5 Pemain Timnas Basket AS yang Akan Debut di Olimpiade 2024

Dari Stephen Curry sampai Joel Embiid

Tim Nasional Amerika Serikat akan tampil dengan kekuatan terbaik di Olimpiade 2024 Paris. Mereka telah memanggil sejumlah nama beken dari NBA, liga bola basket terbaik di dunia. Bahkan, LeBron James, megabintang sekaligus pemain tertua di NBA 2023/2024, ikut turun tangan.

Selain James, ada pula Stephen Curry, pemain NBA dengan total empat cincin juara. Ini akan menjadi debut Curry di Olimpiade meski sudah berpengalaman bersama tim nasional di turnamen lain. Bersama empat superstar tambahan, ini daftar lengkap pemain Timnas Basket AS yang akan debut di Olimpiade 2024.

1. Stephen Curry, empat kali juara NBA, rupanya belum pernah tampil di Olimpiade

5 Pemain Timnas Basket AS yang Akan Debut di Olimpiade 2024Stephen Curry menjadi pencetak tripoin terbanyak sepanjang masa pada Desember 2021. (nba.com)

Stephen Curry merupakan peraih dua kali NBA Most Valuable Player (MVP). Bersama Golden State Warriors, dirinya kerap menjadi andalan utama. Mereka bahkan mampu membentuk sebuah dinasti sejak 2015. Itu pulalah yang membuat Curry sibuk sehingga belum pernah membela Timnas Amerika Serikat di Olimpiade.

Curry baru akan tampil di ajang multicabang olahraga itu pada 2024. Namun, dia sudah berpengalaman membela Timnas AS di ajang lain, seperti Piala Dunia. Curry bahkan punya dua medali emas dari Piala Dunia 2010 dan 2014. Dia tentu akan menjadi tambahan energi yang baik untuk Timnas AS di Olimpiade 2024.

2. Tyrese Haliburton debut di Olimpiade 2024 setelah ikut Piala Dunia 2023

5 Pemain Timnas Basket AS yang Akan Debut di Olimpiade 2024Tyrese Haliburton (nba.com)

Nama Tyrese Haliburton tengah naik daun belakangan ini. Dia mampu menjadi pemain andalan Indiana Pacers, terutama pada 2023/2024 saat mereka sukses menembus Final Wilayah Timur NBA. Haliburton juga anggota Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2023.

Dengan performanya saat ini, tidak heran Haliburton mendapat panggilan lagi dari Steve Kerr, kepala pelatih Timnas AS. Sang pemain akan dibawa ke Prancis untuk menghadapi tim basket dari seluruh dunia. Dia sekaligus bisa menjadi tenaga muda yang penting untuk regenerasi tim.

Baca Juga: 5 Penampilan Terbaik Tyrese Haliburton pada Paruh Musim NBA 2023/2024

3. Anthony Edwards pun akan tampil di Olimpiade 2024 setelah ikut Piala Dunia 2023

5 Pemain Timnas Basket AS yang Akan Debut di Olimpiade 2024Anthony Edwards (twitter.com/timberwolves)

Anthony Edwards disebut-sebut sebagai calon wajah utama NBA. Penampilannya belakangan ini juga baik sekali. Dia mampu membawa Minnesota Timberwolves ke tempat terbaik di NBA 2023/2024, melebihi pencapaian mereka pada musim lalu.

Sama seperti Haliburton, Edwards juga anggota Timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2023. Dia kembali ke tim nasional karena performa memukaunya. Edwards mungkin akan menjadi kepingan penting tim asuhan Steve Kerr untuk meraih medali emas di Olimpiade 2024.

4. Kawhi Leonard, dua kali juara NBA, ternyata juga belum pernah tampil di Olimpiade

5 Pemain Timnas Basket AS yang Akan Debut di Olimpiade 2024Kawhi Leonard memegang Trofi Larry O'Brien saat Toronto Raptors juara NBA pada 2019. (nba.com)

Kawhi Leonard menjadi kepingan terakhir Timnas Amerika Serikat untuk Olimpiade 2024. Dia mengisi slot terakhir tim nasional setelah sempat kosong. Pengumumannya mendapat perhatian dari banyak kalangan. Pasalnya, Leonard bisa menambah kuat timnas yang sudah bertabur bintang.

Leonard sendiri merupakan nama veteran. Dia sudah bermain di NBA sejak 2011 dengan gelimang prestasi seperti 2 kali juara NBA dan 2 kali NBA Finals MVP. Namun, karena cedera dan beberapa alasan lain, Leonard belum pernah bermain di turnamen resmi bersama Timnas AS. Olimpiade 2024 akan menjadi debutnya.

5. Joel Embiid akan membela Timnas Amerika Serikat di Olimpiade setelah dinaturalisasi

5 Pemain Timnas Basket AS yang Akan Debut di Olimpiade 2024Joel Embiid (Philadelphia 76ers) menghadapi Precious Achiuwa (New York Knicks) di NBA. (twitter.com/sixers)

Joel Embiid aslinya bukan pemain Amerika Serikat. Dia kelahiran Kamerun yang kemudian dinaturalisasi dua negara. Embiid sempat ingin bermain untuk Timnas Prancis pada 2023 sebelum memutuskan membela Timnas Amerika Serikat pada 2024.

Pemain berlabel NBA MVP 2023 itu akan menjadi kekuatan baru Timnas AS di Olimpiade tahun ini. Dia berpotensi menjadi poros utama di tim asuhan Steve Kerr meski tetap harus bersaing dengan superstar lain, seperti Anthony Davis dan Bam Adebayo di posisi yang sama. Satu hal yang pasti, Embiid akan bersanding dengan empat debutan dalam daftar ini untuk meraih medali emas cabang olahraga bola basket 5 lawan 5.

Joel Embiid dan pemain Timnas Basket AS yang akan debut di Olimpiade 2024 tentu memiliki kualitas jempolan. Mereka deretan terbaik yang diharapkan muncul di ajang multicabang olahraga 4 tahunan. Setelah masa sulit di Piala Dunia, akhirnya Timnas AS punya skuad yang dianggap mumpuni. Mereka bahkan diprediksi juara dengan mudah di Prancis nanti.

Baca Juga: 5 Fakta Joel Embiid, Superstar Philadelphia 76ers

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya