4 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Emilia Romagna

Verstappen kembali ke jalur kemenangan

Intinya Sih...

  • Max Verstappen meraih kemenangan di GP Emilia Romagna 2024, disusul oleh Lando Norris dan Charles Leclerc.
  • Verstappen mencatat hattrick kemenangan di Sirkuit Imola, menyamai catatan Michael Schumacher, dan melewati jumlah podium Kimi Raikkonen.
  • Verstappen dan Norris mengunci posisi 1-2 untuk ketiga kalinya secara beruntun musim ini, dengan Norris menjadi pembalap kedua yang paling sering menemani Verstappen di atas podium.

Max Verstappen berhasil meraih kemenangan di Formula 1 2024 GP Emilia Romagna, Minggu (19/5/2024). Mengawali balapan dari posisi terdepan, Verstappen berhasil memperlebar jarak dari para pesaingnya. Verstappen akhirnya berhasil meraih kemenangan diikuti Lando Norris dan Charles Leclerc di posisi kedua dan ketiga.

Dengan raihan tersebut, Max Verstappen kembali ke jalur kemenangan setelah hanya menduduki posisi kedua di GP Miami. Kemenangan yang diraih Verstappen juga menorehkan catatan tersendiri. Berikut empat fakta menarik kemenangan Max Verstappen di GP Emilia Romagna.

1. Verstappen raih hattrick kemenangan di GP Emilia Romagna

4 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Emilia RomagnaMax Verstappen menjuarai GP Emilia Romagna 2024. (formula1.com)

Sejak Sirkuit Imola kembali ke kalender Formula 1 pada 2020 dengan tajuk GP Emilia Romagna, Max Verstappen menjadi pembalap paling dominan. Pembalap asal Belanda tersebut mampu meraup 3 kemenangan secara beruntun dari 4 balapan. Satu-satunya kegagalan Max Verstappen meraih kemenangan terjadi pada 2020 ketika Lewis Hamilton berhasil menjadi yang tercepat.

Kemenangan pada 2024 membuat Verstappen mencatatkan hattrick kemenangan di Sirkuit Imola. Catatan tersebut menyamai raihan Michael Schumacher bersama Ferrari pada 2002--2004. Selain keduanya, tak ada pembalap lain yang mampu melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Max Verstappen Tegaskan Tak Akan Balapan di F1 pada Usia 45 Tahun

2. Verstappen samai rekor kemenangan Alain Prost dan Ayrton Senna di Sirkuit Imola

4 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Emilia RomagnaAyrton Senna dan Alain Prost (twitter.com/McLarenF1)

Kemenangan yang diraih di GP Emilia Romagna membuat Verstappen melewati catatan kemenangan Nigel Mansell dan Damon Hill yang memiliki dua kemenangan. Verstappen kini sejajar dengan Ayrton Senna dan Alain Prost. Ketiga pembalap tersebut sama-sama pernah merebut tiga kemenangan. 

Prost menjadi juara di Sirkuit Imola bersama dua tim berbeda. Ia meraih 2 kemenangan bersama McLaren pada 1984 dan 1986 serta 1 kemenangan bersama Williams pada 1993. Sementara itu, Senna berhasil merajai Sirkuit Imola pada 1988, 1989, dan 1991 bersama McLaren. Kini, Max Verstappen hanya tertinggal dari Michael Schumacher yang mengoleksi tujuh kemenangan.

3. Verstappen lewati catatan podium Kimi Raikkonen

4 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Emilia RomagnaKimi Raikkonen (fia.com)

Kemenangan yang diraih di GP Emilia Romagna 2024 merupakan catatan podium ke-104 bagi Verstappen di Formula 1. Raihan tersebut membuatnya melewati jumlah podium milik Kimi Raikkonen. Sebelumnya, keduanya sama-sama menorehkan 103 podium setelah Verstappen finis kedua di GP Miami.

Verstappen saat ini menduduki posisi keenam sebagai pemilik podium terbanyak dalam sejarah Formula 1. Ia hanya kalah dari Lewis Hamilton (197 podium), Michael Schumacher (155 podium), Sebastian Vettel (122 podium), Alain Prost (106 podium), dan Fernando Alonso (106 podium). Musim ini, Verstappen bisa melewati catatan milik Prost dan Alonso dengan catatan Alonso tak menambah jumlah podiumnya.

4. Verstappen dan Norris finis 1-2 dalam tiga balapan beruntun

4 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Emilia RomagnaMax Verstappen dan Lando Norris di atas podium GP Emilia Romagna 2024. (twitter.com/redbullracing)

Max Verstappen dan Lando Norris kembali mengunci posisi 1-2 di GP Emilia Romagna. Bahkan, Norris sempat hampir mencuri kemenangan dari Verstappen jelang akhir balapan. Pembalap McLaren tersebut sempat memangkas jarak hingga kurang dari satu detik.

Verstappen dan Norris berada di posisi 1-2 untuk ketiga kalinya secara beruntun. Sebelumnya, Verstappen mampu mengasapi Norris di GP China. Pada GP Miami, giliran Norris yang berhasil finis di depan tiga kali juara dunia tersebut. Norris menjadi pembalap kedua yang paling sering menemani Verstappen di atas podium musim ini setelah Sergio Perez. 

Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 2024 GP Emilia Romagna membuatnya kembali ke jalur kemenangan setelah sempat hanya menjadi runner-up di GP Miami. Akankah ia makin tak terbendung hingga akhir musim?

Baca Juga: Komparasi 103 Podium Kimi Raikkonen dan Max Verstappen di Formula 1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya