Frederic Vasseur Tak Kesampingkan Peluang Reuni dengan Carlos Sainz

Sainz akan tinggalkan Ferrari pada akhir 2024

Kebersamaan Carlos Sainz dengan Ferrari segera berakhir pada pengujung 2024. Pembalap asal Spanyol itu tak mendapat kursi di tim berlogo kuda jingkrak pada musim depan. Sainz juga telah memutuskan untuk pindah ke Williams dengan durasi kontrak hingga akhir 2026.

Meski akan berpisah, Frederic Vasseur tetap memberi apresiasi terhadap kerja keras yang telah diberikan Sainz kepada tim. Apalagi, Sainz telah memperkuat Ferrari selama hampir 4 musim. Team principal Ferrari itu juga mengaku tak menutup peluang untuk bereuni dengan Sainz pada masa mendatang.

1. Ferrari memilih Lewis Hamilton sebagai tandem Charles Leclerc di Formula 1 2025

Frederic Vasseur Tak Kesampingkan Peluang Reuni dengan Carlos Sainzpembalap Mercedes, Lewis Hamilton (formula1.com)

Ferrari telah membuat keputusan pada awal Februari 2024 berkaitan dengan susunan pembalap. Lewis Hamilton terpilih untuk bertandem dengan Charles Leclerc di Formula 1 2025. Pembalap berkebangsaan Inggris itu terikat kontrak dengan durasi 2 tahun yang membuatnya berada di tim setidaknya hingga akhir 2026.

Kondisi tersebut membuat Carlos Sainz terdepak dari Ferrari. Hal ini memberi peluang bagi Sainz bergabung dengan salah satu tim di kejuaraan. Berselang 6 bulan, Sainz memutuskan berlabuh ke Williams untuk melanjutkan kiprahnya di Formula 1.

2. Frederic Vasseur memuji sikap profesional Carlos Sainz

Frederic Vasseur Tak Kesampingkan Peluang Reuni dengan Carlos SainzCarlos Sainz saat menjalani pekan balap GP Spanyol 2024. (formula1.com)

Carlos Sainz menjalani momen yang tak mudah selama 6 bulan dalam proses mencari tim baru. Selain memikirkan tim mana yang akan dituju, Sainz juga perlu menjaga performanya bersama Ferrari demi meraih hasil maksimal. Frederic Vasseur memuji sikap profesional yang ditunjukkan Sainz untuk tim.

“Dia melakukan pekerjaan yang sangat bagus. Dia bisa tetap bersikap profesional dalam kondisi sulit seperti itu. Aku bisa melihat dengan jelas apa yang dia bawa untuk tim pada musim ini dan tahun lalu,” kata Vasseur dilansir Racing News 365.

“Dia menjadi bagian dari pemulihan tahun lalu saat kami mengalami momen sulit pada musim panas. Aku sangat senang memiliki Sainz. Aku akan menjaga hubungan yang sangat baik ini dengannya,” lanjutnya.

Baca Juga: 8 Pembalap Formula 1 yang Membela Ferrari dan Williams, Ada Sainz

3. Frederic Vasseur menegaskan melepas Carlos Sainz bukanlah keputusan mudah

Frederic Vasseur Tak Kesampingkan Peluang Reuni dengan Carlos Sainzpembalap Ferrari, Carlos Sainz (formula1.com)

Waktu kebersamaan antara Frederic Vasseur dengan Carlos Sainz tak lama lagi akan segera berakhir. Meski nantinya berpisah, Vasseur tetap membuka kans untuk kembali bekerja bersama Sainz pada masa mendatang. Pria asal Prancis itu menekankan bahwa keputusan melepas Sainz bukanlah perkara mudah.

“Sejujurnya, aku punya rasa hormat yang besar untuk Sainz atas apa yang dia lakukan terhadap Ferrari. Seperti yang Anda tahu, keputusan ini (untuk mengganti Sainz) bukan hal yang mudah,” jelas Vasseur.

4. James Vowles menyebut perekrutan Carlos Sainz sebagai langkah penting untuk Williams

Frederic Vasseur Tak Kesampingkan Peluang Reuni dengan Carlos Sainzpembalap Ferrari, Carlos Sainz (carlossainz.es)

Sementara itu, James Vowles selaku team principal Williams menyebut perekrutan Carlos Sainz sebagai salah satu langkah penting dalam proses pengembangan tim. Walau begitu, Vowles tak mau jemawa terhadap keberhasilan tim memboyong Sainz. Sebab, ada faktor lainnya yang perlu diperhatikan dalam perjalanan Williams mencapai kesuksesan di kejuaraan.

“Saat keputusan disepakati, aku dan Sainz merasa senang. Saat aku memberitahu orang-orang di pabrik, aku menikmati momen tersebut. Waktu seperti ini tidak datang berkali-kali dalam karier Anda saat Anda membuat keputusan penting yang akan sepenuhnya mengubah arah dan jalan tim.

Sainz adalah aset yang besar. Dia adalah pembalap luar biasa. Namun, dia adalah satu langkah untuk tim kembali ke barisan depan,” kata Vowles dikutip F1i.

Selama memperkuat Ferrari sejak 2021, Sainz telah mempersembahkan tiga kemenangan di GP Inggris 2022, Singapura 2023, Australia 2024. Adapun peringkat terbaik Sainz di klasemen pembalap adalah posisi kelima pada 2021 dan 2022. Saat ini, Sainz bercokol di posisi kelima dengan koleksi 184 poin.

Baca Juga: Lando Norris Sayangkan Red Bull Tak Rekrut Carlos Sainz

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya