Marco Bezzecchi Senang Usai Menang di Main Race MotoGP India 2023

Tebus kegagalan yang terjadi saat sprint race 

Main race MotoGP India yang berlangsung pada Minggu (24/9/2023) sore WIB menghadirkan pemenang pertama. Marco Bezzecchi sukses menuntaskan balapan berdurasi 21 lap di Buddh International Circuit dengan finis di posisi terdepan. Pembalap Mooney VR46 itu merampungkan balapan dengan jarak 8,649 detik di depan Jorge Martin.

Torehan mengesankan itu tentu disambut gembira Bezzecchi. Apalagi, kemenangan tersebut didapat pembalap asal Italia sehari setelah gagal finis sebagai pemenang saat sprint race. Lalu, apa saja kesan Bezzecchi selama menjalani main race GP India?

1. Dapat pole position, Marco Bezzecchi sukses finis terdepan saat main race GP India

Marco Bezzecchi Senang Usai Menang di Main Race MotoGP India 2023Marco Bezzecchi berada di posisi terdepan saat main race GP India 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Marco Bezzecchi punya modal bagus menyongsong main race GP India. Sebab, ia berhasil meraih pole position saat sesi kualifikasi. Meski begitu, tantangan langsung hadir begitu lampu start padam.

Bezzecchi disalip Jorge Martin dan Francesco Bagnaia pada tikungan pertama. Hal tersebut membuat pembalap bernomor motor 72 itu melorot ke posisi ketiga. Akan tetapi, tak butuh waktu lama bagi Bezzecchi kembali berada di posisi terdepan. Ia mengambil alih pimpinan balapan pada awal lap kedua.

Bezzecchi mampu menjaga posisi pertama hingga bendera chequered dikibarkan. Finis pertama di GP India menandai kemenangan ketiga Bezzecchi saat main race sepanjang musim 2023. Sebelumnya, pembalap berusia 24 tahun itu meraih kemenangan di GP Argentina dan Prancis.

2. Marco Bezzecchi suka Buddh International Circuit walaukesulitan dengan ban depan

Marco Bezzecchi Senang Usai Menang di Main Race MotoGP India 2023Marco Bezzecchi saat menjalani main race GP India 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Selepas main race, Marco Bezzecchi menceritakan kesannya terhadap Buddh International Circuit. Ia suka dengan sirkuit dengan panjang 5,010 km tersebut. Meski begitu, Bezzecchi kesulitan karena ban depan motornya terkunci dengan cepat. Namun, ia mampu mengatasi rintangan tersebut sehingga bisa melaju kencang meninggalkan para pesaingnya.

“Aku benar-benar suka treknya. Namun, sejujurnya aku tak tahun alasannya. Aku berkonsentrasi pada pengereman di sini. Kondisinya sulit dan ban depan terkunci dengan cepat dan parah. Umumnya, Bagnaia dan Jorge Martin membuat perbedaan di area ini, setidaknya itulah yang terjadi akhir-akhir ini,” kata Bezzecchi dilansir Speedweek.

Baca Juga: Valentino Rossi Yakin Marco Bezzecchi Bakal Bertahan di VR46

3. Marco Bezzecchi tak menyangka dirinya finis dengan jarak yang cukup jauh dari Jorge Martin

Marco Bezzecchi Senang Usai Menang di Main Race MotoGP India 2023Marco Bezzecchi melintasi garis finis saat main race GP India 2023. (flickr.com/vr46racingteam)

Performa mengesankan saat main race GP India membuat Marco Bezzecchi finis di depan Jorge Martin dengan jarak 8,649 detik. Bezzecchi tak mengira dirinya bisa finis dengan jarak sejauh itu. Hal tersebut membuat kemenangan Bezzecchi kian lengkap.

“Aku tidak melihatnya. Pada lap terakhir, masih ada keunggulan sebesar 6 detik, entah apa yang terjadi kemudian. Aku tidak menyangka menang dengan jarak 8 detik. Sebuah kemenangan terasa bagus, bahkan dengan jarak 0,001 detik,” ujar Bezzecchi.

4. Finis pertama main race jadi pembalasan Marco Bezzecchi atas hasil kurang oke saat sprint race

Marco Bezzecchi Senang Usai Menang di Main Race MotoGP India 2023Marco Bezzecchi mengangkat papan bernomor 1 saat berselebrasi dengan kru Mooney VR46 Racing usai main race GP India 2023. (flickr.com/photos/vr46racingteam)

Finis terdepan saat main race GP India juga menjadi momen balas dendam yang manis untuk Marco Bezzecchi terhadap hasil balapnya saat sprint race. Sebab, Bezzecchi sempat terlibat insiden dengan Luca Marini pada lap pertama sprint race. Ketika itu, Marini menabrak bagian belakang motor Bezzecchi yang membuat keduanya keluar trek.

Marini terjatuh dari motor, sedangkan Bezzecchi masih bisa melanjutkan balapan. Akan tetapi, Bezzecchi langsung melorot ke posisi 18 pada lap awal sprint race. Untungnya, Bezzecchi mampu menyalip para pembalap di depannya dan mengakhiri balapan berdurasi sebelas lap itu di posisi kelima.

“Setelah kemarin, sayangnya aku ditabrak Luca Marini pada awal lap, aku ingin membalas dendam. Beruntung, aku memulai dengan lebih baik. Aku bisa memimpin cukup awal. Kemudian, aku mencoba fokus dan mengatur ritme. Aku merasa menyatu dengan motorku dan itu fantastis,” jelas Bezzecchi dikutip Motorcycle Sports.

Tambahan 30 poin dari GP India membuat Marco Bezzecchi tetap berada di posisi ketiga klasemen pembalap. Namun, jarak poin dengan Francesco Bagnaia yang ada di puncak klasemen kian terkikis. Pembalap VR46 itu kini terpaut 44 poin dari Bagnaia yang hanya mengantongi 9 poin dari GP India setelah finis kedua saat sprint race.

Baca Juga: Hasil MotoGP India: Bagnaia Terjatuh, Bezzecchi Jadi Pemenang

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya