Zak Brown Tak Terkejut dengan Performa MCL38 di F1 GP Belanda 2024

Lando Norris sukses finis terdepan

McLaren semringah selepas balapan Formula 1 2024 GP Belanda yang berlangsung pada Minggu (25/8/2024) malam WIB. Lando Norris sukses menuntaskan balapan di Sirkuit Zandvoort sebagai pemenang. Norris mampu mengungguli Max Verstappen yang harus puas finis runner-up.

Kemenangan Norris mendapat reaksi dari Zak Brown. CEO McLaren Racing itu tak terkejut dengan jarak waktu yang dibukukan Norris saat finis di depan Verstappen. Lantas, seperti perjuangan Norris selama balapan GP Belanda hingga berhasil meraih kemenangan?

1. Lando Norris finis terdepan dengan keunggulan  jauh atas Max Verstappen

Zak Brown Tak Terkejut dengan Performa MCL38 di F1 GP Belanda 2024Lando Norris (kiri) menyalip Max Verstappen saat balapan GP Belanda 2024. (formula1.com)

Lando Norris mendapat modal berharga sebelum balapan GP Belanda 2024. Pembalap berkebangsaan Inggris itu berhasil mengamankan pole position dengan catatan waktu 1 menit 09,673 detik. Ini menjadi pole position keempat yang diperoleh Norris selama berkiprah di Formula 1.

Setelah lampu start padam tanda balapan dimulai, Norris justru disalip Max Verstappen sebelum memasuki tikungan pertama. Meski begitu, Norris terus berusaha mengejar Verstappen untuk memimpin balapan. Upaya itu membuahkan hasil pada awal lap 18. Norris berhasil menyalip Verstappen sebelum masuk tikungan satu memanfaatkan DRS.

Selepas itu, Norris terus menjauh dari kejaran Verstappen. Norris menyudahi balapan sebagai pemenang dengan keunggulan 22,896 detik dari Verstappen. Jarak keunggulan tersebut menjadi margin kemenangan terbesar di Formula 1 2024 sejauh ini.

2. Zak Brown takjub dengan jarak finis yang diciptakan Lando Norris di GP Belanda 2024

Zak Brown Tak Terkejut dengan Performa MCL38 di F1 GP Belanda 2024Lando Norris saat menjalani balapan GP Belanda 2024. (x.com/McLarenF1)

Keberhasilan Lando Norris finis terdepan di GP Belanda mendapat sambutan baik dari Zak Brown. Ia mengaku tak terlalu terkejut dengan performa MCL38 sepanjang akhir pekan di Zandvoort. Walau demikian, Brown sedikit kaget dengan jarak finis yang mampu dibuat Norris terhadap Max Verstappen.

“Itu jarak yang besar. Kami tahu kami tampil cepat sepanjang akhir pekan. Jadi, aku tidak terkejut.

Aku sedikit terkejut pada ukuran jarak finis. Namun, begitu Norris mendapatkan kesempatan, dia mengendalikannya dengan cukup mudah. Jadi, itu sangat bagus untuk dilihat,” kata Brown dilansir Racing News 365.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Lando Norris di Formula 1 GP Belanda

3. Zak Brown meminta McLaren tak berpuas diri usai hasil oke di GP Belanda

Meski Lando Norris meraih kemenangan, Zak Brown tetap meminta McLaren untuk tak berpuas diri. Sebab, masih tersisa sembilan seri balap yang harus dihadapi. Walau begitu, Brown tetap memberi apresiasi terhadap paket peningkatan yang diterapkan tim untuk MCL38 yang menunjukkan hasil memuaskan.

“Pada akhirnya, Anda tidak benar-benar tahu tentang setiap trek sampai Anda berada di sana. Aku rasa peningkatannya bekerja dengan baik. Semua orang di McLaren telah bekerja dan terus melakukan kewajiban dengan luar biasa.

Aku pikir kami perlu tetap berpijak dengan betapa ketatnya kejuaraan dan tidak berasumsi bahwa hal ini akan berulang setiap akhir pekan. Akan tetapi, aku berharap kami bisa melakukannya beberapa kali,” ucap Brown.

4. Lando Norris memuji performa MCL38 yang mengesankan

Zak Brown Tak Terkejut dengan Performa MCL38 di F1 GP Belanda 2024Lando Norris berselebrasi usai finis pertama di GP Belanda 2024. (formula1.com)

Lando Norris turut memuji performa oke MCL38 selepas balapan GP Belanda. Ia merasa nyaman saat mengemudikan mobil tersebut meski sempat kehilangan posisi pimpinan balapan pada lap pertama. Norris menilai balapan kali ini terasa menakjubkan.

“Aku tak bisa mengatakannya sebagai balapan sempurna karena lap pertama lagi. Akan tetapi, setelah itu kecepatan mobil sangat kuat dan itu luar biasa. Aku merasa nyaman, bisa mendorong, dan menyalip Verstappen. Itu adalah hal penting dan melaju dari sana. Sejujurnya, itu balapan yang cukup mudah, tetap sulit, tetapi sangat menyenangkan,” ujar Norris dikutip Formula 1.

Norris masih bertengger di posisi kedua klasemen pembalap. Ia terpaut 70 poin dari Verstappen yang menduduki posisi puncak. Di sisi lain, McLaren terus mengejar ketertinggalan dari Red Bull. Kedua tim kini terpisah 30 poin di klasemen konstruktor.

Baca Juga: 4 Pembalap McLaren yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Belanda

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya