Oscar Piastri Berjuang Redam Serangan Charles Leclerc di GP Azerbaijan

Usaha yang berbuah kemenangan

Intinya Sih...

  • Oscar Piastri berhasil memenangkan GP Azerbaijan 2024 dengan keunggulan 10,910 detik dari Charles Leclerc.
  • Piastri mampu menahan serangan Leclerc dan sukses menyalipnya di tikungan pertama, menjadikan ini sebagai salah satu balapan terbaik dalam kariernya.
  • Keberhasilan Piastri dan Lando Norris membawa McLaren merebut posisi puncak klasemen konstruktor dari Red Bull.

Senyum gembira terpancar dari wajah Oscar Piastri. Perjuangan pembalap McLaren itu dalam balapan Formula 1 2024 GP Azerbaijan yang berlangsung pada, Minggu (15/9/2024) malam WIB berbuah kemenangan. Piastri berhasil finis di depan Charles Leclerc dengan keunggulan 10,910 detik.

Usaha Piastri merengkuh kemenangan di Baku didapat dengan cara tak mudah. Ia harus menahan gempuran Leclerc yang terus memburu posisinya. Ketenangan dalam menghalau serangan Leclerc mengantarkannya berdiri di podium tertinggi untuk kali kedua di Formula 1 2024.

1. Start dari posisi kedua, Oscar Piastri berhasil finis di depan Charles Leclerc

Oscar Piastri Berjuang Redam Serangan Charles Leclerc di GP AzerbaijanOscar Piastri saat menjalani balapan GP Azerbaijan 2024. (formula1.com)

Oscar Piastri punya modal bagus menyongsong balapan GP Azerbaijan. Ia mampu menempati posisi start kedua dan berada satu baris dengan Charles Leclerc yang meraih pole position. Sejak lampu start padam, Piastri terus menempel ketat Leclerc yang tengah memimpin balapan.

Piastri masuk ke pit pada pengujung lap 15 untuk mengganti ban dari medium ke hard. Satu lap berselang, giliran Leclerc melakukan hal serupa dan keluar pit di depan Piastri. Sempat tertahan oleh keberadaan Alexander Albon, Piastri kembali berada di belakang Leclerc pada awal lap 18.

Puncak serangan Piastri terjadi pada awal lap 20. Pembalap berkebangsaan Australia itu sukses menyalip Leclerc di tikungan pertama. Selepas itu, Piastri terus mendapat tekanan dari Leclerc yang berusaha merebut kembali posisi pimpinan balapan. Hingga bendera chequered dikibarkan, Piastri tetap berada di depan Leclerc.

Baca Juga: Oscar Piastri Puas dengan Peningkatan Performa Pribadi di F1 2024

2. Oscar Piastri mengakui GP Azerbaijan 2024 jadi salah satu balapan menegangkan

Oscar Piastri tentu senang dengan hasil yang diperoleh di GP Azerbaijan 2024. Ia tak menampik serangan yang dilancarkan Charles Leclerc selama balapan berlangsung menjadi salah satu momen paling menegangkan dalam hidupnya. Walau begitu, Piastri menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga dapat bertahan dari kejaran Leclerc.

“Aku bertahan selama 35 lap berikutnya. Pada beberapa lap terakhir, dia tak mendapat jarak untuk membuka DRS. Itu menjadi sedikit melegakan. Namun, tidak ada lap yang terasa santai di sini. Jadi, itu semua adalah kerja keras. Momen ini tentunya menjadi salah satu balapan terbaik dalam karierku,” kata Piastri dilansir Racing News 365.

3. Oscar Piastri terkesan dengan usaha McLaren untuk bersaing di Formula 1

Oscar Piastri Berjuang Redam Serangan Charles Leclerc di GP AzerbaijanOscar Piastri berselebrasi usai finis pertama di GP Azerbaijan 2024. (formula1.com)

Keberhasilan Oscar Piastri memenangi GP Azerbaijan 2024 juga diikuti dengan hasil oke Lando Norris. Pembalap asal Inggris itu menuntaskan balapan di posisi keempat setelah memulai balapan di posisi ke-15. Tambahan 38 poin di Baku membuat McLaren sukses merebut posisi puncak klasemen konstruktor dari tangan Red Bull.

Capaian tersebut membuat Piastri terkesan. Ia mengapresiasi kerja keras tim dalam usaha meningkatkan performa mobil. Tak lupa, Piastri juga berterima kasih atas bantuan McLaren untuk meningkatkan kemampuannya selama memperkuat tim.

“Mempertimbangkan posisi kami memulai saat aku bergabung dengan tim tahun lalu, kami benar-benar berada di posisi terakhir. Sekarang, kami memimpin klasemen konstruktor. Hasil seperti ini tentunya tidak mungkin terjadi pada 12 bulan lalu,” ucap Piastri dikutip F1i.

“Ini adalah usaha luar biasa yang dilakukan tim dan aku bersemangat untuk melihat apa yang akan terjadi pada waktu mendatang. Apresiasi penuh untuk tim atas perubahan yang berhasil kami dapatkan dalam kurun waktu 18 bulan diriku berada di sini. Hal pertama berkaitan dengan peningkatan mobil dan juga tim membantuku untuk meningkat,” sambungnya.

Oscar Piastri dan McLaren sudah ditunggu balapan berikutnya pada akhir pekan mendatang. GP Singapura yang berlangsung pada 20–22 September 2024 akan menjadi tantangan berikutnya untuk mereka. Menarik untuk menantikan apakah Piastri dan McLaren dapat meneruskan tren positif saat beradu cepat di Marina Bay Street Circuit.

Baca Juga: 6 Sirkuit yang Pernah Menggelar Formula 1 GP Eropa, Termasuk Baku

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya