Francesco Bagnaia Tepis Klaim Alex Marquez soal Insiden GP Aragon

Kedua pembalap gagal tuntaskan balapan

Main race MotoGP Aragon yang berlangsung pada Minggu (1/9/2024) menyisakan sejumlah cerita. Salah satunya terkait insiden yang melibatkan Francesco Bagnaia dan Alex Marquez. Kedua pembalap gagal finis usai berkontak pada lap 18.

Selepas balapan, Bagnaia dan Alex Marquez punya pandangan berbeda sehubungan dengan insiden yang terjadi. Alex Marquez menyebut dirinya tak melihat Bagnaia yang mencoba menyalipnya di tikungan 13. Akan tetapi, klaim tersebut mendapat sanggahan dari Bagnaia.

1. Bagnaia dan Alex Marquez terlibat insiden saat main race GP Aragon 2024

Francesco Bagnaia terlibat pertarungan dengan Alex Marquez dalam perebutan posisi ketiga. Setelah berhasil menyalip Pedro Acosta pada lap 12, Bagnaia memulai usaha memangkas jarak antara dirinya dan Alex Marquez. Pembalap Ducati Lenovo Team itu butuh waktu dua lap untuk mengecilkan jarak menjadi 0,899 detik dengan Alex Marquez.

Pada lap 18, Bagnaia punya peluang menyalip karena Alex Marquez melebar setelah melewati tikungan 12. Akan tetapi, kedua pembalap mengalami kontak di tikungan 13 sehingga terjatuh dan gagal meneruskan balapan. Bagnaia dan Alex Marquez tak mengalami cedera akibat insiden tersebut.

2. Alex Marquez nilai Bagnaia bisa hindari kontak dengan memberi ruang untuknya

Francesco Bagnaia Tepis Klaim Alex Marquez soal Insiden GP AragonAlex Marquez dibawa keluar trek setelah insiden di main race GP Aragon 2024. (motogp.com)

Alex Marquez menyampaikan pandangannya sehubungan dengan insiden antara dirinya dan Francesco Bagnaia. Pembalap Gresini Racing itu menilai Bagnaia bisa menghindari kontak dengan menyisakan ruang untuknya. Alex Marquez juga menyebut dirinya tak melihat Bagnaia saat memasuki tikungan 13.

Aku berada di sisi motorku dan kami mengalami kontak kecil yang membuatku mengangkat motor yang kemudian mengalami kecelakaan bersama. Aku tak melihat ada orang yang datang. Dia banyak menutup garis dari sisi luar ke sisi dalam. Begitulah yang terjadi. Kami mengakhiri balapan di sana dan aku sedih untuk keduanya,” kata Alex Marquez dilansir Crash.

“Aku pikir itu sesuatu yang bisa terjadi dalam balapan. Jika ada seseorang yang bisa melihat aku ada di sana, maka itu adalah dia. Dia berada di sisi luar. Jika Anda datang dari sisi luar, Anda tak bisa menutup garis balap. Setidaknya, Anda perlu menyisakan satu meter untuk pembalap lain di sisi dalam,” lanjutnya.

Baca Juga: Bagnaia Terbantu Saran Rossi di MotoGP Austria 2024

3. Bagnaia tegaskan tak menutup garis balap Alex Marquez

Francesco Bagnaia Tepis Klaim Alex Marquez soal Insiden GP AragonFrancesco Bagnaia berada di gravel akibat insiden saat main race GP Aragon 2024. (ducati.com)

Di sisi lain, Francesco Bagnaia menepis argumen Alex Marquez yang mengaku tak melihat dirinya saat berkontak di tikungan 13. Bagnaia menjelaskan gas motor Alex Marquez tetap terbuka selama insiden berdasarkan data yang ada. Bagnaia juga menegaskan dirinya tidak menutup garis balap Alex Marquez karena menyadari keberadaan pembalap bernomor motor 73 itu di sisi dalam tikungan.

“Dia melebar. Aku berada di depan dengan kecepatan yang lebih tinggi. Aku masuk tikungan tanpa menutup garis karena aku tahu dia ada di sana. Kecepatanku cukup untuk menyalipnya tanpa masalah apa pun. Begitu aku masuk ke tikungan 13, aku mendengar mesinya terbuka karena dia membuka gas. Jadi, dia berusaha melakukan kontak,” ucap Bagnaia dikutip Crash.

“Aku ingin melihat data itu. Dia tetap dengan 60 persen, sebanyak 40 persen gas motornya terbuka sampai saat dia terjatuh. Jadi, aku pikir ini sangat aneh bagi seorang pembalap,” sambungnya.

FIM Stewards telah memberikan keputusan soal insiden antara Bagnaia dan Alex Marquez. Mereka menyatakan tak mengambil tindakan lebih lanjut dan menilai kejadian tersebut sebagai insiden balapan. Alhasil, tak ada pembalap yang dijatuhi hukuman.

Kegagalan saat main race membuat jarak poin Bagnaia dan Jorge Martin melebar. Bagnaia kini tertinggal 23 poin dari Martin yang menduduki posisi puncak klasemen. Sementara itu, Alex Marquez tetap bertengger di peringkat kesepuluh dalam klasemen pembalap lewat perolehan 104 poin.

Baca Juga: 3 Momen Marc dan Alex Marquez Berbagi Momen Indah di Paddock MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya