Aleix Espargaro Puas meski Finis Kelima Main Race MotoGP Jepang

Tebus kegagalan setelah gagal finis saat sprint race

Aleix Espargaro tersenyum setelah main race MotoGP 2023 Jepang yang digelar pada, Minggu (1/10/2023) siang WIB. Pembalap Aprilia itu berhasil finis di posisi kelima meski balapan berlangsung dalam kondisi hujan dan terhenti pada lap 13. Hasil tersebut menebus kegagalan Aleix Espargaro saat sprint race sehari sebelumnya.

Aleix Espargaro mengaku puas dengan hasil main race yang ia toreh. Apalagi, balapan tak berjalan mudah akibat hujan yang mengguyur Sirkuit Motegi. Lantas, apa saja yang dialami kakak kandung Pol Espargaro itu saat memacu RS-GP di trek yang basah?

1. Perjuangan Aleix Espargaro saat menjalani main race GP Jepang

Aleix Espargaro Puas meski Finis Kelima Main Race MotoGP JepangAleix Espargaro saat menjalani main race GP Jepang 2023. (aprilia.com)

Hujan mengguyur Sirkuit Motegi sejak awal balapan main race GP Jepang. Kondisi tersebut memberi tantangan bagi Aleix Espargaro yang harus memulai balapan dari posisi kesembilan. Kenyataannya, Aleix Espargaro berhasil meraih peningkatan posisi begitu lampu start padam.

Aleix Espargaro berada di posisi keempat saat balapan baru berjalan satu lap. Tak lama setelah itu, Aleix Espargaro masuk ke pit untuk mengganti motor yang sudah dipasang ban untuk trek basah. Pada lap kelima, Aleix Espargaro berhasil memimpin jalannya balapan.

Akan tetapi, keunggulan pembalap asal Spanyol itu tak berlangsung lama. Jorge Martin berhasil mengambil alih pimpinan balapan dari Aleix Espargaro. Hanya dalam dua lap, posisi Aleix Espargaro turun hingga ke posisi keenam. Barulah pada lap 11, Aleix Espargaro naik ke posisi kelima sesudah menyalip Miguel Oliveira hingga red flag dikibarkan.

Baca Juga: Diganggu Hujan, Jorge Martin Juara MotoGP Jepang 2023

2. Aleix Espargaro senang bisa meraih poin usai finis kelima di main race GP Jepang

Aleix Espargaro Puas meski Finis Kelima Main Race MotoGP Jepangpembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro (aprilia.com)

Finis kelima saat main race GP Jepang disambut Aleix Espargaro dengan senang hati. Apalagi, hasil tersebut diperolehnya dalam kondisi trek basah sehingga tantangan yang dihadapi juga tak main-main. Bahkan, Aleix Espargaro mengaku merasa nyaman berada di atas motor meski hujan semakin deras mengguyur Sirkuit Motegi.

“Aku puas dengan hasilku. Untuk pertama kalinya dalam karierku, aku punya peluang besar menuntaskan balapan dengan hujan seperti ini di podium. Dengan jumlah air yang jatuh dan cipratan yang orang lain keluarkan, maka aku punya masalah visibilitas yang meningkat. Pada waktu bersamaan, semakin intensitas hujan meningkat, semakin nyaman diriku saat berada di atas motor,” kata Aleix Espargaro dilansir Speedweek.

3. Aleix Espargaro jelaskan pandangannya soal penghentian balapan dan pemilihan ban

Aleix Espargaro Puas meski Finis Kelima Main Race MotoGP JepangAleix Espargaro berada di depan sejumlah pembalap saat main race GP Jepang 2023. (aprilia.com)

Terkait keputusan race direction yang tidak melanjutkan balapan, Aleix Espargaro punya pandangan tersendiri. Pembalap berusia 34 tahun itu menilai keputusan tersebut seharusnya bisa keluar lebih cepat. Di samping itu, Aleix Espargaro juga menjelaskan alasan di balik pemilihan ban hujan jenis soft pada motor kedua.

“Menurutku, penghentian seharusnya datang satu lap lebih awal. Akan tetapi, aku sadar bahwa sulit menilai dari sisi luar. Hujan di Motegi memang biasanya turun dengan lebat. Ketika tak sebasah seperti yang diperkirakan pada bagian pertama, aku takut ban soft milikku akan runtuh dan aku harus menyerah.

Namun, ketika hujan lebat turun datang terlambat, aku merasa seperti seekor ikan di dalam air dan mendapat keuntungan pada persaingan. Sekarang waktunya pulang dan mengisi tenaga bersama keluargaku. Kemudian, aku siap untuk terus bertarung,” jelas Aleix Espargaro.

Tambahan 11 poin membuat Aleix Espargaro tetap bertahan di posisi kelima klasemen sementara pembalap MotoGP 2023. Ia sudah mengoleksi 171 poin dari 14 seri balap yang sudah digelar. Aleix Espargaro tertinggal 30 poin dari Brad Binder yang bercokol di peringkat keempat.

Baca Juga: Kenapa Marc Marquez Bisa Masuk Podium MotoGP Jepang?

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya