5 Atlet Filipina Terhebat dalam Sejarah, Menjadi Legenda Dunia

Rekor dunianya sampai belum terpecahkan

Filipina merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak atlet hebat. Atlet-atlet tersebut berkompetisi di berbagai cabang olahraga, mulai dari boling, tinju, angkat besi, dan lain-lain. Beberapa di antaranya telah meraih prestasi mengagumkan termasuk merebut medali emas Olimpiade.

Menjadi atlet andalan untuk dikirim ke berbagai kejuaraan dunia, inilah lima atlet Filipina terhebat dalam sejarah!

1. Paeng Nepomuceno mencatatkan beberapa rekor di dunia boling

5 Atlet Filipina Terhebat dalam Sejarah, Menjadi Legenda DuniaPaeng Nepomuceno (commons.wikimedia.org/Dixie Puyat)

Paeng Nepomuceno merupakan atlet boling yang menorehkan banyak rekor. Dilansir laman Tatler Asia, ia pernah memenangi enam kejuaraan boling dunia. Bahkan, Nepomuceno memegang tiga rekor dunia yang belum terpecahkan hingga saat ini. Salah satunya meraih gelar kejuaraan boling terbanyak sepanjang sejarah.

Tidak heran jika pria yang memiliki nama lengkap Rafael Paeng Villareal Nepomuceno ini menjadi legenda boling dunia. Setelah pensiun, Nepomuceno masih aktif mempromosikan olahraga boling kepada masyarakat. Ia juga menjadi dosen olahraga di Universitas Filipina.

2. Hidilyn Diaz merupakan peraih medali emas Olimpiade pertama bagi Filipina

5 Atlet Filipina Terhebat dalam Sejarah, Menjadi Legenda DuniaHidilyn Diaz (instagram.com/hidilyndiaz)

Hidilyn Diaz menorehkan prestasi mengagumkan di Olimpiade 2020 Tokyo karena berhasil merebut medali emas pertama bagi Filipina. Diaz turun di kelas 55 kilogram dengan total angkatan 224 kilogram. Sebelumnya, ia hanya mendapatkan medali perak di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Keberhasilan Diaz di Olimpiade 2020 tentunya membuat masyarakat Filipina gembira. Ia bahkan menjadi berita utama di berbagai media. Hidilyn Diaz sendiri mengawali kariernya sebagai atlet angkat besi di SEA Games 2007 di Thailand. Saat itu, Diaz menjadi atlet angkat besi termuda.

Baca Juga: Manny Pacquiao: Petinju Super dari Asia Tenggara

3. Rekor Efren Bata Reyes di dunia biliar sulit untuk dikalahkan

5 Atlet Filipina Terhebat dalam Sejarah, Menjadi Legenda DuniaEfren Bata Reyes (commons.wikimedia.org/Doha Stadium Plus Qatar)

Bagi para pencinta olahraga biliar, pastinya tidak asing lagi dengan sosok Efren Bata Reyes. Ia merupakan legenda biliar dunia yang telah mengoleksi 70 gelar juara internasional sepanjang kariernya. Oleh karena itu, sulit bagi para atlet biliar lainnya untuk menyamai atau melampaui rekor tersebut.

Efren Bata Reyes juga dijuluki The Magician. Hal ini disebabkan ketangkasannya di meja biliar yang mampu membuat banyak penonton terpukau. Sedangkan, prestasi paling gemilang yang pernah dicatatkan Reyes adalah memenangi World Eight-ball Championship sebanyak empat kali.

4. Mikee Cojuangco-Jaworski dengan segudang prestasi di kancah internasional

5 Atlet Filipina Terhebat dalam Sejarah, Menjadi Legenda DuniaMikee Cojuangco-Jaworski (instagram.com/mikeecj)

Mikee Cojuangco-Jaworski merupakan atlet berkuda yang telah aktif mengikuti kompetisi internasional sejak berusia 16 tahun. Ia dahulunya juga berprofesi sebagai model dan pembawa acara di Filipina. Bahkan, Cojuangco-Jaworski pernah membintangi beberapa film.

Pada Asian Games 2002 yang diselenggarakan di Busan, Korea Selatan, Cojuangco-Jaworski mendapatkan medali emas dan perak. Medali emas didapat dari individu sedangkan perak bersama tim. Mikee Cojuangco-Jaworski juga pernah menekuni beberapa cabang olahraga seperti golf dan basket.

5. Manny Pacquiao menjadi salah satu legenda tinju dunia

5 Atlet Filipina Terhebat dalam Sejarah, Menjadi Legenda DuniaManny Pacquiao (instagram.com/mannypacquiao)

Urutan pertama dalam daftar atlet terbaik Filipina ditempati Manny Pacquiao. Dilansir laman Discover Walks, Pacquiao menjadi satu-satunya petinju yang meraih gelar juara dunia di delapan kelas berbeda. Kehebatannya membuat Pacquiao dijuluki Pacman.

Sepanjang kariernya, Manny Pacquiao telah melakoni 72 pertandingan dengan rekor 62 menang, 2 seri, dan 8 kalah. Kelincahannya di atas ring serta pukulan yang keras dan akurat menjadi senjata andalannya. Saat ini, Pacquiao telah pensiun dan terjun ke dunia politik.

Selain kelima atlet di atas, masih banyak atlet Filipina yang memiliki segudang prestasi. Mereka dikenal sebagai pahlawan yang telah mengharumkan nama negara di kancah internasional.

Baca Juga: 10 Potret Aktivitas Manny Pacquiao Setelah Pensiun, makin Sibuk!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya