McLaren Bakal Hadirkan Paket Upgrade Usai GP Azerbaijan 2024

Bertekad raih dua gelar juara

Intinya Sih...

  • McLaren ambil alih klasemen konstruktor dari Red Bull setelah kemenangan Oscar Piastri dan posisi keempat Lando Norris di GP Azerbaijan 2024.
  • McLaren akan keluarkan lebih banyak paket peningkatan untuk mobil demi meraih gelar juara dunia pembalap dan konstruktor musim ini.
  • Lando Norris tertinggal 59 poin dari Max Verstappen, sementara McLaren unggul 20 poin atas Red Bull di klasemen konstruktor. Momentum bagus ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh McLaren.

McLaren sedang dalam momentum positif di Formula 1 2024. Tim yang berbasis di Woking, Inggris, itu berhasil mengambil alih puncak klasemen konstruktor dari tangan Red Bull. Hal tersebut terjadi setelah Oscar Piastri meraih kemenangan dan Lando Norris menyudahi balapan di posisi keempat saat balapan Formula 1 2024 GP Azerbaijan yang berlangsung, Minggu (15/7/2024) malam WIB.

Capaian gemilang tak lantas membuat McLaren berdiam diri. Andrea Stella selaku team principal mengungkapkan timnya punya rencana mengeluarkan lebih banyak paket peningkatan untuk mobil mereka. Langkah tersebut merupakan upaya McLaren dalam kontestasi gelar juara dunia pembalap dan konstruktor musim ini.

1. McLaren kembali memimpin klasemen konstruktor setelah terakhir kali pada 2014

McLaren Bakal Hadirkan Paket Upgrade Usai GP Azerbaijan 2024Lando Norris berada di depan Max Verstappen saat GP Azerbaijan 2024. (formula1.com)

McLaren tampil mengesankan di Formula 1 2024 dengan meraih empat kemenangan yang terhitung hingga GP Azerbaijan. Lando Norris mampu naik podium tertinggi di GP Miami dan Belanda, sedangkan Oscar Piastri finis terdepan di GP Hungaria dan Azerbaijan. McLaren terakhir kali meraih lebih dari empat kemenangan dalam semusim adalah pada 2012 dengan mengantongi tujuh kemenangan.

Performa mentereng McLaren semakin menjadi sorotan setelah mereka mampu menyalip Red Bull di klasemen konstruktor. Terakhir kali McLaren memimpin klasemen konstruktor adalah setelah GP Australia 2014. Saat itu, McLaren meraih 33 poin dari Kevin Magnussen dan Jenson Button yang masing-masing finis di posisi kedua serta ketiga.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP Azerbaijan

2. McLaren tak jemawa setelah menyalip Red Bull di klasemen konstruktor

McLaren Bakal Hadirkan Paket Upgrade Usai GP Azerbaijan 2024Andrea Stella (kiri) bersama Lando Norris dan Oscar Piastri selepas GP Azerbaijan 2024 (formula1.com)

Keberhasilan menyalip Red Bull di klasemen konstruktor tak lantas membuat McLaren jemawa. Andrea Stella bahkan menepis anggapan timnya kini punya mobil tercepat di Formula 1 2024. Ia melihat MCL38 tak terlalu superior dalam sejumlah sirkuit di kalender balap musim ini.

“Tidak banyak yang bisa dipilih di antara empat tim teratas. Aku sering mendengar kata-kata ‘McLaren adalah mobil terbaik’. Aku rasa ini bukan soal angka. 

Aku pikir dalam beberapa hal, McLaren adalah mobil terbaik di sejumlah sirkuit, seperti Barcelona, Hungaria, Zandvoort karena aspek teknis yang bagus. Namun, saat di Baku, aku rasa McLaren tidak menikmati keuntungan apa pun atas Ferrari dan bahkan atas Red Bull,” kata Stella dilansir Motorsport Week.

3. Andrea Stella memastikan McLaren bawa paket peningkatan untuk MCL38

McLaren Bakal Hadirkan Paket Upgrade Usai GP Azerbaijan 2024Oscar Piastri saat menjalani balapan GP Italia 2024. (formula1.com)

McLaren tak akan berdiam diri selepas hasil mengesankan di GP Azerbaijan 2024. Mereka justru punya rencana membawa paket peningkatan untuk MCL38 dalam tujuh seri pemungkas Formula 1 2024. Usaha tersebut dilakukan tak hanya demi mengejar gelar juara konstruktor, tetapi juga untuk membantu Lando Norris yang kini sedang bersaing memperebutkan gelar juara musim ini.

Andrea Stella tidak menjelaskan secara rinci paket peningkatan seperti apa yang akan dibawa. Ia juga tidak berbicara terlalu jauh mengenai waktu penerapan paket tersebut untuk MCL38. Meski begitu, Stella menegaskan timnya ingin membuat mobil menjadi lebih cepat ketimbang yang ada saat ini.

”Apakah kami bisa melakukannya atau tidak, lihat saja nanti. Aku pikir kami telah melihat bahwa tidak mudah untuk mengubah spesifikasi mobil pada tingkat pengembangan seperti ini. Tidak mudah untuk membuatnya bekerja seperti yang Anda harapkan dalam alat pengembangan Anda.

Itulah mengapa kami membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk mencoba serta memastikan kami membawanya ke trek dengan sukses. Aku bisa mengonfirmasi bahwa kami memiliki sejumlah hal yang akan datang dalam seri balap berikutnya. Aku akan memberikan kejutan pada dokumen FIA ketika itu dirilis,” jelas Stella.

Lando Norris kini tertinggal 59 poin dari Max Verstappen yang berada di puncak klasemen. Sementara itu, McLaren unggul 20 poin atas Red Bull di klasemen konstruktor. Momentum bagus ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik oleh McLaren untuk balapan selanjutnya yang berlangsung di Marina Bay, Singapura, pada 20-22 September 2024. Bisakah mereka mengulangi hasil oke pada akhir pekan ini? Menarik untuk ditunggu!

Baca Juga: Max Verstappen Mulai Lesu untuk Mempertahankan Juara Dunia F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya