5 Fakta Menarik Kemenangan Lewis Hamilton di F1 GP Inggris

Hamilton akhiri puasa kemenangan

Intinya Sih...

  • Lewis Hamilton akhirnya menjuarai Formula 1 GP Inggris 2024 setelah 56 balapan tanpa kemenangan.
  • Hamilton mencatatkan rekor sebagai pembalap dengan kemenangan terbanyak di Sirkuit Silverstone, yaitu sembilan kali.
  • Dengan kemenangan di GP Inggris 2024, Hamilton memecahkan rekor jarak waktu terjauh antara kemenangan pertama dan terakhir.

Lewis Hamilton berhasil mengakhiri puasa kemenangan setelah menjuarai Formula 1 GP Inggris, Minggu (7/7/2024). Balapan berlangsung cukup seru karena kondisi cuaca yang berubah-ubah. Hal itu membuat strategi pergantian ban menjadi cukup krusial untuk mengamankan kemenangan.

Hamilton yang mengawali balapan dari posisi kedua sempat menjalani duel dengan George Russell serta duo McLaren, Lando Norris dan Oscar Piastri, pada awal balapan. Strategi apik yang dimainkan Mercedes yang mengganti ban intermediate ke ban slick lebih cepat berbuah manis bagi Hamilton. Ia berhasil mendahului Lando Norris yang tertahan cukup lama saat melakukan pergantian ban.

Pada akhir balapan, Max Verstappen sempat mengancam posisi terdepan milik Hamilton. Namun, pembalap Red Bull tersebut tak memiliki cukup waktu sebelum balapan berakhir. Hamilton keluar sebagai pemenangan diikuti Verstappen dan Norris.

Dengan menjuarai GP Inggris, Hamilton berhasil memutus puasa kemenangan dalam 56 balapan. Selain itu, ia juga menciptakan beberapa rekor dan catatan menarik.

1. Kemenangan pertama Hamilton sejak GP Arab Saudi 2021

Lewis Hamilton sempat puasa kemenangan cukup lama sebelum akhirnya menjuarai GP Inggris 2024. Sebelumnya, Hamilton sudah tak berada di puncak podium dalam 56 balapan secara beruntun. Terakhir kali tujuh kali juara dunia tersebut meraih kemenangan terjadi di GP Arab Saudi 2021.

Mulai 2022, Hamilton cukup kesulitan untuk meraih kemenangan bahkan sekadar berada di atas podium. Pendekatan Mercedes terhadap regulasi ground effect yang tak cukup baik membuat Hamilton cukup menderita. Terbukti, selain kemenangan Hamilton, Mercedes baru meraih dua kemenangan yang semuanya diraih George Russell. 

2. Pembalap dengan kemenangan terbanyak di satu sirkuit

5 Fakta Menarik Kemenangan Lewis Hamilton di F1 GP InggrisLewis Hamilton meraih kemenangan di GP Inggris 2024. (twitter.com/F1)

Dengan raihan kemenangan pada 2024, Lewis Hamilton telah menang sebanyak sembilan kali di Sirkuit Silvestone. Sebelumnya, Hamilton pernah merajai Sirkuit Silverstone pada 2008, 2014, 2015, 2016, 2017, 2019, 2020, dan 2021. Itu merupakan sebuah rekor untuk kemenangan terbanyak di satu sirkuit Formula 1. 

Hamilton sukses melewati rekor milik Michael Schumacher yang delapan kali menjadi juara di Sirkuit Magny-Cours. Selain Silverstone, sirkuit lain yang disukai Hamilton adalah Sirkuit Hungaroring dan Sirkuit Gilles Villeneuve. Pembalap asal Inggris tersebut masing-masing mencatatkan 8 dan 7 kemenangan.

Baca Juga: 5 Kenangan Lewis Hamilton Jelang GP Inggris Terakhir Bareng Mercedes

3. Pembalap tertua yang memenangi balapan sejak 2000

5 Fakta Menarik Kemenangan Lewis Hamilton di F1 GP InggrisLewis Hamilton dan Kimi Raikkonen (formula1.com)

Pada usia 39 tahun dan 182 hari, Lewis Hamilton merupakan pemenangan balapan tertua sejak 2000. Ia memecahkan rekor milik Kimi Raikkonen ketika menjuarai GP Amerika Serikat 2018. Ketika itu, Raikkonen berusia 39 tahun dan 4 hari. Namun, catatan milik Hamilton bisa saja pecah jika Fernando Alonso yang kini berusia 42 tahun meraih kemenangan.

Meski begitu, Hamilton bukanlah pemenang balapan tertua sepanjang sejarah Formula 1. Rekor tersebut masih dipegang Luigi Fagioli yang menjuarai GP Prancis 1951 pada usia 53 tahun dan 22 hari. Terdapat sepuluh pembalap yang pernah menjadi juara setelah berusia 40 tahun.

4. Pembalap pertama yang meraih kemenangan setelah menjalani 300 balapan

5 Fakta Menarik Kemenangan Lewis Hamilton di F1 GP InggrisLewis Hamilton menjuarai GP Inggris 2024. (formula1.com)

Sepanjang sejarah Formula 1, hanya ada 6 pembalap yang mampu mencatatkan lebih dari 300 balapan. Mereka adalah, Jenson Button, Michael Schumacher, Rubens Barrichello, Lewis Hamilton, Fernando Alonso, dan Kimi Raikkonen. Menariknya, meski mereka merupakan pembalap hebat, tak ada yang pernah meraih kemenangan setelah melakoni balapan ke-300.

Namun, catatan tersebut akhirnya pecah setelah Hamilton berhasil meraih kemenangan di GP Inggris 2024. Itu merupakan balapan ke-344 bagi Hamilton, sekaligus kemenangan pertama sejak mencapai 300 balapan. Selain Hamilton, pembalap lain yang berpotensi melakukan hal serupa adalah Fernando Alonso yang kini membalap untuk Aston Martin.

5. Pembalap dengan jarak terjauh antara kemenangan pertama dan terakhir

5 Fakta Menarik Kemenangan Lewis Hamilton di F1 GP InggrisLewis Hamilton menjuarai GP Kanada 2007. (twitter.com/McLarenF1)

Lewis Hamilton meraih kemenangan pertamanya di GP Kanada 2007. Kemenangan itu berjarak 17 tahun dan 1 bulan dari kemenangan di GP Inggris 2024. Hal itu membuat Hamilton memegang rekor sebagai pembalap dengan jarak terjauh antara kemenangan pertama dan terakhir.

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Kimi Raikkonen. Pembalap asal Finlandia tersebut memiliki jarak 15 tahun antara kemenangan pertama di GP Malaysia 2003 dan kemenangan terakhir di GP Amerika Serikat 2018. Hamilton bisa saja memperlebar rekor tersebut karena saat ini masih aktif sebagai pembalap. 

Satu-satunya pembalap yang bisa memecahkan rekor milik Hamilton adalah Fernando Alonso. Pembalap asal Spanyol tersebut pertama kali meraih kemenangan di GP Hungaria 2003. Jika Alonso tahun ini menjadi juara, ia akan berjarak 21 tahun antara kemenangan pertama dan terakhir.

Lewis Hamilton akhirnya memutus rentetan puasa kemenangan dalam 56 balapan. Kemenangan itu makin spesial karena diraih di GP Inggris, tepat di hadapan para pendukungnya. Kemenangan Hamilton makin lengkap karena ia berhasil mencatatkan beberapa rekor. 

Baca Juga: 11 Foto Podium Formula 1 GP Austria Terkini, dari 2014 hingga 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya