Russell Westbrook Akhirnya ke Denver Nuggets

Bisa berkontribusi besar

Intinya Sih...

  • Los Angeles Clippers melakukan sign and trade Russell Westbrook ke Utah Jazz
  • Westbrook akhirnya bergabung dengan Denver Nuggets setelah buyout oleh Jazz
  • Westbrook akan membantu mengisi kebutuhan posisi guard di Nuggets dan memperkuat tim inti maupun pelapis

Russell Westbrook merupakan salah satu point guard tersohor di NBA. Koleksi sembilan All-Star menjadi buktinya. Pada musim panas 2024 ini, namanya makin sering disebut. Sebab, dia terjerembab dalam dinamika transfer yang cukup rumit.

Los Angeles Clippers awalnya mengirim Westbrook ke Utah Jazz melalui skema sign and trade untuk seorang Kris Dunn. Namun, Jazz melakukan buyout sehingga Westbrook kembali menjadi pemain free agent. Oleh karena hal tersebut, Westbrook bisa bergabung dengan Denver Nuggets. Dia kemudian menandatangani kontrak berdurasi 2 tahun senilai 6,8 juta dolar AS (sekitar Rp110 miliar).

1. Utah Jazz jadi tempat lewat Russell Westbrook

Russell Westbrook Akhirnya ke Denver NuggetsRussell Westbrook (nba.com)

Los Angeles Clippers melakukan pertukaran dengan Utah Jazz untuk mendapatkan Kris Dunn. Clippers rela mengirim Russell Westbrook, hak pilihan putaran kedua, dan uang tunai. Jazz kemudian melakukan buyout sehingga Westbrook bisa berlabuh ke Denver Nuggets sebagai pemain free agent.

Kasus seperti ini bukanlah hal baru bagi Jazz dan Westbrook. Mereka pernah melakukannya pada Februari 2023. Westbrook kala itu bergabung dengan Utah Jazz dalam pertukaran tiga tim yang melibatkan Los Angeles Lakers dan Minnesota Timberwolves. Tak berselang lama, Jazz melakukan buyout dan Westbook menandatangani kontrak bersama Los Angeles Clippers.

2. Denver Nuggets sedang butuh tambahan guard

Russell Westbrook Akhirnya ke Denver NuggetsRussell Westbrook (nba.com)

Keputusan Denver Nuggets mendatangkan Russell Westbrook tidak terlalu mengejutkan. Mereka memang sedang butuh tambahan pemain di posisi guard. Nuggets sebelumnya kehilangan Reggie Jackson yang ditukar ke Charlotte Hornet dan Kentavious Cadwell-Pope yang bergabung dengan Orlando Magic sebagai pemain agen bebas.

Dari sekian banyak point guard yang tersedia pada musim panas 2024, Nuggets akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Westbrook. Wajar saja, dia punya nama besar yang menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Westbrook pun melengkapi kepingan yang sempat hilang dari komposisi roster Nuggets.

Baca Juga: 5 Pencetak Triple-Double Terbanyak Sepanjang Masa di NBA 2024

3. Russell Westbrook akan membuat bangku cadangan Denver Nuggets makin solid

Russell Westbrook Akhirnya ke Denver NuggetsRussell Westbrook (nba.com)

Russell Westbrook sudah melewati masa kejayaannya. Peran di dalam tim pun mulai berkurang. Tidak lagi tampil sebagai starter, Westbrook kini lebih banyak membantu lewat bangku cadangan. Hal itu terlihat saat dirinya berseragam Los Angeles Clippers dan disinyalir akan tetap berlanjut di Denver Nuggets.

Kendati demikian, Westbrook akan diproyeksikan sebagai pemimpin di unit kedua Nuggets yang mayoritas berisikan pemain muda. Selain karena pengalaman menterengnya, Westbrook merupakan tipe pemain yang bisa membawa energi positif ketika tampil di atas lapangan. Dia juga masih memiliki agresivitas dalam hal menyerang dan bertahan. 

4. Denver Nuggets diperkuat dua pemain aktif dengan triple-double terbanyak

Russell Westbrook Akhirnya ke Denver NuggetsTorehan triple-double Russell Westbrook dan Nikola Jokic. (instagram.com/nuggets)

Bergabungnya Russell Westbrook ke Denver Nuggets menciptakan hal menarik. Nuggets bakal diperkuat dua pemain aktif dengan torehan triple-double terbanyak di NBA. Westbrook saat ini mengoleksi 199 triple-double. Kemudian, bintang utama Nuggets, Nikola Jokic, mengemas 130 triple-double

Punya dua pemain dengan kemampuan komplet tentu menjadi nilai lebih bagi Nuggets. Apalagi, Westbrook dan Jokic kemungkinan besar tidak akan turun secara bersamaan. Dengan begitu, mereka berdua bisa tampil maksimal tanpa saling berebut dominasi. Hal itu juga membuat permainan antara tim inti dengan tim pelapis Nuggets menjadi lebih berimbang. 

5. Russell Westbrook punya harapan untuk meraih cincin juara NBA bersama Denver Nuggets

Russell Westbrook Akhirnya ke Denver NuggetsRussell Westbrook (nba.com)

Hengkang dari Los Angeles Clippers ke Denver Nuggets merupakan langkah yang baik bagi Russell Westbrook. Nuggets merupakan tim juara NBA 2023 dan kualitasnya sedikit di atas Clippers. Dengan begitu, Westbrook punya harapan besar untuk memenangkan cincin juara NBA pertama kalinya.

Westbrook sendiri cukup kesulitan mewujudkan hal tersebut. Berkarier di NBA sejak 2008, dia baru sekali tampil di final pada 2012 saat membela Oklahoma City Thunder dan berakhir dengan kegagalan. Waktu yang dimiliki Westbrook juga makin terbatas. Dia sudah berusia 35 tahun dan mendekati masa-masa pensiun. 

Russell Westbrook kembali membuka lembaran baru pada musim panas 2024. Dia berbagung dengan salah satu tim pesaing gelar, Denver Nuggets. Patut untuk dinantikan bagaimana performa Westbrook selama memperkuat tim asal Colorado itu.

Baca Juga: 5 Tim yang Pernah Dibela Russell Westbrook di NBA

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya