5 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP Hungaria

Kemenangan pertama Piastri di Formula 1

Oscar Piastri berhasil menjuarai Formula 1 GP Hungaria pada, Minggu (21/7/2024). Piastri yang mengawali start dari posisi kedua berhasil mendahului Lando Norris pada tikungan pertama. Setelah itu, Piastri memimpin balapan dalam waktu yang cukup lama.

Keputusan McLaren untuk memasukkan Norris lebih dulu ke pit lane membuat Piastri turun ke posisi kedua. Namun, McLaren meminta kepada Norris untuk bertukar posisi dengan Piastri. Meski sempat ditolak, Norris akhirnya memberikan posisi terdepan kepada Piastri pada lap ke-68. 

Kemenangan di GP Hungaria merupakan kemenangan yang berserajah bagi Piastri. Sebab, ini merupakan kali pertama pembalap asal Australia tersebut menang di balapan utama Formula 1. Berikut lima fakta menarik kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP Hungaria.

1. Kemenangan pertama Oscar Piastri di balapan utama Formula 1

5 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP HungariaOscar Piastri menjuarai GP Hungaria 2024. (twitter.com/F1)

Oscar Piastri berhasil meraih kemenangan perdana di Formula 1 sejak debut bersama McLaren pada 2023. Sebelumnya, performa terbaik Piastri di Formula 1 adalah empat kali naik podium. Dua di antaranya terjadi pada 2024 di GP Monako dan GP Austria.

Piastri sebenarnya sudah pernah meraih kemenangan sebelum GP Hungaria 2024. Namun, itu terjadi pada sesi sprint race GP Qatar 2023. Ketika itu, Piastri mampu mengungguli Max Verstappen dalam perebutan tempat pertama.

Baca Juga: Lando Norris Enggan Bahas Team Order McLaren di GP Hungaria 2024

2. Pembalap Australia kelima yang berhasil meraih kemenangan di Formula 1

Oscar Piastri menjadi pembalap kelima asal Australia yang pernah merasakan kemenangan di Formula 1. Ia mengikuti jejak Jack Brabham, Alan Jones, Mark Webber, dan Daniel Ricciardo. Kemenangan yang diraih Piastri merupakan kemenangan ke-44 bagi pembalap asal Australia di Formula 1.

Australia kini menempati peringkat ketujuh sebagai negara yang paling sering meraih kemenangan di Formula 1. Mereka mengkudeta Italia yang meraup total 43 kemenangan. Australia saat ini tertinggal dari Britania Raya (312 kemenangan), Jerman (179 kemenangan), Brasil (101 kemenangan), Prancis (81 kemenangan), Belanda (61 kemenangan), dan Finlandia (51 kemenangan).

3. Finis 1-2 pertama McLaren di GP Hungaria sejak 1999

5 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP HungariaLando Norris dan Oscar Piastri di atas podium GP Hungaria 2024. (twitter.com/F1)

Kemenangan yang diraih Piastri merupakan yang pertama bagi McLaren di GP Hungaria sejak Lewis Hamilton pada 2012. McLaren juga akhirnya kembali meraih finis 1-2 di GP Hungaria sejak terakhir kali terjadi pada 1999. Ketika itu, McLaren berjaya setelah Mika Hakkinen keluar sebagai juara diikuti David Coulthard di posisi kedua. 

Bagi McLaren, GP Hungaria merupakan kali ke-49 mereka berhasil finis 1-2 di balapan utama. Terakhir kali mereka meraih hasil serupa terjadi di GP Italia 2021 melalui Daniel Ricciardo dan Lando Norris. Satu hal menarik lainnya adalah ini merupakan podium ganda pertama bagi McLaren pada 2024. Padahal, keduanya total meraup 11 podium dengan 2 di antaranya merupakan kemenangan. 

4. Pemenang balapan pertama yang lahir pada abad 21

5 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP HungariaOscar Piastri menjuarai Formula 1 GP Hungaria 2024. (twitter.com/F1)

Oscar Piastri mencetak sejarah sebagai pemenang balapan Formula 1 pertama yang lahir pada abad 21. Piastri sendiri lahir di Melbourne, Australia, pada 6 April 2001. Piastri berusia 23 tahun ketika meraih kemenangan di GP Hungaria 2024.

Piastri saat ini merupakan pembalap termuda yang ada di grid. Ia lebih muda satu tahun dari Yuki Tsunoda dan Logan Sargeant yang sama-sama lahir pada 2000. Menariknya, Piastri berselisih 20 tahun dari pembalap tertua saat ini, Fernando Alonso, yang lahir pada 1981.

5. Ada tujuh pemenang balapan berbeda pada 2024

5 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP HungariaLewis Hamilton dan Oscar Piastri di atas podium GP Hungaria 2024. (twitter.com/F1)

Oscar Piastri menjadi pemenang balapan ketujuh pada Formula 1 2024. Sebelumnya, sudah ada Max Verstappen, Carlos sainz, Lando Norris, Charles Leclerc, dan Lewis Hamilton yang lebih dulu meraih kemenangan. Jumlah ini merupakan yang terbanyak sejak Formula 1 memasuki era hybrid.

Terakhir kali Formula 1 memiliki lebih banyak pemenang berbeda terjadi pada 2012. Ketika itu, terdapat delapan pembalap berbeda yang mewarnai puncak podium. Rekor jumlah pemenang berbeda dalam satu musim terjadi pada 1982 ketika ada sebelas pembalap berbeda yang mampu menjuarai balapan.

Kemenangan Oscar Piastri di GP Hungaria 2024 menghasilkan beberapa catatan yang cukup menarik. Finis 1-2 yang diraih McLaren membuat mereka mengkudeta posisi Ferrari di tempat kedua tabel konstruktor, sekaligus menipiskan jarak dari Red Bull di posisi puncak.

Baca Juga: Kevin Magnussen Resmi Tinggalkan Haas Selepas Formula 1 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya