Carlos Sainz dan Sergio Perez Terlibat Insiden di GP Azerbaijan 2024

Kedua pembalap gagal finis

Intinya Sih...

  • Carlos Sainz dan Sergio Perez gagal finis di Formula 1 GP Azerbaijan 2024 setelah terlibat insiden pada lap 50.
  • Kedua pembalap menunjukkan sudut pandang masing-masing terkait insiden tersebut saat mereka menghadap Stewards.
  • Kegagalan Sergio Perez meraih poin membuat Red Bull hanya membawa pulang 10 poin, posisi puncak klasemen konstruktor beralih ke tangan McLaren.

Carlos Sainz dan Sergio Perez harus gigit jari selepas Formula 1 GP Azerbaijan 2024. Kedua pembalap tak meraih poin dalam balapan yang berlangsung pada, Minggu (15/9/2024) malam WIB. Perez dan Sainz terlibat insiden pada lap 50 sehingga membuat mereka gagal menuntaskan balapan.

Perez dan Sainz tentu kecewa dengan insiden yang mereka hadapi. Kedua pembalap punya sudut pandang masing-masing terkait kontak yang terjadi. Lalu, seperti apa kejadian yang menimpa Perez dan Sainz?

1. Carlos Sainz dan Sergio Perez mengalami insiden pada lap 50

Carlos Sainz dan Sergio Perez sama-sama berada di baris kedua saat start balapan GP Azerbaijan 2024. Sainz menempati posisi ketiga, sedangkan Perez berada di posisi keempat. Perez langsung mengambil alih posisi ketiga dari Sainz di tikungan kedua pada lap pertama.

Pada lap 13, Perez masuk ke pit untuk mengganti ban dari medium ke hard. Sainz melakukan hal serupa pada lap 17. Pembalap asal Spanyol itu keluar pit di posisi keenam dan berada di belakang Perez dan Lando Norris.

Perez kembali ke posisi ketiga pada lap 19 setelah menyalip Alexander Albon. Sementara itu, Sainz juga mampu mengasapi Albon pada lap 24 untuk berada di posisi keempat. Kedudukan tersebut mampu dipertahankan kedua pembalap hingga lap 49.

Pada lap 50, Perez dan Sainz terlibat pertarungan dengan Charles Leclerc untuk perebutan posisi ketiga. Alih-alih berhasil menyalip Leclerc, Perez justru melorot ke posisi keempat usai disalip Sainz. Sesaat setelahnya, Sainz dan Perez mengalami kontak setelah melewati tikungan kedua. Beruntung, kedua pembalap dapat keluar dari mobil dalam kondisi selamat. Virtual safety car diberlakukan akibat insiden tersebut hingga akhir balapan.

Baca Juga: Gabriel Bortoleto Jadi Kandidat Kuat Pembalap Sauber di F1 2025

2. Stewards memutuskan kejadian antara Carlos Sainz dan Sergio Perez sebagai insiden balap

Carlos Sainz dan Sergio Perez Terlibat Insiden di GP Azerbaijan 2024potret insiden yang melibatkan Carlos Sainz dan Sergio Perez di GP Azerbaijan 2024 (x.com/F1)

Selepas balapan, Carlos Sainz dan Sergio Perez mendapat panggilan untuk menghadap ke Stewards terkait insiden yang menimpa kedua pembalap. Stewards memutuskan tak mengambil tindakan lebih lanjut setelah mendengar kesaksian Sainz dan Perez yang ditambah juga dengan meninjau ulang video yang menampilkan insiden tersebut. Stewards menilai kontak antara Sainz dan Perez sebagai insiden balap.

“Sainz menyalip Perez setelah tikungan 1 dan benar-benar di depan saat berada di puncak tikungan 2. Dengan jalan keluar yang terganggu oleh Sainz, Perez menarik ke sisi dalam Sainz. Sainz melaporkan dia menyadari kehadiran Perez di sisi dalam.

Perez yang berada sedikit di belakang berada dalam posisi yang lebih baik untuk melihat lokasi relatif mobil. Akan tetapi, saat kedua pembalap mendekati dinding sisi kanan di area keluar tikungan kedua, mereka terpisah sekitar 1 meter. Dari titik ini dan sepanjang insiden, tidak ada pembalap yang menyetir secara tak menentu dan keduanya tetap menjaga kemudi mereka dalam kondisi sangat netral,” bunyi pernyataan Stewards dilansir Racing News 365.

3. Carlos Sainz dan Sergio Perez berbagi pendapat terkait insiden balapan

Carlos Sainz dan Sergio Perez Terlibat Insiden di GP Azerbaijan 2024Carlos Sainz dan Sergio Perez (formula1.com)

Carlos Sainz mengeluarkan pandangan terkait insiden yang terjadi pada dirinya di GP Azerbaijan 2024. Ia menegaskan tak melakukan manuver berbahaya dalam kejadian tersebut. Sainz juga tak mau mencari-cari siapa yang harus disalahkan atas kontak yang menggagalkannya mendulang poin.

“Aku menyerang Charles Leclerc di tikungan 2. Saat aku keluar dari tikungan itu, Perez ada di sebelah kiriku. Kami biasanya sedikit drift ke kiri di trek lurus panjang seperti yang aku lakukan pada lap lainnya. Tiba-tiba untuk alasan yang tidak aku ketahui, diriku dan Perez bertabrakan. Hal ini sangat disayangkan dan juga sangat mengecewakan,” kata Sainz dikutip F1i.

Di sisi lain, Sergio Perez mengaku insiden terjadi begitu cepat. Perez menyayangkan kontak yang menyebabkan dirinya gagal menuntaskan balapan. Pembalap Red Bull itu menilai Sainz terlalu cepat bergerak untuk mengejar Charles Leclerc.

“Menurutku, Sainz bergerak terlalu cepat untuk mengikuti Leclerc karena masuk ke sisi dalam dan itu membuat segalanya menjadi sangat sulit. Itu terjadi pada waktu dan momen yang salah sehingga menghasilkan insiden besar. Sangat disayangkan dan kejadian itu berlangsung sangat cepat,” ungkap Perez.

Kegagalan Sergio Perez meraih poin di GP Azerbaijan membuat Red Bull hanya membawa pulang 10 poin. Hasil tersebut diperoleh setelah Max Verstappen finis di posisi kelima. Posisi puncak klasemen konstruktor beralih ke tangan McLaren dengan keunggulan 20 poin atas Red Bull.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Kemenangan Oscar Piastri di Formula 1 GP Azerbaijan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya