di GP Azerbaijan 2024.

1. Oscar Piastri jadi pembalap kelima yang raih lebih dari satu kemenangan pada 2024

6 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP AzerbaijanOscar Piastri menjuarai GP Azerbaijan 2024. (x.com/F1)

Kemenangan di GP Azerbaijan merupakan kemenangan kedua yang diraih Piastri pada musim 2024 ini. Sebelumnya, ia lebih dulu meraih kemenangan di GP Hungaria. Menariknya, kedua kemenangan itu didapat Piastri ketika sama-sama mengawali balapan dari posisi kedua.

Piastri menjadi pembalap kelima musim ini yang mampu meraih lebih dari satu kemenangan. Ia menyusul Max Verstappen, Lewis Hamilton, Lando Norris, dan Charles Leclerc. Catatan itu membuat musim ini berlangsung menarik karena banyak pembalap yang bisa meraih kemenangan.

Baca Juga: Oscar Piastri Berjuang Redam Serangan Charles Leclerc di GP Azerbaijan

2. Pembalap Australia kedua yang meraih kemenangan di Baku

6 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP AzerbaijanDaniel Ricciardo menjuarai GP Azerbaijan 2017. (fia.com)

Oscar Piastri menjadi pembalap Australia kedua yang mampu meraih kemenangan di GP Azerbaijan. Ia mengikuti jejak Daniel Ricciardo yang meraih kemenangan pada 2017. Saat itu, Ricciardo yang mengendarai Red Bull mampu mengasapi Valtteri Bottas dan Lance Stroll.

Australia menjadi negara pertama yang memiliki dua pemenang berbeda di GP Azerbaijan. Mereka menyamai Meksiko sebagai negara tersukses di GP Azerbaijan dengan raihan dua kemenangan. Bedanya, semua kemenangan Meksiko dicetak oleh Sergio Perez pada 2021 dan 2023.

3. Kemenangan pertama McLaren di GP Azerbaijan

6 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP AzerbaijanMcLaren merayakan kemenangan Oscar Piastri di GP Azerbaijan 2024. (x.com/McLarenF1)

McLaren sebenarnya tak memiliki sejarah apik di GP Azerbaijan. Tim yang bermarkas di Woking, Inggris, itu sebelumnya tak pernah meraih kemenangan. Mereka bahkan tak mampu untuk sekadar finis lima besar.

Namun, catatan buruk itu akhirnya berhasil dipatahkan oleh Oscar Piastri pada 2024. Sementara itu, Lando Norris hanya bisa menempati urutan keempat. Penampilan buruk pada sesi kualifikasi membuat Norris kesulitan meramaikan persaingan di barisan depan.

4. Jajaran podium untuk kali pertama diisi oleh juara dunia Formula 2

6 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP AzerbaijanCharles Leclerc, Oscar Piastri, dan George Russell di atas podium GP Azerbaijan 2024. (x.com/Formula2)

GP Azerbaijan menjadi balapan Formula 1 pertama di mana jajaran podium diisi oleh juara dunia Formula 2. Oscar Piastri tampil sebagai juara diikuti oleh Charles Leclerc dan George Russell. Piastri merupakan juara dunia Formula 2 pada 2021, sementara Leclerc menjadi juara dunia pada 2017 dan Russell pada 2018.

Podium yang diraih Russell diwarnai sedikit faktor keberuntungan. Pada lap-lap akhir, terjadi insiden antara Carlos Sainz dan Sergio Perez yang membuat keduanya gagal finis. Hal itu menguntungkan Russell yang naik dari posisi kelima ke posisi ketiga.

5. Oscar Piastri jadi pengoleksi poin terbanyak dalam tujuh balapan terakhir

6 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP AzerbaijanOscar Piastri menjuarai GP Azerbaijan 2024. (x.com/F1)

Oscar Piastri sukses mendulang 25 poin dari GP Azerbaijan. Hal itu membuatnya total meraup 135 poin sejak GP Austria. Pembalap berusia 23 tahun itu merupakan pengoleksi poin terbanyak dalam tujuh balapan terakhir.

Piastri saat ini menduduki posisi keempat di klasemen pembalap sementara. Ia saat ini memiliki raihan 222 poin. Piastri kini berjarak 13 poin dari Charles Leclerc yang berada di urutan ketiga. Ia masih tertinggal 32 poin dari Lando Norris dan 91 poin dari Max Verstappen yang menempati dua posisi teratas.

6. McLaren pertama kali puncaki klasemen konstruktor sejak 2014

McLaren berhasil mengkudeta Red Bull dari puncak klasemen konstruktor 2024 selepas GP Azerbaijan. McLaren meraup tambahan 38 poin dari Oscar Piastri dan Lando Norris. Sementara itu, Red Bull hanya sanggup menambah sepuluh poin dari Max Verstappen setelah Sergio Perez gagal finis.

Tambahan 38 poin membuat McLaren kini mengoleksi 476 poin. Mereka unggul 20 poin dari Red Bull dan 51 poin dari Ferrari. Ini merupakan kali pertama McLaren menduduki puncak klasemen konstruktor sejak GP Australia 2014. McLaren juga menjadi tim pertama yang mengkudeta Red Bull dari puncak klasemen konstruktor sejak GP Spanyol 2022 atau setara dengan 55 balapan.

Oscar Piastri berhasil menjuarai Formula 1 GP Azerbaijan 2024. Kemenangan itu juga membuat McLaren kini menduduki puncak klasemen konstruktor 2024.

Baca Juga: Oscar Piastri Puas dengan Peningkatan Performa Pribadi di F1 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya