Verstappen Bantah Ferrari Muluskan Jalan Menuju Gelar Juara F1 2022

Verstappen kini punya keunggulan 80 poin dari Leclerc

Max Verstappen saat ini masih menduduki posisi puncak klasemen sementara Formula 1 musim 2022. Pembalap Red Bull tersebut sudah mengumpulkan 258 poin dari 13 seri balap yang sudah digelar.

Selain performa RB18 yang bagus dan konsistensi finis di barisan depan, kegagalan Ferrari naik podium tak dapat dimungkiri menjadi salah satu faktor yang membuat Verstappen berada di posisi pucuk. Akan tetapi, Verstappen menepis anggapan bahwa Ferrari ‘membantu’ dirinya dalam upaya meraih gelar juara dunia pada musim ini.

1. Verstappen gagal mendapatkan poin pada dua dari tiga balapan awal musim 2022

Verstappen Bantah Ferrari Muluskan Jalan Menuju Gelar Juara F1 2022Max Verstappen saat gagal finis pada GP Australia 2022 (formula1.com)

Perjalanan awal Max Verstappen pada musim 2022 tidak terlalu mulus. Pada dua dari tiga balapan awal, pembalap asal Belanda itu gagal mendapatkan poin.

Justru, Charles Leclerc mampu tampil oke bersama Ferrari. Ia berhasil naik podium pada tiga balapa beruntun di awal musim ini. Pembalap bernomor mobil 16 itu mampu menang pada GP Bahrain dan Australia serta finis runner-up pada GP Arab Saudi.

2. Leclerc alami penurunan selepas GP Australia, Verstappen justru rebut banyak kemenangan

Verstappen Bantah Ferrari Muluskan Jalan Menuju Gelar Juara F1 2022Max Verstappen saat memenangi Sprint Race GP Austria 2022 (formula1.com)

Akan tetapi, hasil cemerlang Leclerc pun memudar selepas GP Australia. Meski masih bisa finis kedua pada GP Miami, Leclerc gagal tembus posisi tiga besar pada tiga balapan berikutnya. Rinciannya, ia finis posisi empat pada GP Monako dan dua kali gagal finis pada GP Spanyol dan Azerbaijan.

Dalam tiga balapan terakhir sebelum jeda musim, Leclerc hanya bisa sekali naik podium usai menangi GP Austria. Ini bertolak belakang dengan Verstappen yang konsisten naik podium selepas gagal finis di GP Australia.

Berdasarkan data Motorsport Stats, Verstappen mampu naik podium 9 kali dari 10 balapan terakhir sebelum jeda paruh musim. Tujuh podium di antaranya berhasil didapat setelah memenangkan balapan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Hungaria

3. Verstappen tepis anggapan jalannya amankan gelar juara kedua lebih mudah karena Ferrari

Verstappen Bantah Ferrari Muluskan Jalan Menuju Gelar Juara F1 2022Leclerc dan Verstappen dalam sebuah balapan Formula 1 2022 (formula1.com)

Serangkaian hasil kurang memuaskan Leclerc dan Ferrari dinilai menjadi faktor yang menguntungkan bagi Verstappen untuk memuluskan jalan meraih gelar juara dunia untuk kedua kalinya. Akan tetapi, Verstappen menepis anggapan bahwa jalannya lebih mudah karena masalah yang diderita rivalnya tersebut.

“Aku pikir semua orang mencoba untuk melakukan yang terbaik dan terkadang itu tentu saja sedikit lebih sulit untuk diraih. Aku sulit mengomentari hal itu karena tak ada yang melakukannya dengan sengaja dan semua orang tentu ingin mencoba meraih hasil yang terbaik dari itu,” ungkap Verstappen dilansir F1i.

4. Meski unggul jauh, Verstappen tak ingin kendurkan performa

Verstappen Bantah Ferrari Muluskan Jalan Menuju Gelar Juara F1 2022Max Verstappen mengangkat trofi usai GP Hungaria 2022. (twitter.com/redbullracing)

Lebih lanjut, Verstappen turut menegaskan jika dirinya dan tim tetap tampil maksimal pada paruh kedua musim 2022 meski unggul jauh dari Leclerc dan Ferrari. Untuk itu, pembalap bernomor mobil 1 itu tetap mengincar kemenangan dalam beberapa seri ke depan.

“Aku pikir sebagai sebuah tim kami masih ingin memenangkan lebih banyak balapan. Itulah yang tentunya kami akan coba lakukan setelah jeda musim,” tandas Verstappen.

5. Unggul 80 poin dari Leclerc, bisakah Verstappen jaga keunggulan hingga akhir musim?

Verstappen Bantah Ferrari Muluskan Jalan Menuju Gelar Juara F1 2022Max Verstappen dan Charles Leclerc (formula1.com)

Verstappen saat ini unggul 80 poin dari Leclerc di klasemen pembalap. Sementara itu, Ferrari berada di posisi kedua dalam klasemen konstruktor. Tim berlogo kuda jingkrak itu sudah mengumpulkan 334 poin, tertinggal 97 poin dari Red Bull.

Keunggulan yang sebesar itu tentu memberi angin segar bagi Verstappen. Namun, apakah rekan setim Sergio Perez itu bisa menjaganya hingga musim 2022 tuntas? 

Baca Juga: Max Verstappen Beri Penilaian pada Mobil Formula 1 Musim 2022

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya