3 Starter Termuda Belanda yang Tampil pada Fase Gugur Euro

Salah satunya jebolan La Masia #EURO2024

Timnas Belanda sering kali menghadirkan pemain muda dengan talenta luar biasa yang bersinar di turnamen mayor seperti Euro. Beberapa di antaranya selalu diandalkan sebagai starter pada fase grup. Namun, tidak banyak pemain muda Belanda yang mampu mendapat kepercayaan pelatih untuk tampil sejak menit pertama ketika memasuki babak gugur.

Pelatih tentu tidak ingin mengambil resiko memainkan pemain muda di pertandingan sepenting babak gugur Euro. Namun, sebagian pelatih Belanda tetap memberikan kepercayaan kepada pesepak bola mudanya untuk tampil dari awal pertandingan. Itu seperti tiga pemain ini yang sukses mencatat rekor sebagai starter termuda Belanda pada gugur Euro.

1. Patrick Kluivert bermain selama 120 menit di perempat final Euro 1996 saat usianya 19 tahun

3 Starter Termuda Belanda yang Tampil pada Fase Gugur EuroPatrick Kluivert (uefa.com)

Patrick Kluivert merupakan pemain kunci saat Ajax Amsterdam sukses menjuarai Liga Champions Eropa pada 1994/1995. Ketajamannya di lini depan makin meningkat ketika mencetak 23 gol dalam 42 pertandingan di semua kompetisi bersama Ajax pada 1995/1996. Kluivert kemudian dipanggil untuk memperkuat Belanda pada Euro 1996.

Ia belum mendapat kepercayaan sebagai starter dalam tiga pertandingan fase grup. Pelatih Timnas Belanda kala itu, Guus Hiddink, secara mengejutkan memainkan Kluivert sejak menit pertama saat menghadapi Prancis pada perempat final. Sang pemain bahkan bermain penuh selama 120 menit. Usianya saat itu masih 19 tahun. Sayangnya, Belanda tersingkir dari Euro 1996 usai kalah 4-5 dari Prancis lewat adu penalti.

Baca Juga: 3 Kiper Muda yang Diandalkan Negaranya di Euro 2024

2. Arjen Robben menjadi andalan Belanda pada babak gugur Euro 2004 ketika berusia 20 tahun

3 Starter Termuda Belanda yang Tampil pada Fase Gugur EuroArjen Robben (uefa.com)

Arjen Robben menampilkan performa apik bersama PSV Eindhoven pada 2003/2004. Ia menorehkan 8 gol dan 14 assist dalam 34 pertandingan di semua kompetisi. Kecepatannya sebagai penyerang sayap serta kekuatan kaki kiri mampu memberikan kesan positif kepada pelatih Timnas Belanda saat itu, Dick Advocaat. Terbukti, Robben dipanggil ke Timnas Belanda untuk tampil di Euro 2004.

Ia mengawali Euro 2004 sebagai pemain cadangan. Robben baru mendapat kesempatan sebagai starter pada laga kedua menghadapi Ceko. Ia mampu memberikan dua assist saat Belanda kalah 2-3 dari Ceko. Robben kemudian bermain sejak menit pertama untuk kedua kalinya kala Belanda menang 3-0. Ia memberikan satu assist untuk gol Roy Makaay.

Berkat penampilan impresifnya itu, Robben terus dimainkan sebagai starter dalam laga perempat final melawan Swedia dan semifinal menghadapi Portugal. Ia bahkan bermain penuh selama 120 menit dan sukses mengeksekusi tendangan penalti. Sayangnya, Robben tidak mampu berbuat banyak ketika Belanda kalah 1-2 dari Portugal pada semifinal.

3. Xavi Simons tampil penuh (90 menit) pada babak 16 besar Euro 2024 saat usianya 21 tahun

3 Starter Termuda Belanda yang Tampil pada Fase Gugur EuroXavi Simons (instagram.com/xavisimons)

Xavi Simons sempat disebut-sebut sebagai wonderkid ketika masih menimba ilmu di akademi Barcelona, La Masia, pada medio 2010--2019. Ia kemudian pindah ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2019. Namun, Simons tampil impresif selama menjalani peminjaman di RB Leipzig pada 2023/2024. Ia total mencetak 10 gol dan 15 assist dalam 43 pertandingan di semua kompetisi.

Simons menjadi pemain andalan Timnas Belanda pada Euro 2024. Ia selalu menjadi starter dalam tiga pertandingan fase gugur. Pelatih Timnas Belanda, Ronald Koeman, tidak ragu memainkannya sejak menit pertama menghadapi Rumania pada babak 16 besar Euro 2024. Simons menjawab kepercayaan tersebut dengan memberikan dua assist kepada Cody Gakpo dan Donyell Malen. Ia saat ini masih berusia 21 tahun.

Ketiga pemain di atas membuktikan Belanda tidak pernah kehabisan pemain muda berbakat. Kluivert dan Robben sukses menjalani kariernya sebagai pesepak bola top dengan meraih banyak gelar juara bersama klub-klub besar. Robben bahkan ikut membawa Belanda mencapai final Piala Dunia 2010. Simons kini tengah merintis kariernya usai tampil impresif bersama RB Leipzig dan Timnas Belanda. Ia tentu memiliki potensi besar untuk bisa mencapai level Kluivert dan Robben.

Baca Juga: 3 Negara yang Lolos dari Fase Grup Euro meski Tidak Pernah Menang

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya