Los Angeles Lakers Minim Pergerakan pada Musim Panas 2024

Sulit datangkan pemain baru

Sejumlah kontestan NBA cukup serius untuk memperkuat tim pada musim panas 2024. Mereka mendatangkan pemain yang diharapkan bisa memberi kontribusi. Namun, hal tersebut tidak terlihat di tim dengan koleksi 17 gelar juara NBA, Los Angeles Lakers.

Tim asal California itu belum mendatangkan pemain baru, selain Dalton Knecht dan Bronny James Jr yang dipilih di NBA Draft 2024. Kondisi itu tentu cukup mengherankan. Biasanya, Lakers sangat gencar mendatangkan pemain setiap kali ada kesempatan.

1. Lebih dahulu fokus membangun staf kepelatihan

Los Angeles Lakers Minim Pergerakan pada Musim Panas 2024JJ Redick dipilih menjadi pelatih Los Angeles Lakers. (nba.com)

Los Angeles Lakers mengalami kegagalan di NBA 2023/2024. Langkah mereka harus terhenti pada putaran pertama NBA Playoff. Lakers kemudian memecat sang kepala pelatih, Darvin Ham, beserta jajaran asistennya. Beberapa kandidat muncul sebagai pengganti Ham.

Namun, pilihan akhir jatuh kepada JJ Redick. Keputusan Lakers itu terbilang sangat berani. Pasalnya, Redick belum punya pengalaman menjadi pelatih. Sadar akan resiko tersebut, Lakers pun menyiasatinya dengan merekrut asisten pelatih berpengalaman untuk mendampingi Redick.

Sudah ada dua nama yang berhasil didatangkan. Mereka adalah Scott Brooks dan Nate McMillan. Brooks sempat menjadi pelatih kepala Oklahoma City Thunder dan Washinghton Wizard. Sedangkan, McMillan rekam jejaknya lebih mentereng. Ia pernah melatih Seattle SuperSonics atau kini bernama Oklahoma City Thunder, Portland Trail Blazzers, Indiana Pacers, dan Atlanta Hawks.

Kehadiran mereka jelas meringankan tugas Redick. Lakers juga masih mengincar beberapa nama untuk mengisi staf kepelatihan. Sosok Dwayne Casey dan Alvin Gentry berada dalam radar Lakers.

2. Baru mendatangkan Dalton Knecht dan Bronny James Jr melalui NBA Draft 2024

Los Angeles Lakers Minim Pergerakan pada Musim Panas 2024Dalton Knecht dan Bronny James Jr dipilih Los Angeles Lakers di NBA Draft 2024. (nba.com)

Los Angeles Lakers mendapatkan dua sosok baru lewat NBA Draft 2024. Pemain pertama adalah Dalton Knecht. Ia terpilih di urutan 17. Knecht sejatinya prospek top di NBA Draft 2024. Namun, karena usianya telah menginjak 23 tahun, tim-tim lain ragu untuk memilih Knecht. Lakers pun diuntungkan dengan situasi tersebut.

Knecht merupakan pemain yang dibutuhkan Lakers. Ia seorang pencetak poin yang dominan serta memiliki keahlian menembak tiga angka. Pada musim terakhirnya di tim basket kampus Tennessee, Knecht mencatat rata-rata 21,7 poin per game.

Selain Knecht, Lakers juga memilih Bronny James Jr di urutan 55. Bronny merupakan putra dari bintang utama Lakers, LeBron James. Ayah dan anak keluarga James ini lantas menjadi ayah dan anak pertama yang bermain bersama di NBA.

Baca Juga: Sejarah Baru NBA, LeBron James Setim dengan Anak di Lakers

3. Sejumlah pemain bebas transfer yang diincar gagal berlabuh

Los Angeles Lakers Minim Pergerakan pada Musim Panas 2024Klay Thompson (nba.com)

LeBron James dikabarkan bersedia mengurangi gajinya apabila Los Angeles Lakers mendatangkan pemain penting di bursa bebas transfer musim panas 2024. Lakers pun berupaya mengabulkan keinginan tersebut. Sejumlah nama besar mereka incar, seperti James Harden, Klay Thompson, Jonas Valanciunas, Dejounte Murray, dan DeMar DeRozan.

Akan tetapi, tidak ada satu pun pemain dalam daftar di atas yang berhasil didatangkan Lakers. Harden memperbarui kontrak bersama Los Angeles Clippers. Thompson menolak tawaran Lakers demi bergabung ke Dallas Mavericks. Valanciunas dikontrak Washinghton Wizard, Murray berlabuh ke New Orleans Pelicans, dan DeMar DeRozan diboyong Sacramento Kings. Dengan kegagalan tersebut, LeBron James memperpanjang kontraknya bersama Lakers tanpa gaji yang menurun.

4. Masih berpeluang mendatangkan pemain anyar lewat skema pertukaran

Los Angeles Lakers Minim Pergerakan pada Musim Panas 2024Jerami Grant (nba.com)

Upaya Los Angeles Lakers dalam meningkatkan kualitas tim menemui titik sulit. Pemain bebas transfer yang mereka incar gagal didapatkan. Kendati demikian, Lakers masih berpeluang mendatangkan pemain anyar pada musim panas 2024 ini lewat skema pertukaran dengan tim lain.

Setidaknya, ada empat pemain berposisi small forward yang masuk radar Lakers. Mereka adalah Jerami Grant dari Portland Trail Blazzers, Dorian Finney-Smith dan Cameron Johnson dari Brooklyn Nets, serta eks pemain Lakers yang kini memperkuat Washinghton Wizard, Kyle Kuzma. Namun, Lakers kembali menemui kendala lantaran tidak punya banyak aset untuk ditukarkan. Mereka mungkin akan mengorbankan salah satu pemain bintang mereka, D'Angelo Russell.

Los Angeles Lakers belum membuat gebrakan sejauh musim panas 2024 ini. Upaya mereka dalam mendatangkan pemain baru tidak berjalan mulus seperti tim-tim lain. Meski begitu, Lakers masih punya waktu untuk berbenah sebelum NBA 2024/2025 bergulir.

Baca Juga: Curry dan Green Sedih Usai Splash Brothers NBA Bubar

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya