Max Verstappen Sukses Raih Gelar Juara Dunia Formula 1 2023

Sudah mengoleksi tiga gelar juara

Max Verstappen berpesta di Sirkuit Lusail, Qatar, pada Minggu (8/10/2023) dini hari WIB. Pembalap Red Bull itu memastikan diri meraih gelar juara dunia Formula 1 2023. Itu didapat usai finis kedua saat sprint race GP Qatar.

Verstappen dan Red Bull tentu menyambut gembira hasil itu. Apalagi, jumlah gelar juara sang pembalap sudah menyamai sejumlah nama besar yang pernah berkompetisi di kejuaraan ini.

Lantas, seperti apa perjuangan Verstappen saat sprint race GP Qatar hingga berujung merengkuh gelar juara dunia ketiga dalam kariernya?

1. Max Verstappen merampungkan sprint race GP Qatar di posisi kedua

Max Verstappen Sukses Raih Gelar Juara Dunia Formula 1 2023Max Verstappen (depan) menyalip George Russell saat sprint race GP Qatar 2023. (twitter.com/F1)

Memulai sprint race dari posisi ketiga, Max Verstappen langsung melorot ke posisi kelima begitu lampu start padam. Meski begitu, ia mampu merangkak naik ke posisi keempat pada lap kesembilan usai menyalip Charles Leclerc. Kemudian, Verstappen sudah berada di posisi ketiga setelah mengasapi Carlos Sainz.

Pada lap sebelas, Sergio Perez mengalami insiden di tikungan kedua. Pembalap asal Meksiko itu mengalami kontak dengan Esteban Ocon dan Nico Huelkenberg di tikungan kedua. Alhasil, peluang Verstappen mengunci gelar juara dunia kian terbuka lebar.

Verstappen berhasil mengudeta posisi kedua dari George Russell pada lap 16. Posisi tersebut dipertahankan pembalap asal Belanda itu hingga bendera chequered dikibarkan. Verstappen finis di belakang Oscar Piastri dengan jarak 1,871 detik.

2. Jumlah gelar juara dunia Max Verstappen kini setara dengan sejumlah legenda Formula 1

Finis kedua saat sprint race GP Qatar sudah cukup untuk memastikan gelar juara ketiga berada dalam genggaman Max Verstappen. Koleksi 407 poin yang dimiliki sang pembalap sudah tak bisa lagi dikejar Sergio Perez, rekannya di Red Bull. Keberhasilan ini menjadi catatan menarik untuk Verstappen dalam hal koleksi gelar juara.

Jumlah gelar juara Verstappen kini sama dengan koleksi yang dimiliki sejumlah legenda balap Formula 1. Nama-nama tersebut antara lain Ayrton Senna, Nelson Piquet, Niki Lauda, Jackie Stewart, dan Jack Brabham. Verstappen bahkan melampaui Fernando Alonso yang hingga saat ini baru memiliki dua gelar juara Formula 1.

Baca Juga: Max Verstappen Buka Peluang Juara di Sprint Race GP Qatar 2023

3. Max Verstappen mengapresiasi kerja keras Red Bull sepanjang Formula 1 2023

Max Verstappen Sukses Raih Gelar Juara Dunia Formula 1 2023Max Verstappen digendong sejumlah kru Red Bull saat perayaan gelar juara Formula 1 2023. (formula1.com)

Max Verstappen meluapkan kegembiraan atas kesuksesannya mengunci gelar juara Formula 1 2023. Saat cool-down lap, ia mengucapkan terima kasih atas kerja keras Red Bull sepanjang 2023 ini. Ia juga bersyukur memiliki mobil RB19 yang menampilkan performa sangat bagus saat berada di lintasan.

“Luar biasa, kawan. Aku tak tahu apa yang harus kukatakan. Sebuah tahun yang menakjubkan. Terima kasih telah memberiku mobil yang seperti ini. Sebuah kesenangan yang terjadi sejauh ini. Aku hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang di sini yang ada di trek dan mereka yang berada di pabrik atas semua usaha yang dikeluarkan,” ucap Verstappen lewat komunikasi radio tim dilansir Formula 1.

4. Red Bull sukses mengawinkan gelar juara pembalap dan konstruktor dua kali beruntun

Max Verstappen Sukses Raih Gelar Juara Dunia Formula 1 2023Max Verstappen masih memakai helm saat berselebrasi dengan kru Red Bull selepas sprint race GP Qatar 2023. (formula1.com)

Keberhasilan Verstappen meraih gelar juara dunia Formula 1 2023 menggenapi kesuksesan Red Bull yang sudah dirayakan saat GP Jepang. Sebelumnya, tim yang dipimpin Christian Horner itu lebih dahulu mengunci gelar juara konstruktor di Sirkuit Suzuka. Gelar tersebut menjadi yang keenam kalinya diperoleh Red Bull sepanjang berkiprah di Formula 1.

Selain itu, Red Bull juga sukses mengawinkan gelar juara pembalap dan konstruktor untuk kedua kali secara beruntun. Sebelumnya, Red Bull sukses menyabet dua gelar tersebut pada 2022 lalu. Hal ini tentu makin menegaskan keperkasaan Red Bull yang belum tertandingi dalam 2 musim terakhir.

Meski sudah meraih gelar juara, Max Verstappen masih akan dihadapkan main race GP Qatar yang akan berlangsung pada Senin (9/10/2023) dini hari WIB. Verstappen akan memulai balapan dari pole position. Tentu, ia mengincar kemenangan dalam balapan berdurasi 57 lap itu guna melengkapi pesta akhir pekan ini.

Baca Juga: Jos Verstappen Sanjung Kombinasi Apik Max Verstappen dan Red Bull

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya