Toto Wolff Minta Maaf atas Diskualifikasi George Russell

Kemenangan Russell di GP Belgia 2024 dibatalkan

George Russell harus menelan pil pahit di GP Belgia 2024. Kemenangan yang diperoleh dalam balapan yang berlangsung pada Minggu (28/7/2024) malam WIB dibatalkan. Hal tersebut terjadi lantaran mobilnya memiliki bobot lebih rendah dari ketentuan minimal saat ditimbang setelah balapan.

Putusan diskualifikasi yang dijatuhkan kepada Russell memantik reaksi Toto Wolff. Team principal Mercedes itu menyampaikan permohonan maaf kepada pembalapnya atas kejadian selepas GP Belgia. Ia menyayangkan keberhasilan Mercedes finis di posisi 1-2 melayang begitu saja karena diskualifikasi yang dialami Russell.

1. George Russell berhasil finis di depan Lewis Hamilton dalam balapan GP Belgia 2024

Toto Wolff Minta Maaf atas Diskualifikasi George RussellGeorge Russell berada di depan Lewis Hamilton saat balapan GP Belgia 2024. (formula1.com)

George Russell menjalani balapan yang bagus di GP Belgia 2024. Memulai balapan dari posisi start keenam, Russell mampu berada di posisi kelima setelah menyalip Carlos Sainz. Pada lap sepuluh, Russell melakukan pergantian ban dari medium ke hard. Ini menjadi satu-satunya pit stop yang dilakukan Russell dalam balapan tersebut.

Russell memimpin balapan pada lap 31 setelah Oscar Piastri masuk ke pit untuk berganti ke hard. Meski sempat dikejar Lewis Hamilton dalam lima lap terakhir, Russell mampu mempertahankan posisinya hingga chequered flag dikibarkan. Ia pun finis di depan Hamilton dengan jarak 0,526 detik.

2. George Russell didiskualifikasi lantaran mobilnya tak memenuhi bobot minimal

Selepas balapan, mobil W15 milik George Russell menjalani pemeriksaan bobot. Pada awalnya, mobil pembalap asal Inggris itu memenuhi ketentuan bobot minimal 798 kg berdasarkan laporan delegasi teknis. Kemudian, bahan bakar sebanyak 2,8 liter dikeluarkan dari mobil Russell.

Setelah itu, mobil Russell kembali ditimbang dan hasilnya bobot yang tercatat adalah 796,5 kilogram. Bobot tersebut berada 1,5 kilogram di bawah batas minimal yang diwajibkan. Alhasil, Russell didiskualifikasi dari balapan sehingga kemenangan berpindah tangan ke Lewis Hamilton.

“Mobil tidak sepenuhnya dikeringkan berdasarkan prosedur yang diajukan tim dalam dokumen legalitas mereka karena memenuhi regulasi teknis pasal 6.5.2. Mobil ditimbang kembali pada timbangan dalam serta luar FIA dan berat mobil adalah 796,5 kg. Kalibrasi timbangan dalam dan luar telah dikonfirmasi dan disaksikan oleh kompetitor,” bunyi laporan resmi delegasi teknis dilansir Formula 1.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di Formula 1 GP Austria

3. Toto Wolff menerima keputusan diskualifikasi Russell dengan lapang dada

Toto Wolff Minta Maaf atas Diskualifikasi George RussellTeam Principal Mercedes, Toto Wolff (formula1.com)

Keputusan diskualifikasi yang dijatuhkan kepada George Russell langsung ditanggapi Toto Wolff. Ia meminta maaf kepada Russell karena kemenangan yang telah diraih lepas dari genggaman dalam beberapa jam setelah balapan. Wolff memastikan timnya akan belajar dari kesalahan yang terjadi di GP Belgia.

“Kami harus menerima putusan diskualifikasi dengan lapang dada. Kami jelas telah membuat kesalahan dan perlu memastikan bahwa kami belajar dari hal tersebut. Kami akan pergi dan mengevaluasi apa yang terjadi serta memahami apa yang salah. Kehilangan posisi finis 1-2 sangat membuat frustrasi dan kami hanya bisa menyampaikan permohonan maaf kepada Russell yang telah menjalani balapan dengan sangat baik,” kata Wolff.

4. Meski kecewa, George Russell tetap beri apresiasi kepada strategi satu kali pit stop

Toto Wolff Minta Maaf atas Diskualifikasi George Russellpembalap Mercedes, George Russell (formula1.com)

George Russell mengaku kecewa dirinya harus didiskualifikasi dari GP Belgia. Meski begitu, Russell tetap memuji strategi satu kali pit stop yang bekerja dengan baik. Menurutnya, strategi tersebut memang berisiko, tetapi layak untuk diterapkan.

“Sangat menyedihkan harus didiskualifikasi dari balapan ini. GP Belgia adalah balapan yang luar biasa bagi kami untuk membuat strategi satu kali pit stop bekerja. Pada stint terakhirku, ban terus berada dalam kondisi yang lebih baik. Aku merawatnya pada tahap awal dan saat kami melaju lebih jauh, aku makin yakin kami bisa mencapai akhir menggunakan ban itu,” ujar Russell dilansir Racing News 365.

George Russell kini menduduki peringkat kedelapan dalam klasemen pembalap lewat koleksi 116 poin. Ia tertinggal 34 poin dari Lewis Hamilton yang bertengger di posisi keenam. Sementara itu, Mercedes bercokol di posisi keempat dalam klasemen konstruktor usai meraup 266 poin.

Baca Juga: Charles Leclerc Sebut Ferrari Bukan Tim Favorit di Formula 1 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya