5 Tim NBA yang Pernah Diperkuat James Harden

Los Angeles Clippers menjadi yang terbaru

James Harden dikenal sebagai salah satu pemain dengan kemampuan mencetak angka yang mumpuni. Pemain berposisi shooting guard dan point guard ini juga dikenal dengan kemampuannya memancing pelanggaran dari pemain lawan. Pelanggaran tersebut kerap berbuah tembakan bebas yang dengan mudah dikonversi menjadi poin.

Dengan kualitas yang dimiliki, tak heran beberapa tim berminat menggunakan jasa Harden. Sejauh ini, sudah ada setidaknya lima tim NBA yang diperkuat James Harden di NBA. Los Angeles Clippers menjadi yang terbaru lantaran mendatangkan Harden pada 1 November 2023.

Termasuk Los Angeles Clippers, berikut lima tim yang pernah diperkuat James Harden di NBA.

1. James Harden memulai kariernya di NBA bersama Oklahoma City Thunder

https://www.youtube.com/embed/kVHuODLC950

Oklahoma City Thunder menjadi tim NBA pertama yang diperkuat James Harden dalam kariernya. Pemain berposisi point guard dan shooting guard ini dipilih sendiri oleh Oklahoma City Thunder. Ia dipilih di urutan ketiga pada NBA Draft 2009.

Harden lebih sering turun dari bangku cadangan selama membela Oklahoma City Thunder. Kendati demikian, dia berhasil memberi kontribusi signifikan. Buktinya, Harden terpilih NBA Sixth Man of the Year pada 2012.

2. Menjadi superstar di Houston Rockets

5 Tim NBA yang Pernah Diperkuat James HardenJames Harden (nba.com)

Setelah 3 tahun bertahan di Oklahoma City Thunder (2009--2012), James Harden memutuskan untuk mencoba tantangan baru. Hal itu dia lakukan dengan bergabung ke Houston Rockets pada 2012. Bergabung dengan Rockets menjadi titik balik dalam karier Harden.

Bersama Houston Rockets, dia berhasil menjadi salah satu pencetak angka yang cukup hebat. Pemain dengan julukan The Beard ini berhasil terpilih sebagai NBA MVP 2018 bersama Rockets. Bahkan, Harden pernah mencatatkan rataan 36,1 poin, 6,6  rebound, dan 7,5 assist besama mereka pada 2018/2019.

Baca Juga: 3 Fakta Kepindahan James Harden ke Los Angeles Clippers

3. Membentuk trio superstar bersama Kevin Durant dan Kyrie Irving di Brooklyn Nets

5 Tim NBA yang Pernah Diperkuat James HardenJames Harden (nba.com)

Meski tampil cukup hebat bersama Houston Rockets, James Harden belum mampu mengantarkan timnya menjuarai NBA. Pemain berusia 34 tahun ini pun memutuskan untuk bergabung ke Brooklyn Nets pada 2021. Saat itu, Nets sudah memiliki pemain bintang sekelas Kevin Durant dan Kyrie Irving.

Kedatangan Harden membuat Brooklyn Nets menjadi tim favorit juara NBA. Sayang, prediksi tersebut gagal terwujud. Harden gagal berkontribusi maksimal bagi Nets lantaran sempat cedera. Tak bertahan lama di Nets, dia memutuskan pindah ke Philadelphia 76ers pada 2022.

4. Membuka lembaran baru dengan hijrah ke Philadelphia 76ers

5 Tim NBA yang Pernah Diperkuat James HardenJames Harden (nba.com)

James Harden bergabung ke Philadelphia 76ers dalam pertukaran pemain yang melibatkan eks bintang Sixers, Ben Simmons. Simmons bergabung ke Brooklyn Nets sebagai ganti Harden. Harden pun langsung menjadi andalan di Sixers bersama Joel Embiid.

Sayang, Harden belum berhasil meraih cincin juara NBA meski bermain bersama pemain sekelas Joel Embiid. Dia akhirnya pindah ke Los Angeles Clippers setelah bermain 1,5 musim di Philadelphia 76ers. Salah satu penyebabnya adalah permasalahan antara Harden dan President of Basketball Operations Sixers, Daryl Morey.

5. Tak betah di Philadelphia 76ers, Harden hijrah ke Los Angeles Clippers

5 Tim NBA yang Pernah Diperkuat James HardenJames Harden (nba.com)

Sebagai buntut dari permasalahan James Harden dengan presiden Philadelphia 76ers, Daryl Morey, sang pemain memutuskan hengkang ke Los Angeles Clippers. Harden resmi bergabung ke Clippers pada 1 November 2023. Dia ditukar ke Clippers bersama pemain Sixers lain seperti PJ Tucker dan Filip Petrusev.

Kedatangan Harden menambah kedalaman skuad Los Angeles Clippers. Pasalnya, Clippers sudah memiliki pemain bintang seperti Paul George, Kawhi Leonard, dan Russell Westbrook. Tambahan kekuatan dari Harden bisa memperbesar kans Clippers menjuarai NBA 2023/2024.

Keputusan Los Angeles Clippers mendatangkan James Harden sejatinya cukup berisiko. Pasalnya, Harden sudah tidak muda. Dia telah berusia 34 tahun. Performanya juga sudah tidak sebagus saat masih berkostum Houston Rockets.

Baca Juga: LA Clippers Sambut James Harden dengan Kemenangan

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya