Petuah Charles Leclerc untuk Oliver Bearmen Jelang Tampil di F1 2025

Bearman bergabung dengan Haas

Masa depan Oliver Bearman selepas Formula 2 2024 telah terkuak. Pembalap berkebangsaan Inggris itu resmi bergabung dengan Haas pada 2025. Bearman terikat kontrak dengan durasi 2 tahun. Itu berarti Bearman akan bersama dengan Haas hingga akhir 2026.

Masuknya Bearman ke Haas untuk menjalani musim penuh di Formula 1 mendapat sambutan hangat dari Charles Leclerc. Pembalap Ferrari itu memprediksi Bearman akan memiliki masa depan cerah di kejuaraan. Tak lupa, Leclerc memberi petuah untuk Bearman menjelang debutnya bersama Haas.

1. Oliver Bearman tampil oke saat gantikan Carlos Sainz di GP Arab Saudi 2024

Petuah Charles Leclerc untuk Oliver Bearmen Jelang Tampil di F1 2025Oliver Bearman saat menjalani balapan GP Arab Saudi 2024. (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Oliver Bearman sejatinya telah menjalani debut di Formula 1 saat GP Arab Saudi 2024. Saat itu, pembalap yang tergabung dalam Ferrari Driver Academy itu menggantikan Carlos Sainz yang harus menjalani operasi usus buntu. Penampilan Bearman sebagai pembalap pengganti mampu menghasilkan torehan oke.

Bearman berhasil lolos ke Q2 dan memastikan posisi start kesebelas. Ia dapat melanjutkan performa bagus saat mengemudikan SF-24 dalam balapan sehingga finis di posisi ketujuh. Saat ini, Bearman bertengger di peringkat ke-14 dalam klasemen pembalap Formula 1 lewat koleksi 6 poin.

2. Leclerc puji penampilan Bearman di GP Arab Saudi 2024

Petuah Charles Leclerc untuk Oliver Bearmen Jelang Tampil di F1 2025Oliver Bearman saat menjalani balapan GP Arab Saudi 2024. (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Penampilan mengesankan Oliver Bearman di GP Arab Saudi 2024 juga diiringi dengan rekor pribadi untuknya. Ia tercatat sebagai pembalap termuda ketiga dalam sejarah Formula 1 yang melangsungkan debut grand prix. Bearman menjalani debut pada usia 18 tahun 10 bulan dan 1 hari.

Torehan oke tersebut tentu membuat Ferrari dan Haas terkesan. Tak ayal, performa saat GP Arab Saudi jadi pertimbangan untuk memberi kursi balap kepada Bearman di Haas. Bahkan, Charles Leclerc juga memuji penampilan Bearman saat berada di balik kemudi SF-24.

”Aku pikir dia adalah pembalap yang sangat berbakat. Aku rasa apa yang Anda butuhkan pada tahun pertama Anda selalu sangat spesifik untuk setiap pembalap. Hal itu karena selalu bergantung pada seberapa banyak persiapan yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Aku pikir Bearman sangat siap dan dia telah menunjukkannya di Jeddah saat mengemudikan mobil itu. Ia langsung tampil sangat kuat,” kata Leclerc dilansir F1i.

3. Leclerc sarankan Bearman tak bebani diri dengan banyak tekanan

Petuah Charles Leclerc untuk Oliver Bearmen Jelang Tampil di F1 2025Charles Leclerc menoleh ke arah Oliver Bearman (formula1.com)

Meski memberi pujian, Charles Leclerc sadar akan potensi tekanan yang akan dihadapi oleh Oliver Bearman. Apalagi, Bearman bakal menjalani musim penuh di Formula 1 pada usia yang terbilang muda. Sebuah hal yang juga pernah dialami Leclerc pada awal debutnya di Formula 1.

Seperti halnya Bearman, Leclerc mampu menunjukkan performa oke saat tampil di feeder series. Pembalap asal Monako itu dapat dengan cepat naik ke ajang balap lebih tinggi sebelum akhirnya menjalani debut di Formula 1 pada 2018. Kala itu, Leclerc memperkuat Sauber yang notabene customer team Ferrari.

”Satu saran khas yang akan aku berikan kepadanya adalah tidak membebani dirinya dengan terlalu banyak tekanan. Dia masih sangat muda dan dia memiliki kecepatan. Ia telah menunjukkannya beberapa kali,” ucap Leclerc.

Saat ini, Oliver Bearman menjalani musim keduanya di Formula 2 bersama Prema Racing. Ia menduduki peringkat ke-13 lewat koleksi 34 poin. Bearman baru meraih satu kemenangan saat sprint race GP Austria. Terlepas dari hasil tersebut, Leclerc masih teguh pada kepercayaannya terhadap bakat yang dimiliki Bearman. Akan seperti apa performa Bearman bersama Haas musim depan? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Baca Juga: Ollie Bearman Buka Suara soal Kans Gabung Haas di Formula 1 2025  

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya