Raul Fernandez Bakal Pakai RS-GP24 di MotoGP Inggris 2024

Masih pakai RS-GP23 hingga GP Jerman

Raul Fernandez dipastikan bakal memakai motor RS-GP24 setelah jeda musim panas MotoGP 2024. Pembalap Trackhouse Racing itu akan memacu motor Aprilia versi musim ini saat gelaran GP Inggris. Sebelumnya, Raul Fernandez menjadi satu-satunya pembalap Aprilia yang memakai motor versi tahun lalu.

Hal tersebut tentu menjadi momentum baik untuk Fernandez. Pasalnya, ia nantinya akan bertarung di lintasan dengan RS-GP24. Akan tetapi, Fernandez tak ingin memasang ekspektasi tinggi berkaitan dengan performa motor tersebut.

1. Capaian Raul Fernandez selama memacu RS-GP23 sebelum jeda musim panas

Raul Fernandez Bakal Pakai RS-GP24 di MotoGP Inggris 2024Raul Fernandez saat menjalani pekan balap GP Jerman 2024. (motogp.com)

Raul Fernandez menunjukkan penampilan oke meski memakai motor RS-GP23. Hal tersebut dibuktikan saat menjalani sesi kualifikasi di GP Catalunya dan Jerman. Fernandez mampu menembus Q2 dan berhasil menempati posisi start ketiga dalam dua seri balap tersebut.

Tak hanya saat kualifikasi, Fernandez juga konsisten masuk zona poin saat main race. Prestasi terbaiknya adalah finis keenam di GP Catalunya. Ia hanya dua kali gagal dapat poin di GP Qatar dan Portugal. Selain itu, Fernandez tercatat dua kali finis di posisi 9 besar saat sprint race GP Amerika Serikat dan Prancis.

Hasil tersebut untuk sementara menempatkan Fernandez di posisi ke-14 dalam klasemen pembalap. Ia telah menorehkan 46 poin dari 9 seri balap yang telah dijalani. Raul Fernandez hanya berjarak 5 poin dari rekan setimnya, Miguel Oliveira.

2. RS-GP23 milik Raul Fernandez alami kendala ban di GP Jerman 2024

Raul Fernandez Bakal Pakai RS-GP24 di MotoGP Inggris 2024Raul Fernandez saat menjalani pekan balap GP Jerman 2024. (x.com/25RaulFernandez)

Raul Fernandez memberikan penilaian terhadap performa RS-GP23 dalam pekan balap GP Jerman. Ia menilai motornya tak bekerja maksimal lantaran permasalahan pada bagian ban. Saat sprint race, tekanan ban depan yang meningkat membuat Fernandez harus puas finis di posisi ke-14. Sementara itu, daya cengkeram ban belakang justru jadi faktor penghambat Fernandez ketika main race.

Fernandez sempat memberi perlawanan kepada para rivalnya, termasuk pembalap Ducati, pada 15 lap pertama. Bahkan, Fernandez sempat berada di posisi keenam pada lap pertama main race GP Jerman. Pada akhirnya, Fernandez merampungkan balapan di posisi kesepuluh.

“Selama 15 lap pertama, aku berada di sana untuk bertarung dengan semua pembalap Ducati dan juga Miguel Oliveira. Namun, aku mengalami banyak masalah dengan ban dalam 15 lap terakhir. Kecepatannya cukup lambat, tetapi aku melakukan hal semaksimal mungkin dan kami finis kesepuluh,” kata Fernandez dilansir Crash.

3. Raul Fernandez tak menaruh ekspektasi tinggi pada performa RS-GP24

Raul Fernandez Bakal Pakai RS-GP24 di MotoGP Inggris 2024Raul Fernandez berada di depan Pedro Acosta (nomor motor 37) saat main race GP Jerman 2024. (raulfernandez25.com)

Raul Fernandez tak lagi memakai RS-GP23 pada tahap kedua MotoGP 2024 selepas jeda musim panas. GP Inggris 2024 tentunya akan dinanti Fernandez karena itu menjadi momen untuknya memacu RS-GP24. Fernandez diperkirakan akan mendapatkan pembaruan pada aspek aero di Silverstone.

Walau begitu, Fernandez tak menaruh harapan berlebihan terhadap performa RS-GP24. Ia merasa performa motor tersebut tak jauh berbeda dibandingkan dengan motor versi terdahulu. Fernandez sejatinya pernah menjajal RS-GP24 saat tes resmi di Jerez, Spanyol, pada April 2024 meski dalam durasi yang singkat.

“Itu tidak satu detik lebih cepat. Namun, dengan motor baru akan menjadi lebih mudah ketika kami mungkin harus menghemat ban. Aku telah mencobanya dalam satu tes untuk dua putaran, jadi aku tak tahu apa yang bisa diharapkan.

Pastinya, jika Aprilia memiliki motor ini, hal tersebut karena mereka melihat sesuatu yang positif. Waktu putarannya jika dibandingkan dengan tahun lalu juga cukup kuat. Jadi, aku percaya motor tersebut sedikit lebih baik,” jelas Fernandez.

MotoGP sedang memasuki jeda musim panas. GP Inggris sebagai pembuka tahap kedua akan berlangsung pada 2–4 Agustus 2024. Menarik untuk menantikan sejauh apa perkembangan Raul Fernandez saat berada di atas motor RS-GP24.

Baca Juga: Jorge Martin Beberkan Momen Kepindahan ke Aprilia untuk MotoGP 2025

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya