Jack Doohan Resmi Perkuat Alpine di Formula 1 2025

Isi posisi yang ditingalkan Ocon

Susunan pembalap Alpine untuk Formula 1 2025 telah rampung. Tim mengumumkan Jack Doohan sebagai tandem Pierre Gasly pada Jumat (23/8/2024) sore WIB. Doohan mengisi posisi kosong sepeninggal Esteban Ocon yang bergabung dengan Haas.

Jack Doohan bukan wajah baru untuk Alpine. Anak kandung legenda MotoGP, Mick Doohan, tersebut merupakan pembalap yang tergabung dalam Alpine Academy. Ia juga sudah dikabarkan akan mengisi kursi Alpine sejak lama.

Lantas, seperti apa tanggapan Alpine dan Jack Doohan terkait kemitraan mereka di Formula 1 yang baru saja diumumkan?

1. Sepak terjang Jack Doohan sebelum berkiprah di Formula 1 2025

Jack Doohan Resmi Perkuat Alpine di Formula 1 2025Jack Doohan saat berkiprah di F3 Asian Championship. (jackdoohan.com)

Jack Doohan bergabung ke Alpine Academy pada 2022. Pembalap asal Australia itu sebelumnya menjadi bagian dari Red Bull Junior Team pada 2018–2021. Pada 2023–2024, Doohan berstatus sebagai pembalap cadangan di Alpine.

Kiprah Doohan di ajang balap mobil tak bisa dipandang sebelah mata. Ia menduduki peringkat kedua di F3 Asian Championship 2019. Semusim berselang, Doohan kembali menduduki posisi runner-up dalam kejuaraan yang sama. Pada 2021, Doohan merampungkan Formula 3 bersama Trident di posisi kedua. Ia mampu bercokol di peringkat ketiga dalam klasemen akhir Formula 2 2023.

Baca Juga: Jack Doohan Menargetkan Kursi di Formula 1 2025

2. Jack Doohan senang bisa mendapat kesempatan memperkuat Alpine

Kabar seputar masa depan Jack Doohan di Formula 1 menyeruak setelah Esteban Ocon pergi dari Alpine untuk bergabung dengan Haas. Isu tersebut pada akhirnya menjadi kenyataan dan mendapat sambutan baik dari Doohan. Ia senang memperoleh kesempatan memperkuat Alpine pada 2025.

“Aku sangat bersyukur atas kepercayaan yang diberikan oleh manajemen tim senior. Ada banyak kerja keras yang harus dipersiapkan dan aku akan memberikan yang terbaik guna menyerap banyak informasi serta pengetahuan agar siap melangkah. Sangat menyenangkan menjadi lulusan pertama Alpine Academy yang mendapat kursi balap dengan tim,” kata Jack Doohan dilansir Formula 1.

Aku sangat berterima kasih kepada orang-orang yang mendukungku selama ini sehingga impian menjadi kenyataan. Ini adalah momen yang menyenangkan dan hari yang membanggakan untuk keluargaku. Aku tak sabar untuk menerima semuanya dan berusaha keras di balik layar,” lanjutnya.

3. Oliver Oakes antusias dengan kehadiran Jack Doohan di Alpine

Jack Doohan Resmi Perkuat Alpine di Formula 1 2025Jack Doohan saat masuk ke mobil A524 sebelum FP1 GP Inggris 2024. (jackdoohan.com)

Kepastian Jack Doohan mendapat kursi balap di Alpine membuatnya akan bereuni dengan Oliver Oakes. Sebelumnya, Oakes merupakan pendiri Hitech Grand Prix yang turun di ajang Formula 2, Formula 3, dan F3 Asian Championship. Tim tersebut pernah diperkuat Doohan saat berkiprah di F3 Asian Championship pada 2019.

Oakes menunjukkan antusiasme terhadap kabar Doohan memperkuat Alpine di Formula 1 2025. Team principal Alpine itu menilai Doohan sebagai sosok pekerja keras. Masuknya Doohan diharapkan akan memperkokoh kekuatan tim guna menghadapi persaingan ketat di kejuaraan.

“Secara personal, aku telah bekerja dengannya pada 2019. Aku sangat menyadari potensi dan bakat yang dimilikinya. Dia adalah pekerja keras di belakang layar dan komitmennya sangat dihargai oleh seluruh orang di tim.

Bersama dengan Gasly, kami memiliki susunan pembalap yang seimbang dengan kombinasi baik antara energi muda, pengalaman, dan kecepatan murni. Kami tak sabar untuk bekerja bersama Doohan dan Gasly untuk terus mengembangkan mobil dan membawa tim ke papan atas,” jelas Oliver Oakes dikutip Racing News 365.

Jack Doohan tercatat sebagai pembalap ke-17 yang telah mengamankan kursi balap di Formula 1 2025. Masih tersisa tiga kursi yang belum terisi dengan masing-masing ada di Mercedes, RB, dan Sauber. Menarik untuk menantikan siapa lagi yang akan mendapat kesempatan berada di kejuaraan untuk musim depan.

Baca Juga: Jack Doohan Jadi Kandidat Kuat Pengganti Esteban Ocon di Alpine

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya