Marc Marquez Cukup Puas Finis Ke-3 di GP Emilia Romagna 2024

Meski gagal mengulangi kemenangan

Marc Marquez kembali naik podium di Sirkuit Misano akhir pekan lalu. Pembalap Gresini Racing itu finis ketiga dalam grand prix race GP Emilia Romagna yang berlangsung pada Minggu (22/9/2024) malam WIB. Ini menjadi podium kedua secara beruntun yang diperoleh Marquez dalam dua seri balap berbeda di sirkuit yang sama.

Marc Marquez menyambut hasil tersebut dengan senang. Apalagi, kakak kandung Alex Marquez tersebut telah melampaui target yang sudah ditetapkannya untuk balapan kali ini. Lantas, seperti apa performa Marquez sepanjang pekan balap GP Emilia Romagna musim ini?

1. Marc Marquez menempati posisi start ketujuh dalam balapan GP Emilia Romagna 2024

Marc Marquez tampil bagus pada sesi latihan Jumat (20/9/2024) siang waktu setempat. Ia mampu mencatatkan waktu 1 menit 31,490 detik dan menempati posisi keempat. Torehan itu langsung membawa Marquez ke sesi kualifikasi kedua (Q2) keesokan harinya.

Performa Marc Marquez saat Q2 terbilang oke. Pemilik delapan gelar juara di semua kelas MotoGP itu sempat berada di posisi kedua dengan jarak 0,535 detik dari Jorge Martin. Sayangnya, ia terjatuh di tikungan 2 saat waktu sesi Q2 tersisa 9 menit. Meski begitu, Marquez bisa melanjutkan sesi dengan hasil akhir menempati posisi start ketujuh.

Baca Juga: Marc Marquez Puji Sikap Francesco Bagnaia di GP San Marino 2024

2. Marc Marquez merampungkan grand prix race dengan finis ketiga

Marc Marquez Cukup Puas Finis Ke-3 di GP Emilia Romagna 2024Marc Marquez berada di depan sejumlah pembalap saat grand prix race GP Emilia Romagna 2024. (x.com/marcmarquez93)

Berada di posisi start ketujuh menjadi tantangan untuk Marc Marquez. Walau demikian, pembalap bernomor motor 93 itu mampu memperbaiki posisinya pada lap pertama usai menyalip Marco Bezzecchi. Kemudian, Marquez menempati posisi kelima pada lap kedua setelah Brad Binder terjatuh di tikungan empat.

Marc Marquez naik ke posisi keempat pada lap sepuluh selepas Pedro Acosta terjatuh di tikungan 15. Puncaknya, Marquez masuk tiga besar setelah Francesco Bagnaia mengalami lowside pada lap 21 di tikungan delapan. Posisi tersebut mampu dipertahankan Marquez hingga bendera chequered dikibarkan.

Finis ketiga saat grand prix race GP Emilia Romagna menjadi podium ketiga secara beruntun yang diraih Marc Marquez. Sebelumnya,ia sukses mencatatkan dua kemenangan di GP Aragon dan San Marino. Secara keseluruhan, Marquez telah naik podium sebanyak tujuh kali musim ini. Jumlah tersebut berpotensi bertambah mengingat MotoGP 2024 menyisakan enam seri balap.

3. Marc Marquez sejatinya menargetkan finis keempat saat grand prix race

Marc Marquez puas dengan hasil balap di GP Emilia Romagna 2024. Sejak awal, Marquez menargetkan finis di posisi keempat saat grand prix race. Ia sebetulnya berusaha memangkas jarak dari pembalap yang berada di barisan depan. Namun, Marquez tak mau ambil risiko dengan memilih tetap berada di posisi keempat sebelum akhirnya Francesco Bagnai terjatuh.

“Faktanya, aku berusaha untuk mengendalikan Pedro Acosta dan Marco Bezzecchi yang memiliki kecepatan untuk bertarung denganku dalam perebutan posisi keempat. Kemudian, aku berada di sana. Aku tahu bahwa mengambil banyak risiko akan berada di posisi keempat dengan jarak 4 detik di belakang pemimpin balapan,” kata Marc Marquez dilansir Crash.

Mengambil sedikit risiko akan berada di posisi keempat dengan jarak 8 detik di belakang pembalap terdepan. Jadi, pada akhirnya sama saja dan itulah yang kami lakukan. Untungnya, Bagnaia melakukan kesalahan dan memberi kami hadiah dan posisi podium,” sambungnya.

Marc Marquez kini menduduki posisi keempat di klasemen pembalap. Ia mengoleksi 281 poin dari 14 seri balap. Ia berselisih satu poin dari Enea Bastianini yang bertengger di peringkat ketiga.

Baca Juga: Marquez Dijadwalkan Ikut Parade MotoGP di Mataram, Jalanan Ditutup

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya