Kevin Magnussen Resmi Tinggalkan Haas Selepas Formula 1 2024

Magnussen incar kursi balap tim lain

Masa depan Kevin Magnussen selepas Formula 1 2024 akhirnya terjawab. Pembalap asal Denmark itu akan meninggalkan Haas pada akhir musim ini. Hal tersebut bersamaan dengan kontrak Magnussen yang akan rampung pada pengujung tahun ini.

Meski berpisah dari Haas, Magnussen menegaskan ambisinya untuk tetap melanjutkan kiprah di Formula 1. Bahkan, ia tak menampik sedang melakukan pembicaraan dengan sejumlah tim. Sementara itu, Haas masih berusaha untuk mencari cara agar Magnussen tetap bersama mereka walau tak jadi pembalap utama.

1. Kevin Magnussen telah memperkuat Haas selama 7 musim

Kevin Magnussen Resmi Tinggalkan Haas Selepas Formula 1 2024Kevin Magnussen saat menjalani balapan GP Inggris 2024. (formula1.com)

Pengumuman Kevin Magnussen berpisah dari Haas disampaikan pada Kamis (18/7/2024) sore WIB. Hal tersebut mengakhiri kebersamaan yang telah terjalin selama 7 musim. Periode pertama Magnussen di Haas terjadi pada 2017–2020. Kemudian, Magnussen kembali memperkuat tim yang berbasis di Kannapolis, Amerika Serikat, pada 2022 hingga saat ini.

Pencapaian terbaik Magnussen bersama Haas adalah menduduki peringkat kesembilan dalam klasemen pembalap Formula 1 2018. Magnussen mampu mencetak poin dalam 11 dari 21 seri balap yang digelar sehingga mengoleksi 56 poin. Pada saat bersamaan, Haas juga bertengger di peringkat kelima dalam klasemen konstruktor sekaligus jadi prestasi terbaik tim sampai saat ini.

“Aku ingin berterima kasih kepada Magnussen atas semua yang dia berikan kepada kami sebagai sebuah tim, baik di dalam maupun luar trek. Dia benar-benar menjadi fondasi bagi susunan pembalap kami selama bertahun-tahun. Tidak ada yang menjalani lebih banyak balapan untuk kami dan telah memiliki beberapa sorotan berkesan bersama,” kata Ayao Komatsu selaku team principal Haas dilansir Formula 1.

2. Ayao Komatsu berharap Haas cari cara agar tetap bekerja sama dengan Magnussen

Kevin Magnussen Resmi Tinggalkan Haas Selepas Formula 1 2024Ayao Komatsu (kiri) dan Kevin Magnussen (formula1.com)

Ayao Komatsu tetap memberi dukungan kepada Kevin Magnussen pada sisa seri balap Formula 1 2024. Selain itu, Komatsu juga mengharapkan timnya mencari cara agar tetap bekerja sama dengan Magnussen meski pembalap berusia 31 tahun tak berstatus sebagai pembalap utama musim depan. Jika tawaran dari Haas diterima, Magnussen tidak akan melanjutkan balapan di Formula 1 walau tetap dapat berkompetisi di ajang balap lain.

“Dengan hubungan spesial bersama Magnussen, aku berharap kami bisa mencari cara untuk tetap bekerja bersama dalam beberapa kapasitas. Kami berharap bisa menentukannya dalam waktu dekat. Pengalamannya yang luas di Formula 1 dan pengetahuan terhadap operasi kerja kami adalah nilai tambah dalam pertumbuhan dan perkembangan kami yang sedang berlangsung,” jelas Komatsu.

3. Magnussen akui sedang dalam pembicaraan dengan tim lain

Kevin Magnussen Resmi Tinggalkan Haas Selepas Formula 1 2024pembalap Haas, Kevin Magnussen (formula1.com)

Sementara itu, Kevin Magnussen menyampaikan rasa terima kasih kepada Haas atas kepercayaan yang telah diberikan selama ini. Ia mengaku bangga telah memperkuat tim tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Magnussen bertekad akan fokus menuntaskan seri balap yang tersisa di Formula 1 2024.

Di sisi lain, Magnussen mengaku sedang dalam pembicaraan dengan tim lain guna mengamankan satu kursi balap pada 2025. Magnussen juga menekankan dirinya tak memendam perasaan buruk kepada Haas setelah kemitraan yang sudah terjalin lama berakhir. Walau demikian, Magnussen tak menampik dapat bertahan di Haas akan menjadi hal yang menarik.

“Aku pikir jika itu berlanjut akan menjadi hal menyenangkan untuk melihat hasil dari momentum yang telah dibangun di sini baru-baru ini. Itu akan menjadi sesuatu yang menarik. Namun, aku pikir ada juga proyek menarik lainnya di luar sana. Masih ada kursi yang tersedia di F1 yang akan jadi hal menarik,” ucap Magnussen dikutip Racing News 365.

Haas kini menyisakan satu kursi lowong. Esteban Ocon digadang-gadang akan menjadi tandem untuk Oliver Bearman di Formula 1 2025. Hingga artikel ini ditulis, belum ada pengumuman resmi dari Haas terkait pembalap yang akan direkrut.

Baca Juga: Nico Hulkenberg Ingin Kevin Magnussen Bertahan di Haas pada 2025

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya