Oscar Piastri Nyaris Raih Kemenangan di Main Race GP Austria 2024

Piastri harus puas finis runner-up

Intinya Sih...

  • Oscar Piastri finis runner-up di GP Austria setelah gagal mengejar George Russell.
  • Piastri tampil stabil dan naik podium kedua pada sprint race, tetapi harus puas dengan posisi keenam pada main race.
  • Setelah kecewa di GP Austria, Piastri bertekad melanjutkan tren positif di balapan berikutnya di Silverstone, Inggris.

Penantian Oscar Piastri untuk meraih kemenangan perdana saat main race di Formula 1 masih terus berlanjut. Pembalap McLaren itu sejatinya punya peluang finis sebagai pemenang di GP Austria 2024. Sayangnya, ia harus mengakui keunggulan George Russell yang finis di depannya.

Hasil di Formula 1 2024 GP Austria ini tentu menambah koleksi podium Oscar Piastri. Namun, Piastri tak menampik dirinya sedih karena belum mampu merengkuh kemenangan dalam balapan di Red Bull Ring. Lalu, seperti apa perjuangan Piastri selama pekan balap GP Austria kali ini?

1. Piastri sukses finis kedua saat sprint race GP Austria

Oscar Piastri Nyaris Raih Kemenangan di Main Race GP Austria 2024Oscar Piastri berada di depan Lando Norris saat sprint race GP Austria 2024. (formula1.com)

Oscar Piastri menorehkan capaian oke saat sprint race GP Austria. Berbekal posisi start ketiga, pembalap berkebangsaan Australia itu tampil stabil selama sesi balap yang digelar, Sabtu (29/6/2024) sore WIB. Piastri berhasil menyalip Lando Norris untuk berada di posisi kedua pada lap kelima. Ia memanfaatkan momentum duel Norris dan Max Verstappen yang terjadi di tikungan 4.

Selepas itu, Piastri terus dibuntuti Norris. Akan tetapi, Norris tak berhasil mengejar rekan setimnya hingga bendera chequered dikibarkan. Piastri berhasil finis kedua dengan keunggulan 0,732 detik atas Norris.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Kemenangan George Russell di Formula 1 GP Austria

2. Memulai main race dari posisi ketujuh, Piastri berhasil finis runner-up

Tak seperti saat sprint race, Oscar Piastri harus memulai balapan dari posisi ketujuh. Meski begitu, Piastri mampu naik ke posisi keenam setelah menyalip Sergio Perez pada lap 7. Piastri sudah berada di posisi kelima pada lap 55 setelah melakukan pergantian ban ke jenis medium.

Insiden antara Max Verstappen dan Lando Norris pada lap 64 turut memengaruhi posisi Piastri dalam balapan. Piastri berhasil naik ke posisi ketiga dan mengejar Carlos Sainz. Upaya mengudeta posisi kedua dari Sainz membuahkan hasil pada lap 65. Setelah itu, Piastri terus memangkas jarak dengan George Russell yang memimpin balapan.

Sayangnya, usaha tersebut tak membuahkan hasil sehingga Piastri harus puas finis di belakang Russell dengan jarak 1,906 detik. Hasil tersebut menjadi podium kedua Piastri sepanjang Formula 1 2024. Sebelumnya, pembalap bernomor mobil 81 itu naik podium usai finis kedua di GP Monako.

3. Piastri sedikit kecewa karena gagal menorehkan kemenangan

Oscar Piastri Nyaris Raih Kemenangan di Main Race GP Austria 2024Oscar Piastri mengangkat trofi usai finis kedua di GP Austria 2024. (formula1.com)

Oscar Piastri mengaku sedikit kecewa karena gagal menorehkan hasil maksimal di GP Austria. Sebab, kesempatan untuk meraih kemenangan itu sebenarnya sudah berada di depan matanya. Meski begitu, Piastri tetap senang dengan capaian yang ia peroleh setelah sepekan sebelumnya mengalami kesulitan di GP Spanyol.

“Tentu saja, ada banyak hal yang bisa terjadi mulai dari hari Sabtu. Aku tahu itu adalah podium keempat milikku di Formula 1. Namun, begitu dekat dengan kemenangan terasa sedikit menyakitkan. Meski begitu, hasil tersebut benar-benar bagus.

Kami tampil cukup kuat pada paruh kedua balapan. Aku merasa senang dengan capaian podium lainnya. Hanya saja, ketika sudah sedekat itu, Anda tak bisa membendung sedikit rasa sedih,” ucap Piastri dilansir Racing News 365.

4. Piastri ingin melanjutkan tren positif saat jalani pekan balap GP Inggris

Oscar Piastri Nyaris Raih Kemenangan di Main Race GP Austria 2024Oscar Piastri dan Lando Norris berfoto bersama kru McLaren selepas GP Austria 2024. (x.com/McLarenF1)

Oscar Piastri bertekad melanjutkan tren positif di GP Austria dalam pekan balapan berikutnya di Silverstone, Inggris. Apalagi, GP Inggris 2023 memberi kesan penting di benak Piastri. Saat itu, Piastri berhasil finis keempat setelah dalam tiga seri balap sebelumnya gagal mendulang poin. Ia berharap kenangan manis yang terjadi tahun lalu bisa memberi motivasi untuk tampil lebih baik di GP Inggris musim ini.

“Itu adalah tempat dengan memori indah tahun lalu. Mudah-mudahan, kami bisa berada di posisi terdepan lagi. Aku pikir kami akan berada dalam pertarungan. Sirkuit Silverstone adalah trek yang selalu aku nikmati. Ini adalah balapan kandang tim. Jadi, aku sangat bersemangat untuk hal-hal yang akan terjadi,” pungkas Piastri.

Oscar Piastri kini bercokol di peringkat keenam klasemen sementara Formula 1 2024 lewat perolehan 112 poin. Ia tertinggal 6 poin dari Sergio Perez. Sementara itu, McLaren menduduki posisi ketiga di klasemen konstruktor dengan mengantongi 268 poin. Tim yang dipimpin Andrea Stella itu tertinggal 23 poin dari Ferrari yang berada satu peringkat di atas mereka.

Baca Juga: 11 Foto Podium Formula 1 GP Austria Terkini, dari 2014 hingga 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya