Oscar Piastri Puas dengan Peningkatan Performa Pribadi di F1 2024

Alami kemajuan ketimbang tahun lalu

Oscar Piastri sedang menjalani musim kedua di Formula 1. Pembalap asal Australia itu pertama kali menginjakkan kaki di kejuaraan pada 2023 bersama McLaren. Sejumlah pencapaian berhasil diraihnya hingga GP Belgia 2024.

Piastri merasa puas dengan hasil yang telah diperoleh sejauh ini. Akan tetapi, pembalap bernomor mobil 81 itu tak lekas berpuas diri. Piastri justru masih melihat adanya sejumlah aspek yang masih bisa ditingkatkan dalam dirinya.

Lantas, seperti apa peningkatan performa Piastri selama berkiprah di Formula 1?

1. Oscar Piastri tercatat sebagai pemenang balapan termuda kedelapan dalam sejarah kejuaraan

Oscar Piastri Puas dengan Peningkatan Performa Pribadi di F1 2024Oscar Piastri berselebrasi usai menang di GP Hungaria 2024. (formula1.com)

Oscar Piastri telah menjadi sosok yang mengejutkan di Formula 1 2023. Pada musim debutnya, ia berhasil dua kali naik podium di GP Jepang dan Qatar. Bahkan, ia mampu meraih kemenangan saat sprint race GP Qatar dengan keunggulan 1,871 detik dari Max Verstappen.

Pada 2024, Piastri sejauh ini telah naik podium sebanyak empat kali. Salah satu podium berhasil didapat dengan memenangi balapan di GP Hungaria. Itu menjadi kemenangan perdana Piastri saat Grand Prix sepanjang kariernya di Formula 1. Ia tercatat sebagai pemenang balapan termuda kedelapan dalam sejarah kejuaraan pada usia 23 tahun 3 bulan 15 hari.

2. Masih ada ruang untuk Oscar Piastri memperbaiki performa

Oscar Piastri Puas dengan Peningkatan Performa Pribadi di F1 2024pembalap McLaren, Oscar Piastri (formula1.com)

Sederet prestasi yang telah diraih hingga GP Belgia 2024 membuat Oscar Piastri senang. Ia menilai beberapa hal yang menjadi targetnya sejak tahun lalu sedikit demi sedikit mulai mampu dicapai. Walau begitu, Piastri tetap merasa dirinya perlu meningkatkan kinerja agar tampil konsisten dalam persaingan di kejuaraan.

“Aku pikir diriku telah membuat kemajuan bagus terhadap hal-hal yang ingin aku tingkatkan dari tahun lalu. Beberapa tujuan yang aku miliki sejak akhir musim lalu, aku pikir telah melakukan pekerjaan baik dalam menangani dan membuat langkah yang jelas dalam area tersebut. Tentunya, masih ada ruang untuk perbaikan, tetapi aku rasa itu adalah sebuah langkah maju yang bagus,” kata Oscar Piastri dilansir F1i.

Baca Juga: Menyusuri Jejak Oscar Piastri: 12 Potret Perjalanan Bintang F1 Muda

3. Performa MCL60 jadi faktor penting dalam pencapaian Oscar Piastri

Oscar Piastri Puas dengan Peningkatan Performa Pribadi di F1 2024Oscar Piastri saat menjalani pekan balap GP Belgia 2024. (formula1.com)

Oscar Piastri mengalami peningkatan dalam hal manajemen ban dan balapan. Selain itu, performa MCL38 selama putaran pertama Formula 1 2024 juga menjadi faktor lain dalam torehan bagus yang dicapai Piastri. Kemampuan McLaren dalam mengembangkan mobil mendapat apresiasi darinya sehingga tim tersebut bisa lebih rutin bersaing memperebutkan kemenangan.

“Aku pikir hal besar yang sebagian besar positif, dari sudut pandang tim maupun pribadi, adalah tim telah memberiku dan Lando Norris sebuah mobil yang mampu memenangkan balapan. Hal positif terbesar pastinya adalah kami telah mendorong diri kami ke dalam persaingan dengan mobil yang sangat cepat. Itu adalah hal yang amat penting,” ucap Piastri.

4. Oscar Piastri soroti sejumlah peluang yang gagal dimanfaatkan dengan baik

Oscar Piastri Puas dengan Peningkatan Performa Pribadi di F1 2024pembalap McLaren, Oscar Piastri (formula1.com)

Kinerja bagus yang diperlihatkan pada putaran pertama Formula 1 2024 tak lantas membuat Oscar Piastri terlena. Ia tetap memberi kritik terhadap dirinya sendiri karena melewatkan beberapa peluang untuk mengantongi hasil lebih baik. Piastri merasa ada potensi untuk tampil lebih baik saat beradu cepat di lintasan.

“Ada semacam perasaan melewatkan sejumlah kesempatan dengan beberapa hal berada di luar kendali kami, seperti di GP Miami dan track limit di GP Austria. Secara teknis, itu berada dalam kendaliku, tetapi tidak benar-benar terjadi mengingat bagaimana itu terhapus.

Kemudian, ada sejumlah hal yang berada dalam kendali kami. GP Inggris adalah yang terbaru. Sedikit hal di Kanada sampai tingkat tertentu di GP Emilia Romagna dengan penalti kualifikasi,” jelas Piastri dikutip Speedcafe.

Oscar Piastri kini menduduki posisi keempat klasemen pembalap dengan perolehan 167 poin. Ia tertinggal 32 poin dari Lando Norris yang bercokol di peringkat kedua. Sementara itu, McLaren bertengger di posisi kedua klasemen konstruktor lewat koleksi 366 poin.

Baca Juga: Andrea Stella Resmi Perpanjang Kontrak Bersama McLaren

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya