5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu Dhabi 2023

Torehkan berbagai rekor impresif

Max Verstappen kembali menunjukkan keperkasaannya di Formula 1 GP Abu Dhabi, Minggu (26/11/2023). Pembalap asal Belanda tersebut tampil dominan sejak awal hingga akhir balapan untuk mengamankan kemenangan. Sementara itu, podium kedua dan ketiga diraih Charles Leclerc dan George Russell.

Selain kemenangan, Max Verstappen juga berhasil mengukir berbagai rekor mengagumkan. Capaian tersebut semakin melengkapi musim Formula 1 2023 yang bisa dibilang sempurna baginya. 

1. Max Verstappen ukir empat kemenangan beruntun di GP Abu Dhabi

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu Dhabi 2023Max Verstappen mengangkat trofi juara GP Abu Dhabi 2023. (twitter.com/Max33Verstappen)

Kemenangan Max Verstappen di GP Abu Dhabi merupakan yang keempat secara beruntun. Tercatat, ia selalu mengunci puncak podium sejak musim 2020. Ini juga merupakan kali pertama Verstappen mampu mengukir 4 kemenangan secara beruntun di 1 seri balapan.

Saat ini, hanya GP Meksiko yang berhasil ia menangi lebih banyak dengan lima kemenangan. Verstappen juga menjadi pembalap Red Bull tersukses di GP Abu Dhabi melewati catatan tiga kemenangan milik Sebastian Vettel. Kini, hanya Lewis Hamilton yang punya lebih banyak kemenangan dengan lima kali berada di podium teratas.

Baca Juga: Perbandingan 53 Kemenangan Max Verstappen dan Sebastian Vettel di F1

2. Melewati jumlah kemenangan Sebastian Vettel

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu Dhabi 2023Max Verstappen dan Sebastian Vettel (formula1.com)

Kemenangan di GP Abu Dhabi merupakan kemenangan ke-54 bagi Max Verstappen di Formula 1. Capaian tersebut membuatnya melewati jumlah kemenangan milik Sebastian Vettel. Pembalap asal Jerman tersebut tercatat punya 53 kemenangan sepanjang kariernya di Formula 1.

Selain Vettel, Verstappen musim ini juga melewati rekor kemenangan dua pembalap legendaris. Kedua pembalap tersebut adalah Ayrton Senna (41 kemenangan) dan Alain Prost (51 kemenangan). Verstappen kini merupakan pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak ketiga di Formula 1.

Catatan kemenangan hanya kalah dari Michael Schumacher (91 kemenangan) dan Lewis Hamilton (103 kemenangan). Namun, dengan penampilannya yang kian dominan bersama Red Bull, bukan tak mungkin rekor tersebut akan menjadi miliknya suatu saat nanti.

3. Menjadi pembalap pertama yang memimpin lebih dari seribu putaran

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu Dhabi 2023Max Verstappen menjuarai GP Abu Dhabi 2023. (twitter.com/Max33Verstappen)

Max Verstappen berhasil memimpin sebanyak 52 putaran dari 58 lap di GP Abu Dhabi. Hal tersebut membuat Verstappen telah memimpin balapan sebanyak 1.003 putaran sepanjang musim 2023. Torehan tersebut merupakan yang terbanyak bagi seorang pembalap dalam 1 musim.

Verstappen juga hampir selalu memimpin balapan di setiap seri musim ini. Tercatat, hanya di GP Arab Saudi dan GP Singapura di mana Verstappen tak sekalipun berada di posisi terdepan. Catatan 1.003 kali memimpin balapan juga menyamai catatan McLaren musim 1988 dengan Alain Prost dan Ayrton Senna di balik kursi kemudi.

4. Satu-satunya pembalap yang menyelesaikan semua balapan

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu Dhabi 2023Max Verstappen merayakan kemenangan di GP Abu Dhabi 2023. (twitter.com/Max33Verstappen)

Max Verstappen menjadi satu-satunya pembalap yang selalu menyentuh garis finis dari 22 balapan yang tersaji musim 2023. Hal tersebut membuktikan jika Verstappen tak hanya cepat, tetapi juga konsisten sepanjang musim. Ia tak pernah melakukan kesalahan yang membuatnya kehilangan poin. Apresiasi juga harus diberikan kepada Red Bull yang mobilnya tak pernah memiliki banyak masalah sepanjang musim berlangsung.

Konsistensi Verstappen tersebut juga membedakan Verstappen dengan para pesaingnya. Sergio Perez yang menempati posisi kedua tercatat dua kali gagal menyelesaikan balapan. Jumlah yang sama juga dialami Lewis Hamilton dan Fernando Alonso yang menghuni peringkat ketiga dan keempat. Selain itu, Verstappen juga hanya sekali luput dari podium, yakni di GP Singapura ketika finis kelima.

5. Red Bull dekati rekor kemenangan Williams

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Abu Dhabi 2023Pastor Maldonado menjuarai GP Spanyol 2012. (formula1.com)

Kemenangan GP Abu Dhabi yang diraih Max Verstappen merupakan kemenangan ke-113 bagi Red Bull. Mereka saat ini merupakan tim dengan jumlah kemenangan terbanyak keempat dalam sejarah Formula 1. Jumlah tersebut hampir menyamai perolehan kemenangan Williams dengan 114 kemenangan.

Jumlah tersebut sepertinya bakal dilewati dengan mudah oleh Red Bull musim depan. Mengingat, Williams sudah cukup lama tak memiliki mobil yang kompetitif untuk meraih kemenangan. Pembalap terakhir yang mempersembahkan kemenangan bagi Williams adalah Pastor Maldonado di GP Spanyol 2012. 

Max Verstappen tak hanya menorehkan kemenangan pada seri pamungkas Formula 1 2023 di GP Abu Dhabi. Namun, ia juga membuat berbagai catatan mengagumkan yang semakin menunjukkan dominasinya musim ini.

Baca Juga: Formula 1 Berencana Menggunakan AI untuk Memantau Track Limit

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya