Sergio Perez Terkejut Kevin Magnussen Tak Dapat Sanksi di GP Monako

Magnussen terlibat insiden dengan Perez

Sergio Perez harus menelan pil pahit di GP Monako 2024. Pembalap Red Bull itu gagal finis usai mengalami insiden dengan Kevin Magnussen dalam balapan yang berlangsung pada Minggu (26/5/2024) malam WIB. Insiden tersebut sempat membuat balapan terhenti beberapa menit sebelum dilanjutkan kembali.

Perez menyayangkan insiden yang dirinya alami saat balapan di Circuit de Monaco. Ia terkejut dengan keputusan stewards yang tidak memberi sanksi kepada Magnussen. Perez menilai Magnussen layak mendapat hukuman atas manuver berbahaya yang terjadi pada awal balapan.

1. Perez terlibat insiden dengan Magnussen dan Hulkenberg pada lap pertama

Sergio Perez menempati posisi start ke-16 menyusul gagal lolos ke Q2 saat sesi kualifikasi. Sejatinya, Perez menyudahi Q1 di posisi 18. Akan tetapi, ia naik dua posisi menyusul hukuman yang dijatuhkan kepada Kevin Magnussen dan Nico Hulkenberg. Mobil duo Haas tersebut dianggap melanggar aturan posisi elemen sayap belakang paling atas yang berkaitan dengan sistem DRS.

Selepas lampu start padam, Perez langsung dibuntuti Magnussen dan Hulkenberg setelah melewati tikungan pertama. Magnussen berupaya menyalip Perez sebelum menuju ke tikungan kedua. Sayangnya, jarak di sisi kanan mobil Perez tak terlalu lebar yang berujung pada kontak antara Perez dan Magnussen. Mobil Hulkenberg yang berada di sisi kiri juga ikut terkena kontak dengan mobil Perez.

Alhasil, ketiga pembalap harus keluar balapan lebih awal akibat insiden tersebut. Mobil Perez mengalami kerusakan parah setelah tertabrak dan membentur dinding pembatas. Beruntung, Perez dapat keluar dari mobil tanpa mengalami cedera.

2. Magnussen menyalahkan Perez atas insiden di GP Monako

Sergio Perez Terkejut Kevin Magnussen Tak Dapat Sanksi di GP Monakopembalap Haas, Kevin Magnussen (x.com/KevinMagnussen)

Seusai insiden, Kevin Magnussen memberi pandangannya terkait insiden yang terjadi pada lap pertama GP Monako 2024. Ia menyalahkan Perez atas kejadian berbahaya tersebut. Magnussen menilai Perez tidak memberinya ruang di sisi kanan trek yang berakibat pada tabrakan di antara kedua pembalap.

“Dari sudut pandangku, aku punya bagian depan yang bagus di samping bagian belakang mobil Perez. Ketika dia menuju ke dinding, aku terbawa ke dinding dan didorong ke arahnya. Aku percaya dia akan meninggalkan ruang untukku karena aku berada di sana dan itu bukan tikungan di lokasi Anda akan mengerem. Itu hanya tikungan kecil di trek lurus.

Anda harus memiliki lebar mobil atau Anda tidak memiliki pilihan lain. Sangat disayangkan karena itu menyebabkan banyak biaya kepada tim, banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh kru, dan kesempatan yang hilang. Namun, dari sudut pandangku, diriku berada di sana dan terjepit ke dinding,” papar Magnussen dilansir Racing News 365.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Charles Leclerc di F1 GP Monako

3. Perez menilai Magnussen lakukan tindakan yang terlalu ambisius

Sergio Perez Terkejut Kevin Magnussen Tak Dapat Sanksi di GP MonakoMobil Sergio Perez mengalami kerusakan setelah insiden dalam balapan GP Monako 2024. (formula1.com)

Sementara itu, Sergio Perez punya pandangan berbeda terkait insiden pada awal balapan GP Monako 2024. Pembalap berkebangsaan Meksiko itu berpendapat Magnussen melakukan tindakan yang terlalu ambisius. Perez merasa Magnussen seharusnya bisa menghindari kontak dengan dirinya agar tidak terjadi insiden parah.

“Jika Anda melihat onboard milikku, Anda tidak akan melihat mobil Magnussen. Itu bahkan tidak dekat denganku dan di sampingku. Anda bisa melihat dinding semakin dekat. Hanya ada satu cara agar tetap datar. Hal tersebut adalah berkontak dengan mobilku atau dengan dinding pembatas.

Tidak ada ruang untuk kedua mobil. Pada titik tertentu, dia harus menyadari itu. Aku pernah mengalami hal semacam itu. Sering kali ketika Anda berada di belakang, Anda harus menyadari bahwa itulah waktu untuk mundur sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi,” jelas Perez dikutip F1i.

4. Perez terkejut stewards tak beri hukuman kepada Magnussen

Sergio Perez Terkejut Kevin Magnussen Tak Dapat Sanksi di GP Monakopembalap Red Bull, Sergio Perez (x.com/SChecoPerez)

Sergio Perez juga terkejut dengan keputusan stewards yang tidak memberikan hukuman kepada Kevin Magnussen. Padahal, Perez menilai Magnussen melakukan tindakan yang berbahaya. Apalagi, insiden tersebut menyebabkan mobil Perez mengalami kerusakan parah.

“Aku sangat terkejut insiden tersebut tidak diinvestigasi karena melihat besaran kerusakan dan seberapa berbahaya dampak yang dihasilkan. Aku sangat terkejut. Aku pikir dia jelas tidak seharusnya berada di sana sejak awal karena hanya ada satu cara untuk keluar dari hal tersebut. Itu akan berujung menabrak tembok atau menabrak sisi kanan mobilku,” ucap Perez dilansir F1i.

Kegagalan meraih poin di GP Monako menjadi kedua kalinya dialami Sergio Perez secara beruntun. Musim lalu, Perez tak berhasil meraup poin usai finis di posisi 16. Terakhir kali Perez mencetak poin di GP Monako adalah pada 2022 saat berhasil memenangkan balapan.

Baca Juga: Sergio Perez Tetap Rileks meski Kontrak dengan Red Bull Belum Jelas

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya