Tekad Duo VR46 Raih Hasil Mengesankan di MotoGP Catalunya 2023

Marco Bezzecchi dan Luca Marini siap hadapi tantangan

MotoGP 2023 akan menggelar pekan balap GP Catalunya di Circuit de Barcelona-Catalunya pada 1–3 September 2023. GP Catalunya menjadi seri balap ke-11 dalam kalender balap musim ini. Tentu para tim dan pembalap mempersiapkan diri mereka menghadapi ketatnya persaingan di sirkuit dengan panjang 4,66 kilometer tersebut.

Duo Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi dan Luca Marini, menyatakan siap berjibaku di atas motor Desmosedici GP22 akhir pekan ini. Keduanya membidik hasil mengesankan guna menambah poin mereka di klasemen pembalap. Lalu, seperti apa persiapan mereka jelang GP Catalunya?

1. Hasil oke di GP Austria jadi modal bagus Marco Bezzecchi dan Luca Marini hadapi GP Catalunya

Tekad Duo VR46 Raih Hasil Mengesankan di MotoGP Catalunya 2023Luca Marini dan Marco Bezzecchi saat menjalani pekan balap GP Austria 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Marco Bezzecchi dan Luca Marini datang ke Circuit de Barcelona-Catalunya dengan percaya diri usai merengkuh hasil bagus di GP Austria. Pada pekan balap yang berlangsung di Red Bull Ring pada 18–20 Agustus 2023, kedua pembalap mampu menyumbangkan 29 poin untuk Mooney VR46. Hal tersebut tak lepas dari capaian yang dibukukan saat main race GP Austria.

Walau gagal finis saat sprint race, Bezzecchi dan Marini tampil gemilang ketika main race. Bezzecchi sukses naik podium setelah finis di posisi ketiga. Sementara itu, Marini menuntaskan balapan di posisi keempat dengan jarak 2,635 detik dari Bezzecchi.

Hasil tersebut membuat Bezzecchi kini mengoleksi 183 poin di klasemen pembalap. Ia berjarak enam poin dari Jorge Martin yang bercokol di peringkat kedua. Di sisi lain, Marini berhasil bertengger di posisi keenam setelah mengumpulkan 120 poin. Mooney VR46 juga berhasil memangkas jarak menjadi sebelas poin dari Pramac Racing yang bertengger di posisi puncak klasemen tim.

Baca Juga: Valentino Rossi Yakin Marco Bezzecchi Bakal Bertahan di VR46

2. Marco Bezzecchi ingin tebus kesalahan karena gagal finis di GP Catalunya 2022

Tekad Duo VR46 Raih Hasil Mengesankan di MotoGP Catalunya 2023Marco Bezzecchi berselebrasi usai finis ketiga di main race GP Austria 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Torehan mentereng di GP Austria tentu ingin dilanjutkan Marco Bezzecchi saat beradu cepat di Circuit de Barcelona-Catalunya. Pembalap asal Italia itu ingin memangkas jarak di klasemen pembalap demi memperbesar peluang merengkuh gelar juara MotoGP 2023. Bezzecchi juga ingin menebus kesalahannya karena gagal finis di GP Catalunya 2022.

“Aku suka trek ini. Khusus sektor terakhir, itu adalah area yang sangat cepat dan menuntut. Tahun lalu, aku kurang bagus di sini. Akan tetapi, aku pikir kami akan menemukan keseimbangan yang baik dari hari Jumat. Targetku adalah tetap berada di posisi teratas dan menunjukkan kecepatan yang konsisten saat balapan hari Minggu,” jelas Bezzecchi dilansir Speedweek.

3. Luca Marini mewaspadai suhu panas di Circuit de Barcelona-Catalunya

Tekad Duo VR46 Raih Hasil Mengesankan di MotoGP Catalunya 2023pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini (flickr.com/vr46racingteam)

Tak hanya Marco Bezzecchi, Luca Marini juga berupaya tampil maksimal akhir pekan ini. Apalagi, adik tiri Valentino Rossi itu pernah memenangi balapan GP Catalunya 2020 saat masih berada di kelas Moto2. Meski begitu, Marini tetap mewaspadai suhu panas yang akan terjadi di Circuit de Barcelona-Catalunya yang berpotensi hadir sepanjang pekan balap berlangsung.

“Aku suka trek di Barcelona dan aku selalu bagus di sana. Kami akan terus bekerja pada detail kecil selagi mengawasi suhu yang diperkirakan menjadi cukup tinggi selama akhir pekan ini. Tujuan kami adalah mengambil langkah maju untuk meraih posisi yang kami inginkan,” kata Marini.

Musim ini, Mooney VR46 sudah enam kali naik podium saat main race. Marco Bezzecchi berhasil 5 kali finis di posisi tiga besar dengan 2 kali di antaranya berbuah kemenangan saat di GP Argentina dan Prancis. Sementara itu, Luca Marini baru sekali naik podium setelah finis kedua di GP Amerika.

Untuk hasil sprint race, Marco Bezzecchi sudah empat kali finis di zona tiga besar. Salah satu di antaranya mampu diperoleh Bezzecchi dengan finis terdepan di GP Belanda. Di sisi lain, Luca Marini baru sekali finis tiga besar di sprint race. Itu terjadi setelah Marini finis ketiga di GP Argentina.

Baca Juga: Luca Marini Jelaskan Kegagalannya di Main Race GP Austria 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya