6 Tim NBA yang Pernah Diperkuat oleh Patrick Beverley

Kini ia berlabuh ke Philadephia 76ers

Patrick Beverley cukup dikenal sebagai pemain NBA yang gemar melakukan trash talk.  Tak jarang pemain lawan sampai tersulut emosinya akibat mendapat trash talk  dari Beverley. Kendati demikian, pemain veteran berusia 35 tahun ini sejatinya merupakan pemain dengan kemampuan bertahan yang apik.

Berkat kemampuan tersebut, tak ayal sudah ada beberapa tim NBA yang memanfaatkan jasa Patrick Beverley. Meski tidak terlalu dominan dalam mencetak poin, dia setidaknya mampu membantu sektor pertahanan tim. Sejauh ini, sudah ada enam tim NBA yang diperkuat oleh Patrick Beverley. Tim mana saja?

1. Houston Rockets menjadi perhentian pertama bagi Patrick Beverley

6 Tim NBA yang Pernah Diperkuat oleh Patrick BeverleyPatrick Beverley (nba.com)

Houston Rockets menjadi tim NBA pertama yang diperkuat oleh Patrick Beverley dalam kariernya. Pemain yang kini berusia 35 tahun ini biasa tampil sebagai point guard dan shooting guard. Beverley sendiri menghabiskan sedikitnya 4 tahun (2013--2017) memperkuat Rockets.

Pemain dengan tinggi badan 188 sentimeter ini memang tidak terlalu menonjol dalam hal mencetak angka. Kendati demikian, Beverley dikenal dengan kemampuan bertahannya yang mumpuni. Selama membela Houston Rockets, dia cukup diandalkan untuk mengawal pergerakan pemain lawan. 

Baca Juga: 6 Tim NBA yang Pernah Dibela oleh Andre Drummond

2. Mencoba tantangan baru dengan bergabung ke Los Angeles Clippers

6 Tim NBA yang Pernah Diperkuat oleh Patrick BeverleyPatrick Beverley (nba.com)

Pada 28 Juni 2017, Patrick Beverley mencoba tantangan baru dengan bergabung ke Los Angeles Clippers. Dia bersama beberapa pemain Houston Rockets lainnya dikirim ke Clippers sebagai pengganti Chris Paul. Beverley total mengenakan jersey Clippers selama 4 tahun (2017--2021).

Sayang, kontribusinya di Los Angeles Clippers kurang maksimal lantaran beberapa kali didera cedera. Di sisi lain, Beverley berhasil mengantarkan Clippers menembus NBA Playoffs sebanyak tiga kali. Meski begitu, dia belum berhasil membawa Clippers keluar sebagai juara NBA.

3. Melanjutkan karier di Minnesota Timberwolves selama semusim

6 Tim NBA yang Pernah Diperkuat oleh Patrick BeverleyPatrick Beverley (nba.com)

Tim NBA berikutnya yang diperkuat oleh Patrick Beverley adalah Minnesota Timberwolves. Dia tidak lama memperkuat Timberwolves, tepatnya hanya semusim (2021--2022). Dalam kurun waktu tersebut, Beverley cukup sering dipercaya turun sebagai starter. 

Beverley melakoni total 58 pertandingan bersama Minnesota Timberwolves pada musim reguler 2021/2022. Dia menjalani 54 pertandingan di antaranya sebagai starter. Menit bermain yang didapatkan Beverley juga termasuk lumayan banyak, yakni 25,4 menit per gim. 

4. Bergabung dengan LeBron James di Los Angeles Lakers

6 Tim NBA yang Pernah Diperkuat oleh Patrick BeverleyPatrick Beverley (nba.com)

Tidak jauh berbeda dengan saat di Minnesota Timberwolves, Patrick Beverley juga tak bertahan lama di Los Angeles Lakers. Pemain yang pernah terpilih NBA All-Defensive First Team 2017 ini hanya bertahan selama setengah musim pada musim reguler 2022/2023. Meski tidak lama, Beverley termasuk pemain andalan di Lakers yang kala itu telah memiliki pemain sekaliber LeBron James dan Anthony Davis.

Bagaimana tidak, Beverley selalu diturunkan sebagai starter dalam setiap pertandingan yang dilakoninya bersama Los Angeles Lakers. Dia juga memiliki rataan bermain selama 26,9 menit per gim. Rata-rata tersebut termasuk peningkatan bila dibandingkan dengan rataan menit yang didapat Beverley semasa berkostum Minnesota Timberwolves.

5. Menghabiskan sisa musim reguler 2022/2023 bersama Chicago Bulls

6 Tim NBA yang Pernah Diperkuat oleh Patrick BeverleyPatrick Beverley (nba.com)

Setelah memperkuat Los Angeles Lakers selama kurang lebih setengah musim, Patrick Beverley hijrah ke Chicago Bulls pada 21 Februari 2023. Dia menghabiskan sisa musim reguler 2022/2023 di Bulls. Saat itu, Bulls telah memiliki bintang sekelas DeMar DeRozan dan Zach Lavine.

Kedatangan Beverley untuk memperdalam skuad Chicago Bulls, terutama dari segi pertahanan. Sayang, dia tidak melanjutkan kontrak dengan Bulls untuk 2023/2024. Selama di Bulls, Beverley mencatatkan rataan 5,8 poin, 4,9 rebound, dan 3,5 assist dalam 22 pertandingan.

6. Bergabung dengan Joel Embiid di Philadelphia 76ers

6 Tim NBA yang Pernah Diperkuat oleh Patrick BeverleyPatrick Beverley (nba.com)

Philadelphia 76ers menjadi tim NBA yang diperkuat Patrick Beverley setelah hengkang dari Chicago Bulls. Sixers sendiri sudah memiliki komposisi skuad yang tangguh, terutama dengan adanya sosok Joel Embiid yang andal dalam menyerang maupun bertahan. Kedatangan Beverley dapat membuat lini pertahanan Sixers semakin kuat.

Meski sudah tidak lagi muda, pengalaman panjang yang dimiliki Beverley bakal berguna bagi Philadelphia 76ers. Dia bisa membantu perkembangan pemain muda Sixers, seperti Jaden Springer dan Tyrese Maxey. Kendati begitu, Beverley mungkin akan lebih sering turun dari bangku cadangan lantaran point guard utama Sixers kini adalah Tyrese Maxey. 

Keputusan Philadelphia 76ers untuk mendatangkan Patrick Beverley terbilang cukup berisiko. Di satu sisi, dia memang bisa memberi tambahan tenaga di sektor pertahanan. Di sisi lain, Beverley memiliki riwayat cedera yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, usianya kini telah menginjak 35 tahun yang turut menyebabkan performa Beverley mengalami penurunan.

Baca Juga: 5 Pemain Philadelphia 76ers yang Menonjol pada Awal Musim 2023/2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya