6 Pemain Wilayah Timur NBA yang Bela AS di Olimpiade 2024

Tiga pemain dari tim juara NBA 2024 #Olimpiade2024

Intinya Sih...

  • Boston Celtics juara NBA 2023/2024, tiga pemainnya dipanggil untuk Olimpiade 2024 Paris.
  • Bam Adebayo (Miami Heat), Tyrese Haliburton (Indiana Pacers), dan Joel Embiid (Philadelphia 76ers) akan memperkuat Timnas AS.
  • Derrick White menggantikan Kawhi Leonard di timnas, sementara Jrue Holiday dan Jayson Tatum juga siap bersaing di Olimpiade.

Boston Celtics keluar sebagai juara NBA 2023/2024. Mereka tangguh di Wilayah Timur sehingga mampu menjadi yang terbaik musim lalu. Tidak heran tiga pemain Celtics juga dipanggil Timnas Putra Amerika Serikat untuk Olimpiade 2024 Paris.

Bersama ketiganya, pemain lain dari Wilayah Timur NBA ikut dipanggil untuk memperkuat barisan. Mereka terdiri dari Bam Adebayo, Tyrese Haliburton, dan Joel Embiid. Masing-masing bermain untuk Miami Heat, Indiana Pacers, dan Philadelphia 76ers.

1. Bam Adebayo (Miami Heat) jadi langganan timnas akhir-akhir ini

6 Pemain Wilayah Timur NBA yang Bela AS di Olimpiade 2024Bam Adebayo saat berlatih bersama Timnas Amerika Serikat untuk Olimpiade 2024 Paris. (usab.com)

Edrice Femi Adebayo alias Bam memulai kariernya di NBA pada 2017. Dia bermain untuk Miami Heat di Wilayah Timur NBA. Adebayo sempat membawa timnya ke final, tetapi belum sempat juara.

Berbeda dengan Miami Heat, Bam Adebayo justru sudah pernah juara bersama Timnas Amerika Serikat. Dia juara saat membela AS di Olimpiade 2020. Bersama sejumlah rekan setimnya di Negeri Paman Sam, Adebayo membawa pulang medali emas dari Tokyo, Jepang.

Baca Juga: 6 Pemain Wilayah Barat NBA yang Bela AS di Olimpiade 2024

2. Joel Embiid (Philadelphia 76ers) debut untuk Timnas AS sebagai pemain naturalisasi

6 Pemain Wilayah Timur NBA yang Bela AS di Olimpiade 2024Joel Embiid membela Timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2024 Paris. (usab.com)

Joel Embiid lahir dan besar di Kamerun. Namun, dia meniti karier sebagai seorang pemain bola basket di luar negeri. Embiid bermain di NBA mulai pada 2014. Dia lantas menjelma sebagai seorang Most Valuable Player (MVP) belakangan ini.

Lama tinggal di Amerika Serikat, Embiid akhirnya mendapatkan status kewarganegaraan di sana melalui skema naturalisasi. Sebelumnya, dia juga mendapatkan kewarganegaraan Prancis. Namun, Embiid memutuskan membela Amerika Serikat di Olimpiade 2024 Paris, sehingga memantik amarah warga Prancis yang tadinya mengharapkannya bermain untuk Timnas Prancis.

3. Tyrese Haliburton (Indiana Pacers) baru pertama kali tampil di Olimpiade

6 Pemain Wilayah Timur NBA yang Bela AS di Olimpiade 2024Tyrese Haliburton bermain untuk Timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2024 Paris. (usab.com)

Nama Tyrese Haliburton melejit akhir-akhir ini. Dia menjadi wajah utama Indiana Pacers di Wilayah Timur NBA. Haliburton juga sempat bermain di Piala Dunia 2023 meski tidak berprestasi.

Ini lantas menjadi kesempatan Haliburton memperbaiki catatan kariernya bersama timnas. Dia debut di Olimpiade untuk menjadi yang terbaik. Bersama 6 pemain Wilayah Timur NBA dan 6 pemain Wilayah Barat NBA, Haliburton akan bahu-membahu demi medali emas. Jika berhasil, maka itu akan menjadi medali emas pertamanya untuk AS setelah medali emas di tingkat Piala Dunia U-19 pada 2019 silam.

4. Derrick White (Boston Celtics) menggantikan Kawhi Leonard yang mengundurkan diri

6 Pemain Wilayah Timur NBA yang Bela AS di Olimpiade 2024Derrick White bermain untuk Timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2024 Paris. (usab.com)

Derrick White merupakan 1 dari 3 pemain Boston Celtics yang menjadi juara NBA 2023/2024. Setelah penampilannya yang impresif, Steve Kerr, pelatih Timnas Amerika Serikat, pun memanggilnya ke timnas. Dia memanggilnya untuk menggantikan Kawhi Leonard (Los Angeles Clippers) yang mengundurkan diri.

White sendiri merupakan nama lama. Dia sudah bermain untuk Timnas AS sejak 2018. White bahkan sempat bermain di Piala Dunia 2019. Sayangnya, dia belum berprestasi bersama timnas. Olimpiade 2024 Paris akan menjadi kesempatan baru untuk menjadi yang terbaik.

5. Jrue Holiday (Boston Celtics) pernah juara bersama Timnas Amerika Serikat

6 Pemain Wilayah Timur NBA yang Bela AS di Olimpiade 2024Jrue Holiday bermain untuk Timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2024 Paris. (usab.com)

Jrue Holiday juga bukan nama asing. Lemari prestasinya cukup mentereng. Dia pernah menjadi juara NBA sebanyak dua kali. Gelar juara terakhirnya terjadi bersama Boston Celtics pada 2023/2024.

Holiday juga sempat membawa Timnas Amerika Serikat naik ke podium tertinggi di Olimpiade. Lebih tepatnya, dia membantu Paman Sam juara di Olimpiade 2020 Tokyo. Saat itu, Holiday bermain bersama Bam Adebayo.

6. Jayson Tatum (Boston Celtics) jadi 1 dari 5 pemain AS yang tampil di Olimpiade 2020 dan 2024

6 Pemain Wilayah Timur NBA yang Bela AS di Olimpiade 2024Jayson Tatum berlatih bersama Timnas Amerika Serikat untuk Olimpiade 2024 Paris. (usab.com)

Sama seperti Bam Adebayo dan Jrue Holiday dalam daftar ini, Jayson Tatum juga pemain berpengalaman. Dia ikut juara di Olimpiade 2020 Tokyo. Sebagai salah satu wajah utama Boston Celtics, kemampuannya memang telah teruji di berbagai ajang, termasuk bersama Amerika Serikat di ajang olahraga multicabang sekelas Olimpiade.

Medali Olimpiade bahkan bukan satu-satunya medali yang didapatnya bersama Paman Sam. Pada level kelompok umur, andalan Celtics itu telah mengantongi dua medali emas dari Piala Dunia U-19 dan U-17. Olimpiade 2024 tentu akan menjadi kesempatannya mendapatkan lebih banyak medali.

Mungkinkah Jayson Tatum dkk. juara di Olimpiade? Kemungkinan itu besar. Apalagi, Timnas Amerika Serikat dihiasi berbagai nama beken. Selain 6 pemain Wilayah Timur NBA yang bela AS di Olimpiade 2024 di atas, ada juga 6 pemain Wilayah Barat NBA seperti LeBron James dan Kevin Durant.

Baca Juga: 3 Kegagalan Tim Basket Amerika Serikat Meraih Emas Olimpiade

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya