Pujian Red Bull untuk Lewis Hamilton pasca Impresif di GP Inggris 2024

Akhiri puasa kemenangan selama 2,5 tahun

Intinya Sih...

  • Lewis Hamilton finis pertama di GP Inggris 2024 setelah 2,5 tahun, menorehkan kemenangan ke-104 sepanjang karirnya di Formula 1.
  • Hamilton mengoleksi 9 kemenangan di GP Inggris, melampaui rekor Michael Schumacher yang mengemas 8 kemenangan di GP Prancis.
  • Hamilton memuji kemampuan manajemen ban Lewis Hamilton dalam kondisi cuaca berubah pada balapan. Helmut Marko juga menyoroti hasil Max Verstappen di balapan tersebut.

Publik Inggris bersuka cita selepas Formula 1 GP Inggris yang digelar pada, Minggu (7/7/2024) malam WIB. Lewis Hamilton berhasil finis sebagai pemenang dalam balapan di Sirkuit Silverstone. Pembalap Mercedes itu berhasil finis di depan Max Verstappen dengan jarak 1,465 detik dari Max Verstappen.

Keberhasilan Hamilton dalam balapan kandangnya memantik reaksi dari berbagai pihak, tak terkecuali Red Bull. Tim yang notabene rival Mercedes itu memuji torehan Hamilton kali ini. Apalagi, Hamilton sudah lama tak merasakan kemenangan di Formula 1.

1. Start dari posisi kedua, Hamilton finis terdepan di hadapan publik sendiri

Pujian Red Bull untuk Lewis Hamilton pasca Impresif di GP Inggris 2024Lewis Hamilton saat menjalani balapan GP Inggris 2024. (formula1.com)

Lewis Hamilton memiliki modal bagus saat menjalani balapan GP Inggris. Ia meraih posisi start kedua dan berada di barisan terdepan bersama George Russell. Jalannya balapan yang dilalui Hamilton terbilang mulus.

Hamilton terus membuntuti Russell sejak lap pertama. Pada lap 18, Hamilton sukses menyalip Russell untuk berada di posisi pertama. Namun, keunggulan tersebut berpindah tangan ke Norris pada lap 20 saat hujan mulai mengguyur sirkuit.

Hamilton melakukan pergantian ban dari intermediate ke soft pada lap 39. Selepas itu, Norris melakukan pergantian ke jenis yang sama satu lap berselang. Sayangnya, pergantian ban untuk Norris berlangsung sedikit lebih lama, yaitu 4,5 detik. Momen inilah yang membuat Hamilton kembali berada di posisi terdepan.

Hamilton semakin tak terkejar dalam beberapa lap terakhir. Sementara itu, Norris justru melorot ke posisi ketiga usai diasapi Verstappen pada lap 48. Pada akhirnya, Hamilton menuntaskan balapan di podium tertinggi.

Baca Juga: 16 Potret Perjalanan Charles Leclerc: Dari Monako ke Puncak F1

2. Hamilton catatkan rekor mentereng usai menang di GP Inggris 2024

Pujian Red Bull untuk Lewis Hamilton pasca Impresif di GP Inggris 2024Lewis Hamilton berselebrasi usai menang di GP Inggris 2024. (formula1.com)

Finis pertama di GP Inggris 2024 menjadi kemenangan ke-104 untuk Lewis Hamilton sepanjang berkiprah di Formula 1. Keberhasilan tersebut juga sekaligus memutus puasa kemenangan yang terjadi selama 2,5 tahun. Sebelum itu, terakhir kali Hamilton memenangi balapan adalah di GP Arab Saudi 2021.

Kemenangan Hamilton di hadapan publik negaranya sendiri juga menorehkan rekor. Pemilik tujuh gelar juara dunia itu kini tercatat sebagai pembalap dengan kemenangan terbanyak dalam satu grand prix yang sama. Hamilton mengoleksi 9 kemenangan di GP Inggris. Ia melampaui rekor Michael Schumacher yang mengemas 8 kemenangan di GP Prancis.

3. Helmut Marko puji performa oke Hamilton

Capaian mengesankan Lewis Hamilton menuai pujian dari Helmut Marko. Penasihat Red Bull itu menilai Hamilton mampu mengelola ban dengan baik. Apalagi, GP Inggris berlangsung dengan kondisi cuaca yang berubah dan sempat turun hujan pada pertengahan balapan.

”Anda bisa mengucapkan selamat kepadanya karena dia mampu bertahan dengan cemerlang saat trek kering. Anda bisa melihat kekuatannya dalam hal manajemen ban. Hamilton melakukan pekerjaan hebat dan itu menunjukkan seberapa banyak kecepatan dan pengalaman yang masih dirinya miliki,” kata Marko dilansir Racing News 365.

4. Marko sebut Verstappen alami kesulitan saat memacu mobil

Pujian Red Bull untuk Lewis Hamilton pasca Impresif di GP Inggris 2024Max Verstappen saat menjalani balapan GP Inggris 2024. (formula1.com)

Tak hanya memuji Lewis Hamilton, Helmut Marko turut menyoroti hasil yang diperoleh Max Verstappen di GP Inggris 2024. Verstappen mengalami kesulitan dalam mendapatkan kecepatan saat stint pertama. Hal tersebut juga terjadi ketika dirinya menggunakan ban intermediate.

Verstappen sejatinya memiliki momen bagus saat stint ketiga. Meski menggunakan ban hard, pembalap berkebangsaan Belanda itu mampu tampil cepat dan menyalip Lando Norris. Sayangnya, Verstappen tak punya lap tersisa untuk mengasapi Hamilton.

”Kami kehilangan balapan pada stint pertama karena Verstappen mengalami banyak graining saat memakai ban medium. Selain itu, dia kehilangan banyak waktu saat trek basah. Padahal, itu menjadi kekuatannya. Ban tidak bekerja, tetapi aku harus berterima kasih kepada para kru untuk usaha pit stop dan strategi,” jelas Marko.

Meski gagal menang, Max Verstappen masih berada di puncak klasemen dengan perolehan 255 poin. Sementara itu, tambahan 25 poin membuat Lewis Hamilton kini mengoleksi 110 poin dan berada di peringkat kedelapan. Lewis Hamilton tertinggal satu poin dari George Russell yang bertengger di posisi ketujuh.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Lewis Hamilton di F1 GP Inggris

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya