5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Spanyol

Kemenangan keempat Verstappen di Barcelona

Intinya Sih...

  • Max Verstappen memenangkan GP Spanyol 2024 di Sirkuit Catalunya
  • Verstappen meraih kemenangan keempat dan hattrick di GP Spanyol
  • Lando Norris menempati posisi kedua dan sering naik podium bersama Verstappen pada musim ini

GP Spanyol 2024 yang digelar pada, Minggu (23/6/2024), merupakan balapan ke-1.111 sepanjang sejarah Formula 1. Balapan di Sirkuit Catalunya tersebut berhasil dimenangi oleh pembalap Red Bull, Max Verstappen. Sementara itu, posisi kedua dan ketiga masing-masing diisi Lando Norris dan Lewis Hamilton.

Start dari posisi kedua, Verstappen gagal meraih posisi terdepan usai disalip George Russell pada tikungan pertama. Namun, tak berselang lama, pembalap asal Belanda tersebut berhasil mengambil alih posisi terdepan. Pada akhir balapan, Verstappen sempat mendapat tekanan serius dari Norris. Beruntung, Verstappen berhasil keluar dari kejaran pembalap McLaren tersebut untuk mengamankan kemenangan.

Kemenangan yang diraih Max Verstappen menghadirkan beberapa catatan yang cukup menarik. Salah satunya adalah catatan hattrick kemenangan di GP Spanyol. Berikut lima fakta menarik kemenangan Max Verstappen di GP Spanyol 2024.

1. Kemenangan keempat Verstappen di Sirkuit Catalunya

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP SpanyolMax Verstappen menjuarai GP Spanyol 2024. (formula1.com)

Sirkuit Catalunya sepertinya menjadi salah satu sirkuit favorit bagi Max Verstappen. Sebab, pembalap Red Bull tersebut sudah meraih empat kemenangan. Verstappen mampu merajai GP Spanyol pada 2016, 2022, 2023, dan 2024. Jumlah tersebut membuat Verstappen hanya kalah dari Michael Schumacher dan Lewis Hamilton yang masing-masing memiliki enam kemenangan.

GP Spanyol juga merupakan balapan pertama yang dimenangi oleh Verstappen. Itu terjadi pada 2016 yang juga bertepatan dengan balapan pertama Verstappen di balik kemudi Red Bull. Menariknya, ketika meraih kemenangan tersebut, Verstappen yang masih berusia 17 tahun mencatatkan rekor sebagai pembalap termuda yang meraih kemenangan di Formula 1.

Baca Juga: 16 Potret Perjalanan Hidup Atlet F1 Berbakat Max Verstappen

2. Pembalap kelima yang meraih hattrick kemenangan di GP Spanyol

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP SpanyolMax Verstappen dan Lewis Hamilton di GP Spanyol 2024. (twitter.com/redbullracing)

Max Verstappen berhasil mempertahankan takhtanya di Sirkuit Catalunya. Dengan kemenangan pada 2024, Verstappen berhasil meraih hattrick kemenangan di GP Spanyol. Verstappen menjadi pembalap kelima yang mampu menjuarai GP Spanyol dalam tiga musim secara beruntun.

Sebelum Verstappen, sudah ada empat pembalap yang mampu meraih hattrick kemenangan di GP Spanyol. Keempat pembalap tersebut adalah, Jackie Stewart, Mika Hakkinen, Michael Schumacher, dan Lewis Hamilton. Schumacher pernah mencatatkan 4 kemenangan beruntun pada 2001--2004, sementara Hamilton meraih 5 kemenangan beruntun pada 2017--2021.

3. Verstappen samai rekor podium Alain Prost dan Fernando Alonso

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP SpanyolFernando Alonso dan Max Verstappen (formula1.com)

Max Verstappen berhasil menyamai rekor dua legenda Formula 1 setelah meraih kemenangan di Sirkuit Catalunya. GP Spanyol 2024 merupakan raihan podium ke-106 bagi Verstappen selama kariernya di Formula 1. Jumlah tersebut membuatnya sejajar dengan dua legenda Formula 1, Alain Prost dan Fernando Alonso.

Verstappen kini menjadi pembalap keempat dengan jumlah podium terbanyak di Formula 1. Ia hanya kalah dari Lewis Hamilton (198 podium), Michael Schumacher (155 podium), dan Sebastian Vettel (122 podium). Verstappen memiliki peluang untuk melewati ketiga pembalap tersebut mengingat dominasinya bersama Red Bull yang masih sulit untuk ditandingi.

4. Verstappen dan Norris menjadi dua pembalap yang paling sering berbagi podium pada 2024

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP SpanyolLando Norris dan Max Verstappen di GP Spanyol 2024. (twitter.com/redbullracing)

Lando Norris hampir meraih kemenangan setelah melancarkan serangant terhadap Max Verstappen pada akhir balapan. Namun, pembalap asal Inggris tersebut harus puas menempati posisi kedua. Podium kedua yang diraih Norris membuat menjadi pembalap yang paling sering menemani Verstappen di atas podium musim ini.

Verstappen dan Norris sudah lima kali naik podium bersamaan musim ini. Selain di GP Spanyol, keduanya juga berbagi podium di GP China, GP Miami, GP Emilia Romagna, dan GP Kanada. Dari 5 kali bersanding di atas podium, Verstappen tampil lebih dominan dengan 4 kemenangan berbanding 1 milik Norris. Keduanya juga merupakan pembalap yang paling sering naik podium pada 2024 hingga GP Spanyol. Verstappen sudah meraih 8 podium, sedangkan Norris meraup 6 podium.

5. Juara di Sirkuit Catalunya masih didominasi pembalap yang start dari front row

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP SpanyolMax Verstappen menjuarai GP Spanyol 2024. (formula1.com)

Max Verstappen berhasil menaklukan GP Spanyol setelah start dari posisi kedua di belakang Lando Norris. Kemenangan Verstappen semakin membuktikan jika start dari posisi front row sangat penting di Sirkuit Catalunya. Tercatat, sebanyak 31 kemenangan dari 34 balapan di Sirkuit Catalunya dicetak oleh pembalap yang start dari front row.

Hanya ada tiga pembalap yang berhasil meraih kemenangan ketika mengawali balapan dari posisi ketiga atau lebih buruk. Michael Schumacher menjadi yang pertama melakukannya pada 1996. Setelah itu, ada Fernando Alonso yang meraih kemenangan pada 2013 dan Max Verstappen pada 2016.

Max Verstappen membuat beberapa catatan menakjubkan setelah meraih kemenangan di Formula 1 2024 GP Spanyol. Ia berhasil meraih hattrick kemenangan di GP Spanyol. Verstappen juga berhasil menyamai jumlah podium milik Alain Prost dan Fernando Alonso.

Baca Juga: Andrea Stella Amati Peningkatan Performa Oscar Piastri di F1 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya