4 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di Formula 1 GP Austria

Russell putus puasa kemenangan

Formula 1 GP Austria yang dihelat, Minggu (30/6/2024), berakhir cukup dramatis bagi pembalap Mercedes, George Russell. Awalnya, pembalap asal Inggris tersebut hanya berada di tempat ketiga. Ia tertinggal cukup jauh dari Max Verstappen dan Lando Norris yang menempati dua posisi terdepan.

Drama terjadi pada akhir balapan ketika Verstappen dan Norris terlibat pertarungan sengit. Duel tersebut membuat keduanya mengalami kontak dan harus masuk pit lane. Momen itu tak disia-siakan Russell untuk mengambil alih pimpinan balapan. George Russell berhasil finis terdepan diikuti Oscar Piastri dan Carlos Sainz.

Kemenangan Formula 1 2024 GP Austria George Russell menghadirkan beberapa fakta menarik, termasuk kemenangan pertama Russell sejak GP Brasil 2022.

1. Kemenangan pertama Russell sejak GP Brasil 2022

4 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di Formula 1 GP AustriaGeorge Russell menjuarai GP Brasil 2022. (formula1.com)

Kemenangan di GP Austria 2024 merupakan kemenangan kedua George Russell di Formula 1. Sejak bergabung dengan Mercedes pada 2022, Russell cukup kesulitan untuk meraih kemenangan. Hal itu tak lain karena Mercedes gagal membuat mobil yang kompetitif setelah perubahan regulasi pada 2022.

Russell terakhir kali meraih kemenangan bersama Mercedes di GP Brasil 2022. Kemenangan itu tak hanya merupakan yang terakhir bagi Russell, tetapi juga Mercedes. Total, tim asal Jerman tersebut gagal meraih kemenangan dalam 33 balapan sebelum akhirnya diputus Russell di GP Austria 2024.

Baca Juga: 16 Potret Perjalanan Charles Leclerc: Dari Monako ke Puncak F1

2. Hasil terbaik Russell di Sirkuit Red Bull Ring

4 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di Formula 1 GP AustriaGeorge Russell menjuarai GP Austria 2024. (formula1.com)

Sejak pertama kali masuk ke Formula 1 pada 2019 bersama Williams, Russell tak pernah mendapat hasil bagus ketika balapan di Sirkuit Red Bull Ring. Sebelum meraih kemenangan pada 2024, Russell tak pernah sekalipun berada di atas podium. Ia bahkan selalu gagal mencetak poin dalam lima balapan pertamanya bersama Williams di Sirkuit Red Bull Ring.

Ketika bergabung dengan Mercedes, hasil apik juga belum bisa dirah pembalap asal Inggris tersebut. Ia hanya mampu finis keempat pada 2022 dan ketujuh pada 2023 dalam lawatannya ke Spielberg. Hasil kurang memuaskan tersebut akhirnya berhasil dijawab oleh Russell pada 2024.

3. Mercedes menjadi tim keempat yang meraih kemenangan pada 2024

4 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di Formula 1 GP AustriaMercedes merayakan kemenangan George Russell di GP Austria 2024. (twitter.com/GeorgeRussell63)

Formula 1 2024 memang masih didominasi oleh Max Verstappen dan Red Bull. Namun, tak seperti pada 2023 yang benar-benar dikuasai tim berlogo banteng tersebut, pada 2024 kemenangan terlihat sedikit lebih merata. Terbukti, sudah ada empat tim yang meraih kemenangan pada 2024, yakni Red Bull, Ferrari, McLaren, dan Mercedes.

Red Bull masih menjadi yang paling dominan dengan raihan tujuh kemenangan yang semuanya disumbangkan Max Verstappen. Kemudian, ada Ferrari yang berhasil mencuri dua kemenangan melalui Carlos Sainz di GP Australia dan Charles Leclerc di GP Monako. Sementara itu, McLaren berhasil menjadi yang terdepan di GP Miami berkat Lando Norris dan Mercedes membuka keran kemenangan pada 2024 melalui Russell di GP Austria.

4. Mercedes samai kemenangan McLaren di GP Austria

4 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di Formula 1 GP AustriaGeorge Russell menjuarai GP Austria 2024. (formula1.com)

Kemenangan yang diraih Russell membuat Mercedes sudah mengoleksi enam kemenangan di GP Austria. Jumlah tersebut menyamai total kemenangan yang diraih McLaren. Mercedes kini hanya tertinggal dari Ferrari yang berhasil meraup tujuh kemenangan di GP Austria.

Selain Russell, terdapat tiga pembalap Mercedes lain yang pernah berjaya di GP Austria. Nico Rosberg menjadi pembalap pertama yang memberi kemenangan bagi Mercedes di GP Austria, yakni pada 2014 dan 2015. Kemudian, ada Lewis Hamilton yang menjadi juara pada 2016 dan Valtteri Bottas yang meraih kemenangan pada 2017 dan 2020.

Kemenangan yang diraih George Russell di GP Austria memang tak bisa lepas dari faktor keberuntungan. Namun, raihan di GP Austria berhasil memutus puasa kemenangan Russell sejak GP Brasil 2022 sekaligus membuat Mercedes pertama kali berada di puncak podium dalam 33 balapan.

Baca Juga: 4 Pembalap McLaren yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Austria

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya