4 Fakta Sabrina Ionescu, Bintang Bersinar di New York Liberty

Turut membawa Liberty ke Final WNBA 2023

New York Liberty berhasil mencapai Final WNBA untuk pertama kali sejak 2002. Mereka memulangkan Connecticut Sun pada babak semifinal dengan kedudukan 3-1 pada Senin (2/10/2023). Liberty pun berhak menghadapi Las Vegas Aces di Final WNBA 2023.

Liberty memang memiliki pemain-pemain fantastis musim ini. Salah satunya Sabrina Ionescu. Masih berusia 25 tahun, ia telah mengambil peran besar dalam kesuksesan Liberty, baik pada musim reguler maupun playoff WNBA 2023.

Berikut fakta Sabrina Ionescu, bintang bersinar di New York Liberty!

1. Pemain pilihan pertama di WNBA Draft 2020

4 Fakta Sabrina Ionescu, Bintang Bersinar di New York LibertySabrina Ionescu (liberty.wnba.com)

Sebelum bermain di WNBA, Sabrina Ionescu telah memiliki karier legendaris di jenjang perkuliahan. Bermain bersama Oregon Ducks selama 4 musim, ia mencatat rataan 18 poin, 7,3 rebound, dan 7,7 assist dengan akurasi tripoin 42,2 persen. Ionescu akhirnya dipilih New York Liberty pada urutan pertama di WNBA Draft 2020.

Ionescu merupakan satu-satunya pemain di NCAA yang berhasil mengoleksi 2.000 poin, 1.000 rebound, dan 1.000 assist. Ia juga berhasil mengumpulkan 26 triple-double bersama Ducks, terbanyak sepanjang sejarah NCAA. Tak hanya itu, Ionescu dianugerahi trofi Nancy Lieberman pada 2018 hingga 2020 sebagai point guard terbaik di Amerika Serikat. Tak heran apabila Liberty mempercayakan masa depan mereka kepada Ionescu dengan mengambilnya di WNBA Draft 2020.

2. Mengalami cedera serius sebagai seorang rookie

4 Fakta Sabrina Ionescu, Bintang Bersinar di New York LibertySabrina Ionescu (liberty.wnba.com)

Sabrina Ionescu harus menghadapi kenyataan pahit pada musim pertamanya di WNBA. Pada 31 Juli 2020, ia menderita keseleo tingkat tiga pada pergelangan kaki kirinya. Cedera tersebut terjadi di pertandingan ketiganya bersama New York Liberty.

Ionescu harus absen sepanjang 2020 dan merelakan musim rookie-nya. Sekitar 4 bulan kemudian, ia menjalani operasi untuk menghilangkan jaringan parut pada pergelangan kakinya. Meski begitu, Ionescu telah memberikan performa yang solid sebagai seorang rookie sebelum menderita cedera ini. Ia mencatat rataan 18,3 poin, 4,7 rebound, dan 4 assist dalam 3 pertandingan.

Baca Juga: Breanna Stewart Raih Gelar MVP WNBA 2023

3. Memecahkan rekor legenda WNBA pada musim keempatnya

4 Fakta Sabrina Ionescu, Bintang Bersinar di New York LibertySabrina Ionescu (liberty.wnba.com)

Setelah pulih dari cedera, Sabrina Ionescu tampil sesuai ekspektasi di WNBA. Dahulunya dikenal sebagai mesin triple-double, kini ia tampil sebagai penembak jitu untuk New Liberty. Bahkan, ia telah memegang salah satu rekor tripoin pada musim keempatnya di WNBA.

Pada 8 September 2023 melawan Los Angeles Sparks, Ionescu mencetak tripoin ke-122 dan berhasil memecahkan rekor jumlah tripoin terbanyak dalam semusim. Sebelumnya, rekor ini dipegang legenda WNBA, Diana Taurasi, dengan 121 tripoin pada 2006. Ionescu menutup musim reguler 2023 dengan total 128 tripoin dengan akurasi 44,8 persen.

4. Pemain kunci dalam kesuksesan New York Liberty pada 2023 ini

4 Fakta Sabrina Ionescu, Bintang Bersinar di New York LibertySabrina Ionescu (liberty.wnba.com)

WNBA 2023 merupakan musim yang impresif bagi Sabrina Ionescu dan New York Liberty. Ia mencatat rataan 17 poin, 5,6 rebound, dan 5,4 assist dengan akurasi tripoin 44,8 persen. Performanya berhasil membawa Liberty menduduki posisi kedua di papan klasemen dengan rekor 32-8.

Ionescu terus tampil gemilang hingga playoff. Memasuki Final WNBA 2023, ia mencatat rataan 16,3 poin, 4,5 rebound, 4,2 assist, dan 3,2 tripoin sepanjang playoff. Di pertandingan pertama melawan Washington Mystics, performa Ionescu meledak dengan mencetak 29 poin, 6 rebound, 2 assist, dan 7 tripoin.

Kemudian, ia juga berhasil mencetak 16 poin, 3 rebound, 5 assist, dan 4 tripoin dengan akurasi 57,1 persen dalam kemenangan di pertandingan ketiga melawan Connecticut Sun pada babak semifinal. Saat itu, mereka harus mencuri kemenangan di kandang Sun dengan kedudukan 1-1. Ionescu selalu hadir saat Liberty membutuhkannya.

Musim ini, Sabrina Ionescu dapat mencicipi panggung final untuk pertama kalinya selama berkarier di WNBA. Ia telah ditakdirkan untuk berada sampai ke titik ini. Ionescu memiliki potensi untuk terus berkembang hingga menjadi legenda WNBA suatu saat nanti.

Baca Juga: Road to Final New York Liberty di WNBA 2023, Tumbangkan Sun!

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya