Profil Carlos Yulo, Pesenam Filipina yang Raih Emas Olimpiade

Cetak sejarah baru untuk Filipina #Olimpiade2024

Filipina sukses menjadi negara Asia Tenggara pertama yang meraih medali di Olimpiade 2024 Paris. Prestasi tersebut ditorehkan Carlos Yulo dari cabang olahraga senam. Ia berhasil menunjukkan penampilan yang memukau di nomor senam lantai putra.

Selain meraih emas, Carlos Yulo juga mengukir sejumlah sejarah baru. Ia menjadi pesenam Filipina pertama yang meraih medali emas di Olimpiade. Punya segudang prestasi, berikut profil Carlos Yulo yang bisa kamu simak.

1. Carlos Yulo, pesenam Filipina yang penuh prestasi

Profil Carlos Yulo, Pesenam Filipina yang Raih Emas OlimpiadeCarlos Edriel Poquiz Yulo, atlet senam Filipina (instagram.com/c_edrielzxs)

Carlos Edriel Yulo lahir di Manila pada 16 Februari 2000. Ia mulai menekuni olahraga senam sejak usia 7 tahun. Sang kakek menjadi sosok yang berjasa, yang telah mengenalkan Carlos Yulo kepada dunia senam. Berkat ketekunannya, ia kini sukses menjadi pesenam pria terbaik di Filipina dan berhasil mendulang segudang prestasi.

Pada 2022, Carlos Yulo diberi penghargaan Most Valuable Player (MVP) sebagai Pesenam Terbaik dari Asosiasi Senam Filipina. Pesenam yang kini berusia 24 tahun itu berjaya di Kejuaraan Dunia. Saat ini, ia sendiri sudah mengumpulkan enam medali Kejuaraan Dunia dengan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Carlos Yulo juga telah meraih sejumlah gelar juara di berbagai ajang bergengsi, seperti Kejuaraan Asia dan SEA Games. Teranyar, ia meraih emas di Olimpiade 2024.

Baca Juga: Cerita Sky Brown, Skateboarder Muda asal Inggris di Olimpiade

2. Berlatih di Jepang selama 7 tahun

Profil Carlos Yulo, Pesenam Filipina yang Raih Emas OlimpiadeCarlos Edriel Poquiz Yulo, atlet senam Filipina (instagram.com/c_edrielzxs)

Carlos Yulo memutuskan pindah ke Jepang pada 2017. Di sana ia berlatih bersama pelatih bernama Munehiro Kugimiya. Program tersebut didukung Asosiasi Senam Filipina dan Asosiasi Senam Jepang. Meski sempat mengalami kendala bahasa, Carlos Yulo bisa beradaptasi dan berlatih dengan baik di Negeri Sakura. Ia juga menempuh studi bahasa Jepang di Universitas Teikyo. 

Usai 7 tahun menimba ilmu di Jepang, Carlos Yulo berpisah dengan pelatihnya. Ia kembali ke Filipina jelang Kejuaraan Dunia 2023. Di negaranya, ia fokus membagikan ilmu, pengalaman, dan motivasi kepada pesenam Filipina lainnya. Ia pernah mengalami beberapa cedera, seperti cedera tendon pergelangan kaki, cedera siku kiri, cedera dada, dan pergelangan kaki terkilir saat latihan, tetapi itu tidak memutus motivasinya untuk menjadi yang terbaik.

3. Mencetak sejarah bagi Filipina di Olimpiade 2024 Paris

Profil Carlos Yulo, Pesenam Filipina yang Raih Emas OlimpiadeCarlos Edriel Poquiz Yulo, atlet senam Filipina (instagram.com/olympic.ph)

Tanggal 3 Agustus 2024 menjadi hari bersejarah bagi Carlos Yulo dan Filipina. Pesenam kelahiran Manila itu sukses membawa pulang medali emas dari nomor lantai putra (men's floor exercise). Ia mendapat skor akhir 15.000. Carlos Yulo mengungguli Artem Dolgopyat (Israel) yang merupakan peraih emas Olimpiade 2020.

Capaian ini sekaligus mengukir sejarah baru sebagai penyumbang emas pertama Filipina di Olimpiade 2024. Berkat Yulo, Filipina menjadi negara Asia Tenggara pertama yang meraih medali pada ajang yang berlangsung di Paris tersebut. Debut emas Carlos Yulo menjadi emas kedua yang pernah diraih Filipina sepanjang sejarah Olimpiade. Sebelumnya, Hidilyn Diaz (angkat besi perempuan) menjadi penyumbang emas perdana Filipina di Olimpiade 2020.

Kesuksesan yang diraih Carlos Yulo tentunya hasil dari kerja kerasnya selama bertahun-tahun. Ia kini mencatatkan namanya sebagai peraih medali emas Olimpiade dari cabang olahraga senam. Sosoknya makin bisa menjadi panutan atlet Filipina lain.

Baca Juga: 5 Pebasket Paling Sering Tampil di Olimpiade, Ada Rudy Fernandez

Dewi Andini Photo Verified Writer Dewi Andini

living, loving, laughing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya