5 Pemain Basket Putri yang Masuk All-Star Five di Olimpiade 2024

Salah satunya A'ja Wilson #Olimpiade2024

Intinya Sih...

  • A'ja Wilson dinobatkan sebagai MVP dan masuk dalam All Star Five di Olimpiade Paris 2024 setelah membawa Timnas AS meraih medali emas ke-8.
  • Gabby Williams tampil gemilang dengan statistik yang mengesankan, meraih medali perak bersama Prancis dan dinobatkan sebagai Best Defensive Player.
  • Breanna Stewart berhasil memperoleh medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro (2016), Tokyo (2020), dan Paris (2024) serta masuk dalam daftar All Star Five.

Olimpiade 2024 Paris telah usai, tetapi ada banyak hal menarik yang dapat dibahas dari gelaran multicabang olahraga terakbar ini. Salah satunya datang dari cabor bola basket putri 5x5 yang diikuti 12 negara dari berbagai penjuru dunia.

Amerika Serikat keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan tuan rumah, Prancis, dengan skor tipis 67-66 di Bercy Arena, Minggu (11/8/2024). Timnas AS tidak hanya membawa medali emas ke-8 mereka secara beruntun, tetapi juga gelar bergensi lainnya. Salah satu pemain andalan AS, A'ja Wilson, misalnya, dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP).

Sebagai MVP, Wilson otomatis masuk All-Star Five. Tim ini berisi lima pemain terbaik dari berbagai posisi selama Olimpiade di Paris. Bersama A'ja Wilson, berikut pemain basket putri yang masuk All-Star Five di Olimpiade 2024 tersebut.

1. A'ja Wilson terpilih sebagai MVP berkat konsistensinya bersama Timnas Amerika Serikat

5 Pemain Basket Putri yang Masuk All-Star Five di Olimpiade 2024A'ja Wilson (merah) bermain untuk Amerika Serikat di Olimpiade 2024 Paris. (fiba.basketball)

A'ja Wilson benar-benar menunjukkan dominasinya di Olimpiade 2024 Paris. Tak cukup dengan medali emas bersama Timnas Amerika Serikat, ia juga menyabet dua penghargaan individu. Wilson terpilih sebagai MVP sekaligus masuk All-Star Five.

Statistik yang ditorehkan bintang Las Vegas Aces ini memang mengagumkan. Selama mengikuti Olimpiade tahun ini, Wilson mencatatkan rata-rata 18,7 poin, 10,2 rebound, 1,8 assist, 1,5 steal, dan 2,7 blok dengan akurasi tembakan 59,2 persen. Efisiensi pemain berposisi forward atau center ini mencapai 25,7.

A'ja Wilson sendiri dikenal sebagai pemain tersohor di WNBA. Ia merupakan pilihan nomor satu Las Vegas Aces dari University of South Carolina di WNBA Draft 2018. Sejak bermain di sana, pemain berusia 28 tahun ini telah mengoleksi berbagai macam penghargaan elite, baik individu maupun tim.

Ia, misalnya, berhasil mengantarkan Aces menjadi juara WNBA 2022 dan 2023. Sedangkan, saat bersama Timnas AS, Wilson sedikitnya sudah mengoleksi dua medali emas dari Olimpiade 2020 Tokyo dan Olimpiade 2024 Paris. Ia juga pernah dinobatkan sebagai MVP di FIBA Women's Basketball World Cup 2022 serta WNBA 2020 dan 2022.

2. Gabby Williams (Prancis) keluar sebagai Best Defensive Player di Olimpiade 2024

5 Pemain Basket Putri yang Masuk All-Star Five di Olimpiade 2024Gabby Williams (15) bermain untuk Prancis di Olimpiade 2024 Paris. (fiba.basketball)

Pebasket andalan Prancis ini tampil gemilang sepanjang turnamen basket putri di Olimpiade 2024 Paris. Gabby Williams merupakan faktor utama Prancis saat meraih medali perak. Namanya makin bersinar setelah tampil menakjubkan menghadapi A'ja Wilson dkk di partai puncak.

Williams juga memiliki statistik yang cukup mengesankan. Pemain berdarah Prancis-Amerika Serikat ini mencetak rata-rata 15,5 poin, 4,7 rebound, dan 4,8 assist dengan akurasi tembakan 48 persen. Efisiensi permainannya sebesar 18,8 membuat Prancis terbilang tangguh.

Pemain berposisi forward ini sendiri memiliki kemampuan menyerang dan bertahan yang cukup baik. Ia kerap melakukan steal pada waktu-waktu krusial sehingga dapat menciptakan peluang bagi Prancis melakukan serangan cepat ke sisi lawan. Berkat penampilan yang luar biasa ini, ia pun dinobatkan sebagai Best Defensive Player di Olimpiade 2024. 

Pencapaian Gabby Williams bersama Les Bleues maupun klub juga terbilang mengesankan. Ia membela Prancis di Olimpiade 2020 Tokyo dan berhasil mengoleksi medali perunggu setelah mengalahkan Serbia pada perebutan tempat ketiga. Pada 2024 ini, Williams dkk berhasil meraih medali perak sebagai tuan rumah. Sementara, di level klub, Gabby Williams sempat menjadi juara EuroLeague 2022 bersama Sopron Basket serta juara EuroCup dan French Championship 2023 bersama ASVEL Féminin.

Baca Juga: Gabby Williams, Best Defensive Player di Olimpiade 2024 Paris

3. Breanna Stewart, sosok senior yang membuat Timnas Amerika Serikat makin tangguh

5 Pemain Basket Putri yang Masuk All-Star Five di Olimpiade 2024Breanna Stewart bermain untuk Amerika Serikat di Olimpiade 2024 Paris. (usab.com)

Ini ketiga kalinya Breanna Stewart berpartisipasi di Olimpiade bersama Timnas Amerika Serikat. Debutnya di Olimpiade terjadi di Rio de Janeiro, Brasil, pada 2016. Pebasket yang akrab dipanggil Stewie ini kemudian tampil apik di Olimpiade 2024. Tidak heran ia masuk daftar All-Star Five bersama koleganya, A'ja Wilson.

Pemain andalan New York Liberty ini juga menorehkan catatan yang mengagumkan tahun ini. Stewie mencetak rata-rata 16,3 poin, 5,3 rebound, dan 2,8 asssist dengan akurasi tembakan 56,7 persen. Secara keseluruhan, efisiensinya mencapai 20,3 dengan plus minus 11,8.

Stewart sendiri merupakan sosok senior. Pengalamannya dalam membela Timnas AS di berbagai turnamen internasional membuatnya layak menjadi figur pemimpin. Ia dianggap dapat mengendalikan ritme permainan selama di lapangan. 

Kesuksesan Stewart di dunia basket saat ini tidak perlu diragukan lagi. Bersama Timnas AS, ia berhasil memperoleh medali emas di Olimpiade 2016 (Rio), 2020 (Tokyo), dan 2024 (Paris). Ia juga mengantarkan mereka meraih medali emas tiga kali beruturut-turut di FIBA World Cup pada 2014, 2018, dan 2022.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 30 ini juga pernah dinobatkan sebagai MVP FIBA World Cup 2018. Sedangkan, di level klub, pencapaian terbaiknya adalah dua kali memenangkan gelar juara WNBA. Itu terjadi saat membela Seattle Storm pada 2018 dan 2020.

4. Emma Meesseman (Belgia) jadi sosok kunci tim di Olimpiade 2024

5 Pemain Basket Putri yang Masuk All-Star Five di Olimpiade 2024Emma Meesseman bermain untuk Belgia di Olimpiade 2024 Paris. (fiba.basketball)

Emma Meesseman adalah salah satu pemain basket putri fenomenal asal Belgia dengan pencapain luar biasa di Olimpiade 2024 Paris. Ia merupakan sosok kunci Timnas Belgia dalam menembus semifinal. Secara statistik, penampilannya mengagumkan, bahkan sempat mencetak rekor baru dalam sejarah Olimpiade.

Meesseman merupakan pemain basket pertama sepanjang sejarah Olimpiade yang pernah mencetak lebih dari 20 poin dalam 6 pertandingan berturut-turut. Ia juga tiga kali menjadi pemain yang mencetak lebih dari 25 poin dan 10 rebound dalam 1 pertandingan sejak Olimpiade 2020 Tokyo.

Catatan Emma Meesseman pada 2024 ini tidak kalah luar biasa. Ia mencetak rata-rata 23,3 poin, 7,5 rebound, dan 4,3 assist dengan akurasi tembakan 58,4 persen. Efisiensinya di dalam tim mencapai 28,5 dengan plus-minus 0,8. Meesseman pun dianggap layak masuk All-Star Five.

Meski Meesseman tampil menakjubkan, Timnas Belgia sayangnya harus pulang dengan tangan kosong. Mereka kalah pada semifinal saat bertemu tuan rumah, Prancis, dengan skor 75-81. Pada perebutan medali perunggu, Meesseman dkk terpaksa menelan kekalahan dari Australia dengan skor 81-85. 

Di luar Olimpiade, pencapaian Emma Meesseman ternyata cukup mentereng. Pemain bertinggi 193 cm ini berhasil mengantarkan Fenerbaçhe menjuarai EuroLeague 2023 dan 2024. Ia lantas dinobatkan sebagai MVP pada dua kesempatan itu. Meesseman juga pernah memenangkan gelar juara WNBA bersama Washington Mystic pada 2019 dan pernah masuk WNBA All-Star pada 2022 saat membela Chicago Sky.

5. Alanna Smith, faktor penting keberhasilan Timnas Australia meraih medali perunggu

5 Pemain Basket Putri yang Masuk All-Star Five di Olimpiade 2024Alanna Smith bermain untuk Australia di Olimpiade 2024 Paris. (fiba.basketball)

Timnas Bola Basket Putri Australia di bawah asuhan Sandy Brondello tampil solid di Olimpiade 2024 Paris. Alanna Smith menjadi salah satu faktor penting di balik perjuangan The Opals finis di posisi ketiga tahun ini. Kehadirannya membuat mereka bisa mendapatkan medali perunggu untuk dibawa pulang.

Smith tampil mengagumkan pada perempat final saat bertemu Serbia. Ia berhasil membawa The Opals lolos ke semifinal dengan mengantongi double-double 22 poin dan 12 rebound plus 4 assist dan 2 blok. Itu juga yang membuatnya masuk daftar top performer pada perempat final.

Statistiknya selama berlaga di Olimpiade terbilang mentereng. Alanna Smith dapat mencetak rata-rata 11,5 poin, 8 rebound, dan 2 assist. Ia mencatatkan akurasi tembakan 52 persen dengan efisiensi permainan mencapai 15,7.

Olimpiade 2024 merupakan pengalaman kedua Smith berpartisipasi di gelaran multicabor olahraga 4 tahunan. Ia pertama kali membela Timnas Australia di Olimpiade 2020 Tokyo. Di luar timnas, Smith sendiri bermain untuk Minnesota Lynx. Ia bisa berkarier di AS sejak menjadi pilihan nomor delapan Phoenix Mercury di WNBA Draft 2018. Alanna Smith juga pernah bermain untuk Indiana Fever (2022) dan Chicago Sky (2023). Sementara, di luar AS, ia sempat bermain untuk Incheon S-Birds (Korea Selatan) dan Adelaide Lightning (Australia).

All-Star Five menjadi pencapaian bergengsi bagi kelima pemain basket putri di atas. A'ja Wilson, Breanna Stewart, Gabby Williams, Emma Meesseman, dan Alanna Smith telah memberikan penampilan terbaik selama berjuang mengharumkan nama negara tahun ini. Dengan catatan yang mentereng dan kontribusi yang luar biasa kepada timnas masing-masing, mereka dianggap layak menjadi lima pemain terbaik di Olimpiade 2024 Paris.

Baca Juga: LeBron James dan A'ja Wilson jadi MVP Cabor Basket Olimpiade 2024

Karina Photo Verified Writer Karina

Writing is exploration. I write to keep my brain working.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya