Marc Marquez Mulai Pulih dari Cedera, Dapat Izin Latihan Motor

Hasil pemeriksaan menunjukkan kemajuan

Marc Marquez absen balapan sejak GP Italia pada 2022 ini. Keputusan itu diambil lantaran pembalap asal Spanyol tersebut ingin fokus pemulihan cedera lengan kanan.

Meski begitu, Marquez baru-baru ini mendapat lampu hijau dari tim dokter untuk kembali berlatih mengendarai sepeda motor. Marc Marquez mulai pulih dari cedera. Hal tersebut disampaikan setelah gelaran MotoGP di Austria.

1. Hasil pemeriksaan lengan kanan menunjukkan kemajuan

Dr. Joaquin Sanchez Sotelo mengabarkan hasil pemeriksaan kondisi fisik Marc Marquez. Ia mengungkapkan bahwa hasil x-ray sang pembalap menunjukkan adanya kemajuan. Marquez sendiri telah menjalani proses penyembuhan setelah operasi pada 2 Juni 2022 lalu.

“Beruntung, Marc Marquez telah mendapatkan kembali rentang gerakan yang luas dan telah pulih dengan baik dari perspektif otot. Dia menjalani pemeriksaan x-ray yang menunjukkan penyatuan tulang lengkap,” kata dr. Sotelo dilansir Speedweek.

2. Tim medis setuju Marc Marquez latihan intensif

Marc Marquez Mulai Pulih dari Cedera, Dapat Izin Latihan MotorMarc Marquez berbicara di depan media saat sesi konferensi pers pada GP Austria 2022. (motogp.com)

Dengan hasil tersebut, tim medis menyetujui Marc Marquez untuk meningkatkan intensitas latihannya. Nantinya, kakak kandung Alex Marquez itu akan menjalani latihan yang lebih bervariasi ketimbang beberapa waktu sebelumnya.

Selain itu, Marc Marquez juga dapat memulai latihan dengan mengendarai sepeda motor. Ini agar Marc Marquez dan timnya bisa memahami kondisi lebih lanjut lengan kanannya yang berangsur-angsur pulih.

Baca Juga: Bos Honda Berharap Marc Marquez Fit untuk Tes Pra Musim MotoGP

3. Repsol Honda terus pantau kondisi Marc Marquez untuk putuskan langkah selanjutnya

Marc Marquez Mulai Pulih dari Cedera, Dapat Izin Latihan Motorpembalap Repsol Honda Marc Marquez (motogp.com)

Makin pulihnya kondisi Marc Marquez tentu menjadi kabar gembira bagi Repsol Honda. Pasalnya, performa Repsol Honda selama Marc Marquez absen kurang begitu menjanjikan.

Meski begitu, belum dapat dipastikan apakah Marc Marquez akan comeback dalam waktu dekat atau tidak. Repsol Honda masih harus memantau perkembangan kondisi fisik pembalap bernomor motor 93 itu untuk mengambil langkah yang dibutuhkan.

4. Alberto Puig berharap Marc Marquez bisa ikut tes resmi MotoGP di San Marino

Marc Marquez Mulai Pulih dari Cedera, Dapat Izin Latihan MotorMarc Marquez menjalani latihan fisik di sebuah gym. (motogp.com)

Alberto Puig selaku Team Manager Repsol Honda berharap bisa melihat kembali Marc Marquez di lintasan balap, terutama saat tes resmi MotoGP di Sirkuit Misano, San Marino. Sebab, kehadiran peraih delapan gelar juara semua kelas di MotoGP itu penting dalam pengembangan RC213V untuk musim depan.

“Aku tak berpikir dia akan siap untuk balapan. Namun, jika dia bisa untuk ikut tes, bahkan bukan untuk 100 lap dalam 1 hari melainkan 4 lap, maka itu akan menjadi hal penting. Jika dia tak berada pada tes di Misano, maka segala sesuatunya tak akan berubah,” jelas Puig dikutip GPOne.

5. Jika Marc Marquez tak ikut tes Misano, kerja Honda untuk pengembangan motor kian berat

Marc Marquez Mulai Pulih dari Cedera, Dapat Izin Latihan Motorpembalap Repsol Honda Marc Marquez (motogp.com)

Alberto Puig mengakui bahwa Marc Marquez adalah pembalap yang paham betul dengan kondisi RC213V. Tanpa adanya tes bersama Marc Marquez di Misano pada awal September mendatang, Honda bisa kesulitan dalam mengembangkan motornya ke arah lebih baik.

“Jika dia tak ada di sana, kami akan melakukan seperti yang sudah kami lakukan sejauh ini secara membabi buta. Bukan berarti bahwa pembalap lain tak paham soal motor RC213.

Namun, yang benar-benar memahami adalah dia yang telah menang beberapa kali dengan motor tersebut. Jika dia tak ada di sana dan itu bukan sebuah alasan, maka itu akan membuat kerja kami kian sulit,” pungkas Puig.

Marc Marquez mulai pulih dari cedera. Ia bahakan dapat izin latihan. Namun, itu bukan jaminan sang pembalap bisa turun pada tes di Sirkuit Misano.

Baca Juga: Marc Marquez Segera Mengaspal, Kapan Tuh?

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya