Profil Merab Dvalishvili, Siap Kalahkan Sean O'Malley di UFC 306 

Hanya pernah sekali menang KO/TKO

Ultimate Fighting Championship (UFC) menghadirkan laga perebutan gelar juara di UFC 306 di Sphere, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (15/9/2024). Merab Dvalishvili akan menantang juara kelas bantam, Sean O'Malley. Dvalishvili mendapatkan kesempatan meraih gelar juara karena saat ini berada di peringkat pertama kelas bantam.

Nama Dvalishvili memang belum sepopuler O'Malley di arena octagon. Sebelum menonton laga puncak UFC 306 ini, sebaiknya kamu mengenal profil Merab Dvalishvili dahulu. Langsung simak, ya!

1. Merab Dvalishvili debut di UFC pada 2017

Profil Merab Dvalishvili, Siap Kalahkan Sean O'Malley di UFC 306 Merab Dvalishvili (kanan) saat sedang berlatih. (instagram.com/merab.dvalishvili)

Merab Dvalishvili lahir di Tbilisi, Georgia, pada 10 Januari 1991. Karena menyukai olahraga bela diri, ia mulai latihan sejak 2010. Ia memilih untuk mempelajari teknik judo dan sambo. Setelah 7 tahun, ia memutuskan untuk menekuni mix martial arts (MMA) atau olahraga bela diri campuran.

Petarung yang mengidolakan Mike Tyson ini mulai terjun ke arena MMA profesional pada 2014. Dvalishvili lalu mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan karier MMA-nya di UFC pada 2017. Ia melakukan debutnya di arena octagon menghadapi Frankie Saenz pada 9 Desember 2017. Sayangnya, ia harus kalah angka dari lawannya tersebut.

Dua kekalahan pada awal kariernya di UFC ternyata tidak membuatnya patah semangat. Ia justru bangkit untuk membuktikan kemampuan bertarungnya kepada penggemar UFC. Merab Dvalishvili mampu bertarung tanpa cela alias tanpa kekalahan dalam sepuluh pertandingan berikutnya. Hasil ini membuatnya kini bertengger di peringkat pertama kelas bantam UFC.

Baca Juga: Rehat Sejenak, Jeka Saragih Curhat Soal Persaingan di UFC

2. Merab Dvalishvili susah meraih kemenangan KO/TKO

Profil Merab Dvalishvili, Siap Kalahkan Sean O'Malley di UFC 306 Merab Dvalishvili saat sedang berlatih. (instagram.com/merab.dvalishvili)

Sejak debut di arena octagon, Merab Dvalishvili telah melalui 12 pertandingan. Petarung berjuluk The Machine ini belum pernah mencatatkan hasil seri. Dari 12 laga, ia berhasil mencatatkan 10 kemenangan dan 2 kekalahan.

Merab Dvalishvili termasuk petarung yang susah mengalahkan lawannya secara KO/TKO. Dari 10 kemenangan, Dvalishvili hanya pernah 1 kali mendapatkan kemenangan KO/TKO saat menghadapi Marlon Moraes di UFC 266. Selebihnya, ia hanya meraih kemenangan angka.

3. Merab Dvalishvili dan Sean O'Malley memiliki catatan bertanding yang berimbang

Profil Merab Dvalishvili, Siap Kalahkan Sean O'Malley di UFC 306 Sean O'Malley (kiri) dan Merab Dvalishvili (kanan) (instagram.com/ufc)

Merab Dvalishvili dan Sean O'Malley sama-sama memulai karier di UFC pada 2017. Jika dilihat dari kemenganan, catatan mereka cukup berimbang. Sean O'Malley telah melalui 13 penampilan di arena octagon. Petarung berjuluk Suga ini berhasil meraih 12 kemenangan dan 1 kekalahan.

Jika dilihat dari jumlah kemenangan KO/TKO yang pernah diraih, O'Malley masih jauh di atas Dvalishvili. Dari 12 kemenangan, petarung Amerika Serikat ini berhasil meraih 8 kemenangan KO/TKO. Sedangkan, sisanya dengan kemenangan angka.

Meski begitu, Merab Dvalishvili dan Sean O'Malley memiliki fisik yang berimbang. Tinggi badan, berat badan, jangkauan pukulan, hingga jangkauan tendangan relatif sama. Dari usia, Dvalishvili juga memiliki umur lebih tua dibandingkan O'Malley.

Merab Dvalishvili maupun Sean O'Malley sedang berada dalam tren positif di arena octagon. Hal ini dapat dilihat dari lima pertandingan terakhir. Kedua petarung belum terkalahkan oleh lawan-lawannya.

Jika melihat statistik dan rekor pertandingan, laga puncak UFC 306 ini akan berlangsung seru. Akankah sabuk juara kelas bantam UFC ini berpindah ke tangan Merab Dvalishvili? Selain perebutan juara kelas bantam, akan ada pula perebutan gelar juara kelas terbang perempuan antara Alexa Grasso (pemegang sabuk juara) asal Meksiko dan Valentina Shevchenko asal Kirgistan.

Baca Juga: UFC Bakal Digelar di Indonesia Tahun Depan

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya