5 Pemain Utah Jazz yang Tampil di FIBA World Cup 2023, Ada Markkanen!

Markkanen jadi andalan Finlandia

Beberapa pemain NBA turut ambil bagian di FIBA World Cup 2023. Mereka membela berbagai negara berbeda. Jika diperhatikan lebih cermat, maka ada tim-tim NBA yang mengirim cukup banyak pemainnya ke FIBA World Cup 2023.

Salah satu tim yang dimaksud adalah Utah Jazz. Saat ini, ada sedikitnya lima pemain Utah Jazz yang ikut meramaikan FIBA World Cup 2023. Dari kelima pemain tersebut, semuanya bermain untuk negara berbeda. Siapa saja mereka?

1. Simone Fontecchio menjadi satu-satunya pemain NBA yang dibawa Timnas Italia

5 Pemain Utah Jazz yang Tampil di FIBA World Cup 2023, Ada Markkanen!Simone Fontecchio (fiba.basketball)

Simone Fontecchio menjadi satu-satunya pemain NBA yang memperkuat Timnas Italia di FIBA World Cup 2023. Pemain berposisi small forward ini awalnya berstatus undrafted  saat mengikuti NBA Draft 2017. Dia baru merasakan atmosfer NBA setelah dikontrak Utah Jazz pada 17 Juli 2022.

Pada musim reguler 2022/2023, yang notabene debutnya di NBA, Fontecchio memang lebih banyak menjadi cadangan. Dari 52 pertandingan yang dimainkan, pemain setinggi 201 sentimeter ini hanya 6 kali menjadi starter. Meski kontribusinya tidak terlalu signifikan di Utah Jazz, Fontecchio termasuk sosok sentral di Timnas Italia.

2. Jordan Clarkson menjadi pusat kekuatan Timnas Filipina

5 Pemain Utah Jazz yang Tampil di FIBA World Cup 2023, Ada Markkanen!Jordan Clarkson (fiba.basketball)

Berikutnya, ada guard andalan Utah Jazz bernama Jordan Clarkson. Senada dengan Simone Fontecchio, Clarkson juga menjadi satu-satunya pemain NBA yang dibawa Timnas Filipina ke FIBA World Cup 2023. Clarkson dan Fontecchio kebetulan satu grup di Grup A.

Di Utah Jazz, Clarkson yang bisa menjadi shooting guard dan point guard  adalah pemain pilar. Pada musim reguler 2022/2023, dia berhasil mengemas rata-rata 20,8 poin, 4 rebound, dan 4,4 assist. Performanya bersama Timnas Filipina juga berbanding lurus dengan di Jazz. Clarkson menjadi tulang punggung Timnas Filipina di FIBA World Cup 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Minnesota Timberwolves yang Tampil di FIBA World Cup 2023

3. Walker Kessler menjadi salah satu bigman yang dibawa Timnas Amerika Serikat

5 Pemain Utah Jazz yang Tampil di FIBA World Cup 2023, Ada Markkanen!Walker Kessler (fiba.basketball)

Berikutnya, ada pemain berposisi center dan power forward bernama Walker Kessler. Dia bermain untuk Timnas Amerika Serikat di FIBA World Cup 2023. Kessler sendiri sejatinya belum lama bermain di NBA.

Dia baru memasuki jenjang NBA setelah dipilih Utah Jazz di urutan ke-22 pada NBA Draft 2022. Kessler sukses tampil mengesankan pada musim debutnya di NBA. Buktinya, dia berhasil terpilih NBA All-Rookie First Team. Dengan performa apiknya bersama Jazz, tidak heran Timnas Amerika Serikat berani membawanya ke FIBA World Cup 2023.

4. Kelly Olynyk diandalkan di Timnas Kanada

5 Pemain Utah Jazz yang Tampil di FIBA World Cup 2023, Ada Markkanen!Kelly Olynyk (fiba.basketball)

Kelly Olynyk biasa mengisi posisi yang sama dengan Walker Kessler, yakni power forward  dan center. Pemain berusia 32 tahun ini baru bergabung ke Utah Jazz pada 26 September 2022. Sebelumnya, Olynyk sudah berpengalaman membela beberapa tim NBA lain. Di antaranya Boston Celtics, Houston Rockets, Miami Heat, hingga Detroit Pistons.

Meski pemain baru di Utah Jazz, Olynyk langsung menjadi andalan. Dia rutin menjadi starter. Olynyk mengemas rataan 12,5 poin, 6,2 rebound, dan 3,7 assist.  Performa tersebut sudah cukup untuk membuatnya masuk Timnas Kanada di FIBA World Cup 2023.

5. Lauri Markkanen mengemban peran sentral di Timnas Finlandia

5 Pemain Utah Jazz yang Tampil di FIBA World Cup 2023, Ada Markkanen!Lauri Markkanen (fiba.basketball)

Terakhir, ada pemain berusia 26 tahun bernama Lauri Markkanen. Dia memperkuat Timnas Finlandia di FIBA World Cup 2023. Markkanen menjadi satu-satunya pemain NBA yang dibawa Timnas Finlandia ke ajang internasional tersebut.

Di NBA, Markkanen kini berkostum Utah Jazz. Dia bergabung dengan Jazz pada 1 September 2022. Pada musim reguler 2022/2023 yang menjadi debut bersama Jazz, Markkanen langsung tampil brilian. Rataannya berupa 25,6 poin, 8,6 rebound, dan 1,9 assist.  Bahkan, performa tersebut mengantarkannya terpilih sebagai NBA All-Star 2023.

Kelima pemain di atas adalah para pemain Utah Jazz yang turut ambil bagian di FIBA World Cup 2023. Sayang, Lauri Markkanen dan Jordan Clarkson tidak akan melanjutkan perjalanan ke babak selanjutnya. Pasalnya, negara mereka telah gugur pada fase grup putaran pertama FIBA World Cup 2023.

Baca Juga: 4 Pemain New York Knicks yang Mentas di FIBA World Cup 2023

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya