5 Pebasket Pria dengan Torehan Poin Terbanyak di Olimpiade

Patty Mills baru masuk daftar #Olimpiade2024

Intinya Sih...

  • Patty Mills masuk daftar lima besar pebasket dengan torehan poin terbanyak di Olimpiade 2024 Paris
  • Mills menggeser posisi Manu Ginobili dengan total 525 poin setelah dua laga di Olimpiade
  • Luis Scola, Pau Gasol, Andrew Gaze, dan Oscar Schmidt merupakan pebasket lain dengan torehan poin tertinggi di Olimpiade

Banyak pebasket hebat yang berkumpul di Olimpiade 2024 Paris. Mereka diharapkan bisa tampil sebagus mungkin guna membawa negaranya meraih prestasi tertinggi. Di lain sisi, para pebasket itu juga mendapat kesempatan untuk mengejar rekor pribadi. Salah satunya ialah torehan poin

Pebasket asal Australia, Patty Mills, telah menjadi contoh nyata. Namanya baru-baru ini menembus daftar lima besar pebasket dengan torehan poin terbanyak di Olimpiade. Lantas, selain Mills, siapa sajakah pebasket yang berada dalam daftar tersebut? 

1. Patty Mills mencatat 525 poin dan masih akan terus bertambah

5 Pebasket Pria dengan Torehan Poin Terbanyak di OlimpiadePatty Mills membela Australia di Olimpiade 2024. (fiba.basketball)

Shooting guard andalan Australia, Patty Mills, baru mengumpulkan 501 poin sebelum Olimpiade 2024 bergulir. Namun, setelah melakoni dua laga di Olimpiade 2024, pundi-pundi poin Mills otomatis bertambah. Dia kini mengoleksi 525 poin. Jumlah tersebut membawa Mills menembus lima besar pebasket dengan torehan poin terbanyak di Olimpiade. Dia menggeser posisi yang sebelumnya ditempati oleh Manu Ginobili dengan total 523 poin. 

Torehan poin Mills juga akan terus bertambah, mengingat Australia masih menyisakan satu laga di Grup A melawan Yunani. Belum lagi jika Australia berhasil melaju ke fase gugur. Kendati demikian, Olimpiade 2024 bisa menjadi terakhir kalinya Mills bermain di turnamen multicabang olahraga tersebut. Sebab, usia sang pebasket sudah cukup uzur, 35 tahun.

2. Koleksi 591 poin, posisi Luis Scola berpotensi disalip Patty Mills

5 Pebasket Pria dengan Torehan Poin Terbanyak di OlimpiadeLuis Scola (olympics.com)

Luis Scola melakoni Olimpiade pertamanya pada 2004 silam. Kala itu, dia langsung membawa Argentina merebut medali emas. Scola pun tetap diandalkan pada edisi-edisi berikutnya hingga Olimpiade 2020. Dalam lima kali edisi Olimpiade, Scola sukses menorehkan 591 poin.

Jumlah tersebut membuat Scola bertengger di posisi keempat pebasket dengan poin terbanyak di Olimpiade. Namun, posisi Scola kini terancam tergeser. Torehan poinnya hanya berjarak 66 poin dari Patty Mills, pebasket yang masih bermain di Olimpiade 2024 ini.

Baca Juga: 6 Pemain Wilayah Timur NBA yang Bela AS di Olimpiade 2024

3. Pau Gasol menempati posisi ketiga dengan catatan 649 poin

5 Pebasket Pria dengan Torehan Poin Terbanyak di OlimpiadePau Gasol (olympics.com)

Pau Gasol layak disebut sebagai pebasket terbaik yang pernah dimiliki Spanyol. Sebab, selama era Gasol, Spanyol cukup bersinar di Olimpiade. Gasol sendiri pertama kali tampil di Olimpiade 2004 dan berakhir di Olimpiade 2020. Dalam lima edisi tersebut, dia berhasil membawa Spanyol merengkuh medali sebanyak tiga kali.

Gasol mempersembahkan medali perak di Olimpiade 2008 dan 2012 serta medali perunggu di Olimpiade 2016. Center setinggi 215 cm ini menjadi tumpuan utama Spanyol hingga mampu mengemas 649 poin. Namanya pun menempati posisi ketiga dalam daftar pencetak poin terbanyak di Olimpiade.

4. Andrew Gaze kumpulkan 789 poin dalam 5 edisi Olimpiade

5 Pebasket Pria dengan Torehan Poin Terbanyak di OlimpiadeAndrew Gaze (fiba.basketball.)

Sebelum Patty Mills, Australia juga punya sosok yang begitu diandalkan pada masa lampau. Dia adalah Andrew Gaze. Gaze mewakili Australia dalam lima edisi. Itu dimulai dari Olimpiade 1984 sampai Olimpiade 2000 yang berlangsung di negara asalnya.

Gaze sendiri tampil sangat produktif. Torehan 789 poin berhasil dibukukan sang pebasket. Jumlah itu menempatkannya di posisi kedua dalam daftar pencetak poin terbanyak di Olimpiade. Meski begitu, Gaze gagal mempersembahkan satu pun medali untuk Australia.

5. Oscar Schmidt kokoh di puncak dengan torehan 1.096 poin

5 Pebasket Pria dengan Torehan Poin Terbanyak di OlimpiadeOscar Schmidt (olympics.com)

Pebasket dengan torehan poin terbanyak di Olimpiade dipegang oleh Oscar Schmidt. Menariknya, Schmidt bukan berasal dari negara unggulan dalam olahraga bola basket, yaitu Brasil. Schmidt mulai mewakili Brasil di Olimpiade pada 1980. Dia terus menjadi tulang punggung Brasil hingga kiprahnya terhenti di Olimpiade 1996.

Selama lima edisi Olimpiade yang dilakoni, Schmidt sukses membukukan 1.093 poin. Jumlah yang sangat fantastis. Dia bahkan pernah mencetak 55 poin dalam satu laga. Rekor Schmidt itu bakal sulit dipecahkan oleh pebasket lain.

Dari kelima pebasket di atas, hanya Patty Mills yang masih aktif bermain. Sedangkan, sisanya sudah pensiun. Meski begitu, nama mereka masih tercatat dalam rekor Olimpiade. 

Baca Juga: 4 Pemain Sudan Selatan di Olimpiade 2024 yang Pernah Main di NBA

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Abyakta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya