Ducati Bakal Turunkan 3 Motor Pabrikan di MotoGP 2025

Jumlah motor Ducati juga berkurang

Ducati akan kehilangan salah satu tim satelit mereka, Pramac Racing, pada akhir 2024. Itu terjadi setelah Pramac Racing resmi meneken kontrak dengan Yamaha mulai tahun depan. Hal tersebut sekaligus mengakhiri kerja sama antara pihak tim dan Ducati yang sudah terjalin selama 20 tahun.

Keluarnya Pramac Racing dari skuad Ducati masih menyisakan pertanyaan. Salah satunya adalah terkait jumlah motor pabrikan yang akan diturunkan Ducati di MotoGP 2025. General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, mengatakan bahwa pihaknya akan menurunkan tiga motor pabrikan tahun depan.

1. Pramac Racing berpisah dari Ducati setelah menjalin kerja sama selama 20 tahun

Ducati memiliki empat tim di MotoGP 2024 yang terdiri dari 1 tim pabrikan dan 3 tim satelit. Jumlah tersebut membuat Ducati menurunkan delapan motor di kejuaraan. Rinciannya, sebanyak dua tim menggunakan motor pabrikan (Ducati Lenovo Team dan Pramac Racing) serta dua tim lainnya memakai motor versi tahun sebelumnya (Gresini Racing dan VR46 Racing Team).

Jumlah tersebut akan berkurang pada 2025 setelah Pramac Racing sepakat menjadi tim satelit Yamaha. Nantinya, kontrak antara tim yang dipimpin Paolo Campinoti itu dengan Yamaha akan berlangsung selama 7 tahun. Yamaha juga akan memberikan motor YZR-M1 spesifikasi pabrik untuk Pramac Racing dan akan dimiliki secara independen.

“Yamaha Motor Co., Ltd. dengan senang mengumumkan kesepakatan multi-tahun dengan Pramac Racing yang akan menghadirkan dua motor YZR-M1 tambahan di grid MotoGP mulai 2025 dan seterusnya. Tim Yamaha Factory kedua yang baru akan tetap dimiliki secara independen dan tetap bermarkas di Rugby, Inggris. Susunan pembalap Pramac Racing untuk 2025 akan diumumkan pada waktunya,” bunyi pernyataan resmi Yamaha dilansir Crash.

2. Ducati harus mengatur ulang distribusi motor pabrikan ke tim satelit

Ducati Bakal Turunkan 3 Motor Pabrikan di MotoGP 2025Fabi Di Giannantonio berada di depan Marc Marquez saat main race GP Belanda 2024. (motogp.com)

Kepergian Pramac Racing ke Yamaha membuat Ducati harus mengatur ulang distribusi motor mereka untuk MotoGP 2025. Pabrikan asal Italia tersebut berencana menurunkan tiga motor spesifikasi pabrik tahun depan. Jumlah tersebut berkurang satu dari yang ada di kejuaraan saat ini. Meski begitu, belum jelas tim satelit mana yang akan memperoleh satu motor pabrikan Ducati.

“Tujuannya adalah memiliki 3 motor pabrikan dan 3 motor versi tahun sebelumnya. Menurut kami, itu merupakan perpaduan yang tepat dari sisi pertumbuhan pembalap dan juga aspek ekonomi. Inilah tujuan kami, Kami sedang mengerjakannya dan kami masih belum siap mengumumkan apa pun dari sudut pandang ini,” kata Dall’Igna dikutip Sky Sport.

3. Gigi Dall'Igna tak khawatir Ducati turunkan motor dengan jumlah lebih sedikit

Ducati Bakal Turunkan 3 Motor Pabrikan di MotoGP 2025Francesco Bagnaia berada di depan Jorge Martin saat sprint race GP Belanda 2024. (motogp.com)

Pengurangan jumlah motor di grid MotoGP tentu akan membuat Ducati memiliki sedikit data dalam pengembangan motor. Namun, kondisi tersebut juga memberi keuntungan untuk Ducati. Beban kerja mereka akan menjadi berkurang sehingga dapat bekerja dengan tekanan waktu yang lebih sedikit.

Gigi Dall’Igna tak menampik dirinya ingin tetap melihat Ducati memiliki delapan motor di kejuaraan. Akan tetapi, ia yakin Ducati akan tetap bekerja maksimal dengan enam motor pada tahun depan. Kepercayaan tersebut didasarkan pada kinerja yang dilakukan Ducati selama mempunyai delapan motor di MotoGP.

“Tentunya, enam motor sudah cukup untuk melanjutkan pekerjaan kami di level yang sangat tinggi. Aku lebih suka memiliki delapan motor, tetapi kami bisa melakukannya dengan enam motor. Pada kenyataannya, kami berhasil mendapatkan solusi dengan delapan motor tanpa merugikan siapa pun.

Kami mungkin juga bekerja lebih baik ketimbang lainnya dari sudut pandang organisasi untuk mengelola delapan motor. Aku pikir kami akan melakukannya dengan baik bahkan dengan enam motor,” jelas Dall’Igna dilansir Crash.

Saat ini, masih tersisa satu kursi kosong di Gresini Racing dan dua kursi di VR46 Racing Team. Fermin Aldeguer yang dikontrak Ducati untuk MotoGP 2025 akan bergabung dengan salah satu dari dua tim tersebut. Sementara itu, Dall’Igna ingin tetap mempertahankan Fabio Di Giannantonio yang kini memperkuat VR46 Racing Team.

Baca Juga: Toprak Razgatlioglu Jadi Incaran Ducati dan Honda di MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya