3 Fakta Kemenangan David Alonso di Moto3 GP Indonesia 2024

Selangkah lagi mengunci gelar juara

David Alonso menuntaskan pekan balap Moto3 GP Indonesia 2024 dengan gemilang. Pembalap CFMOTO Aspar Team itu sukses finis sebagai pemenang dalam balapan yang digelar pada Minggu (29/9/2024) siang WIB. David Alonso melintasi garis finis di depan Adrian Fernandez dengan keunggulan 0,085 detik.

David Alonso menyambut gembira kemenangannya di Sirkuit Mandalika. Apalagi, David Alonso tak memulai balapan dari baris start terdepan. Lantas, seperti apa jalannya balapan Moto3 kali ini?

1. David Alonso memulai balapan Moto3 GP Indonesia 2024 dari posisi kelima

David Alonso menempati posisi start kelima dalam balapan Moto3 GP Indonesia 2024. Selepas lampu start padam, David Alonso melorot ke posisi keenam usai disalip Tatsuki Suzuki. Meski begitu, David Alonso kembali ke posisi kelima menjelang akhir lap pertama.

David Alonso naik ke posisi keempat setelah Ivan Ortola menjalani long lap penalty. Pembalap asal Kolombia itu berada di posisi ketiga setelah menyalip Taiyo Furusato pada lap ketiga. Akan tetapi, Furusato kembali merebut posisi ketiga dari David Alonso pada lap berikutnya.

Pertarungan David Alonso dan Furusato kembali terjadi pada lap keenam. Kali ini, David Alonso berhasil menduduki posisi ketiga. Selepas itu, David Alonso terus mempertahankan posisi dari kejaran Furusato. Pada lap 12, David Alonso melorot ke posisi kelima setelah diasapi Tatsuki Suzuki dan Daniel Holgado. Pada lap yang sama, Collin Veijer yang sedang memimpin balapan terjatuh di tikungan delapan.

Baca Juga: Kemenangan Spesial untuk Ivan Ortola di Moto3 GP Inggris 2024

2. David Alonso sukses menuntaskan pertarungan lap terakhir sebagai pemenang

3 Fakta Kemenangan David Alonso di Moto3 GP Indonesia 2024David Alonso berada di depan Adrian Fernandez dan David Munoz saat balapan Moto3 GP Indonesia 2024. (motogp.com)

David Alonso sempat turun ke posisi ketujuh saat balapan menyisakan tujuh lap. Meski begitu, ia terus berusaha menembus barisan depan. David Alonso berada di posisi pertama pada lap 17. Namun, itu tak berselang lama karena David Alonso langsung disalip tiga pembalap sehingga melorot ke posisi keempat.

Pertarungan perebutan posisi pertama semakin memanas pada lap terakhir. David Alonso menyalip David Munoz di tikungan satu untuk menduduki posisi kedua. Kemudian, pembalap bernomor motor 80 itu merebut pimpinan balap dari Adrian Fernandez di tikungan sepuluh. David Alonso berhasil menjaga posisi terdepan hingga bendera chequered dikibarkan.

Keberhasilan finis terdepan di GP Indonesia menjadi kemenangan kesembilan yang diperoleh di Moto3 2024. Ini juga merupakan peningkatan dibandingkan hasil GP Indonesia musim lalu. Saat itu, David Alonso finis runner-up dalam balapan di Sirkuit Mandalika.

3. David Alonso senang merengkuh kemenangan di Moto3 GP Indonesia 2024

3 Fakta Kemenangan David Alonso di Moto3 GP Indonesia 2024David Alonso mengangkat trofi usai finis pertama di Moto3 GP Indonesia 2024. (motogp.com)

David Alonso tak menutupi kegembiraannya setelah sukses finis terdepan di Moto3 GP Indonesia. Ia mengaku hanya mengincar finis di zona poin dalam balapan kali ini. Apalagi, David Alonso sempat mengalami insiden saat sesi latihan Jumat (27/9/2024).

“Aku hanya punya tujuan untuk meraih poin. Aku punya masalah setelah kecelakaan pada Jumat. Aku tidak cepat. Aku berpikir untuk bermain aman, tetapi aku ingin memberikan balapan yang bagus kepada penggemar. Jadi, aku memberikan semuanya,” kata David Alonso dilansir Sportal.EU.

David Alonso kini unggul 97 poin atas Daniel Holgado di klasemen pembalap. Ia punya peluang mengunci gelar juara saat pekan balap di Motegi, Jepang, yang dihelat pada 4–6 Oktober 2024. Selain itu, David Alonso juga memiliki kans menyamai rekor kemenangan Joan Mir di kelas Moto3. Mir meraih sepuluh kemenangan saat menjadi juara pada 2017.

Sementara itu, Arbi Aditama turun sebagai pembalap wildcard bersama Honda Team Asia dalam pekan balap GP Indonesia. Ini menjadi ketiga kalinya Arbi Aditama turun sebagai pembalap wildcard di Moto3 setelah terjadi di GP Catalunya dan Aragon. Pembalap berusia 19 tahun itu menduduki posisi start ke-21. Sayangnya, Arbi Aditama gagal finis usai mengalami insiden pada lap kelima.

Baca Juga: Jose Antonio Rueda Catatkan Sejarah di Moto3 GP Aragon

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya